Mengangkat Tema Deadly Games, Ini Deretan Alasan Serial 'SQUID GAME' Langsung Meroket

Editor KapanLagi.com   | Sabtu, 23 Oktober 2021 09:13 WIB
Mengangkat Tema Deadly Games, Ini Deretan Alasan Serial 'SQUID GAME' Langsung Meroket
instagram.com/netflixkr

Kapanlagi.com - Serial Drama SQUID GAME yang diproduksi oleh Netflix Ini seketika booming saat tayang perdana pada September lalu. Seluruh dunia dapat dibilang demam SQUID GAME sebab hampir semua hal dalam drama ini ditirukan oleh banyak orang mulai dari kostum, jaket, hingga lagu permainan ada di mana-mana.

Padahal pada kenyataannya, SQUID GAME sendiri bukan pelopor awal yang mengemas tema 'Deadly Games' ke dalam layar kaca. Beberapa di antaranya terdapat ALICE IN BORDERLAND (2020) dan THE HUNGER GAMES (2012), sudah terlebih dahulu mencatat ide tersebut.

Jadi mengapa SQUID GAME auto meroket saat rilis perdana di kalangan masyarakat? Yuk, simak beberapa alasan mengapa SQUID GAME langsung digemari oleh banyak orang!

1. Akhir Yang Pasti Pada Ajang Survival

Survival sendiri menjadi hal umum dalam suatu perlombaan yang pada akhirnya terdapat satu orang yang menang dan mendapat hadiah. Akhir yang sudah di depan mata dengan peluang terkecil tapi tetap percaya akan selalu ada jalan. Namun apa jadinya jika survival gugur dengan menghilangkan sebuah nyawa?

Hal ini membuat penonton SQUID GAME merasa campur aduk di samping merasa lega karena mengetahui pasti ending yang ada adalah satu orang pasti tetap hidup, namun hanya cukup menjadikan penonton sedikit mendapat kunci jawaban. Walaupun begitu penonton sendiri pasti akan menebak-nebak siapa dan apa yang akhirnya akan terjadi. 

2. Sindir Isu Kemanusiaan Dan Masyarakat Masa Kini

Ketidakmerataan ekonomi menjadi highlight pada drama ini dan berfokus kepada keadaan mengenaskan masing-masing. Bahkan dalam SQUID GAME para pemain rela mengorbankan nyawa demi sejumlah uang yang terhitung sangat banyak. Isu permasalahan masyarakat umum yang mengetuk tentang hutang piutang sengaja dibuat dengan menggunakan para pemeran VIP yang sesuka hati membuat sebuah permainan taruh nyawa.

Sekejam itu keadaan masyarakat saat ini karena yang kaya akan semakin menegakkan kepala mereka sedangkan para miskin akan semakin tertunduk. Terutama pada masa pandemi seperti sekarang, para petinggi dapat berbuat segalanya tanpa ambil pusing dengan kekuatan uang sedangkan masyarakat harus mengemis dan menggali banyak lubang hanya untuk sesuap nasi demi anak dan keluarga. 

3. Metafora Kehidupan

Tidak hanya permainan adrenalin dengan taruhan nyawa, ada banyak sekali metafora Kehidupan dalam SQUID GAME yang bisa penonton dapatkan dalam pembelajaran kehidupan dan masyarakat. Salah satu contohnya pada karakter Ali, salah satu kontestan asing di drama ini.

Dari jalan cerita, Ali pada SQUID GAME dikhianati oleh teman terdekatnya sendiri karena terlalu percaya kepada orang lain. Pada akhirnya Ali ditampar dengan kenyataan pahit dan harus mati pada salah satu games tersebut. Sebagai manusia harus tahu cara melindungi diri sendiri dan jangan pernah bergantung pada orang lain sekalipun itu teman terdekatmu. Selain itu, harus siap pada kenyataan terburuk yang akan terjadi dan selalu waspada setiap saat sangat diperlukan dalam kehidupan kita.

4. Kepalsuan Dalam SQUID GAME Terasa Nyata

Bagaimana jadinya jika permainan anak-anak benar-benar mengorbankan manusia? Orang-orang berpengaruh akan berlomba-lomba demi kesenangan dan para pinggiran saling menyikut demi mengejar nyawa dan kenyamanan dunia.

Menonton pada layar kaca membuat masyarakat bersemangat dan berada pada zona aman karena hal tersebut merupakan tontonan yang terasa nyata walaupun sedikit banyak sangat mustahil jika SQUID GAME ada di dunia kenyataan. Kepalsuan ini menjadikan pembelajaran sekaligus hiburan tidak langsung tentang ironi yang masyarakat nikmati karena terlihat cukup familiar namun juga asing pada kehidupan keseharian.

5. Memicu Adrenaline, Adegan Penuh Keteganggan

Ketakutan akan menjadi korban berikutnya membuat penonton turut serta merinding dan memikirkan jalan keluar agar tetap selamat. SQUID GAME mengemas hal tersebut dengan sangat baik sampai pada saat tidur saja para kontestan dibuat pusing akan kemungkinan pembunuhan satu sama lain. Tentu para penonton ikut  memutar otak dengan berbagai macam kemungkinan apa yang akan terjadi pada saat malam hari.

Adegan deadly games yang menghabiskan nyawa bukanlah hal biasa yang ditonton dengan suasana santai. Drama ini sangat digemari sebab menceritakan banyak hal tentang pengorbanan hingga tersisa satu orang seorang diri. Penonton akan diajak turut serta mengikuti semua proses hingga bagaimana mereka pada akhirnya saling memangsa satu sama lain.

Itulah deretan alasan SQUID GAME langsung meroket hingga trending di berbagai negara. Setiap orang pastinya ada masa menghadapi keadaan yang sulit dan berusaha survive serta tetap waras pada hidup masing-masing. Sudahkah kamu menonton SQUID GAME? 

Artikel ditulis oleh: Satya Trisnasari

Editor:   Editor KapanLagi.com