Mengenal Gamjatang, Sup ala Korea yang Populer dalam Drakor 'DALI AND COCKY PRINCE'

Wuri Anggarini | 25 Oktober 2021, 10:08 WIB
Mengenal Gamjatang, Sup ala Korea yang Populer dalam Drakor 'DALI AND COCKY PRINCE'

Kapanlagi.com - Deretan drama Korea terbaru mencuri perhatian para netizen di akhir tahun 2021 ini. Buat yang mengikuti drakor ongoing alias yang sedang tayang, pasti sudah nggak asing lagi dengan judul DALI AND COCKY PRINCE.

Menampilkan akting menawan dari Kim Min Jae dan Park Gyu Young, DALI AND COCKY PRINCE menghadirkan genre komedi romantis yang menghibur. Selain love line, drakor ini juga menyorot salah satu makanan khas dari Negeri Ginseng tersebut, yaitu Gamjatang. Dikenal sebagai salah satu sup ala Korea yang banyak disukai, intip dulu fakta tentang gamjatang, yuk!

Sejarah Gamjatang

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Berasal dari Provinsi Jeolla, tidak ada catatan pasti yang menceritakan kapan pertama kali gamjatang diperkenalkan kepada masyarakat Korea. Namun, ada yang percaya kalau makanan ini sudah mulai hadir di masa Tiga Kerajaan Korea.
Memasuki masa modern, gamjatang mulai populer karena banyak dinikmati di kalangan buruh pabrik sebagai salah satu comfort food yang murah dan mengenyangkan setelah seharian bekerja. 

Apa Sih Isian Gamjatang?

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Gamjatang merupakan salah satu sup khas Korea yang dikenal dengan cita rasanya yang khas. Banyak yang mengira nama gamjatang menggambarkan isiannya berupa kentang, yang dalam bahasa Korea disebut gamja. Ternyata, gamja dalam sup ini bukan kentang.

Gamjatang terbuat dari rebusan tulang leher babi yang juga dikenal dengan sebutan gamja di Korea. Meskipun ada juga potongan kentang yang menjadi pelengkap sup, tapi main ingredients yang menciptakan rasa khas pada sup ini adalah tulang babi dan irisan daging babi empuk dengan bumbu-bumbu yang merasuk.

Biarpun seiring perkembangan popularitas gamjatang yang semakin dikenal di seluruh dunia, tulang dan daging babi diganti dengan ayam atau sapi, tapi di negara asalnya gamjatang tetap terbuat dari tulang dan daging babi. So, bagi yang mencari halal food saat berwisata di Korea Selatan, sebaiknya menghindari menu gamjatang karena mayoritas restoran yang ada menyajikan menu non halal.

Pre Order Masakan Korea Halal Lainnya di ManisdanSedap.com

Sering dibuat penasaran dengan cita rasa masakan Korea dari drakor yang lagi kamu tonton? Tanpa perlu keluar rumah, kini kamu bisa menikmati aneka kuliner Korea halal hanya dengan pre order di , lho. Apa itu?

ManisdanSedap.com adalah platform yang membantu para pecinta kuliner dalam melakukan pre order makanan favorit mereka dari berbagai kota yang ada di tanah air. Menjadi bagian dari KLY (KapanLagi Youniverse) sebagai Digital Media Network yang juga menaungi Liputan6.com, Merdeka.com, KapanLagi.com, Dream.co.id, Brilio.id, Fimela.com, Bola.com, Bola.net, dan Otosia.com, ManisdanSedap.com memberikan kemudahan dalam melakukan pre order. Tinggal klik aja tombol pemesanan yang akan menghubungkanmu ke nomor WhatsApp sang seller langsung. Transaksi dilakukan di luar platform sehingga lebih praktis.

ManisdanSedap.com juga mendukung para pemilik UMKM kuliner untuk mengembangkan usaha mereka karena berperan sebagai 'etalase' online yang dapat memperluas pasar bisnis mereka. Yuk, intip dulu rekomendasi menu ala drama Korea yang bisa kamu pesan langsung di ManisdanSedap.com!

1. Kimchi Lobak Homemade by Kimchi Palembang di Palembang

Credit: Kimchi PalembangCredit: Kimchi Palembang

2. Korean Injoelmi Bread by di Batam

Credit: Dyn Cakes & PastryCredit: Dyn Cakes & Pastry

3. Spicy Chicken Bulgogi by DaKimchi Bali

Credit: DaKimchi BaliCredit: DaKimchi Bali

4. Tteokpokki Halal by di Tangerang

Credit: DapurahjummaCredit: Dapurahjumma

Yuk PO Sekarang di ManisdanSedap!

(kpl/wri)

Editor:   Wuri Anggarini

Topik Terkait