Mirip Corn Dog Korea, Hottang Ternyata Camilan yang Lahir di Indonesia

Iwan Tantomi | 10 September 2021, 10:30 WIB
Mirip Corn Dog Korea, Hottang Ternyata Camilan yang Lahir di Indonesia

Kapanlagi.com - Selain sering dijumpai dalam berbagai drama, kuliner Korea juga kerap menggoda selera kala muncul dalam beberapa konten makanan di YouTube maupun TikTok. Termasuk yang paling sering muncul adalah kuliner kaki lima alias street food yang begitu banyak macamnya.

Salah satunya adalah Korean corn dog atau populer juga disebut Kogo di Korea, merupakan hasil modifkasi hotdogs yang lazim dijumpai di Amerika Serikat. Menariknya, jajanan kaki lima tersebut turut menginspirasi para pegiat kuliner Indonesia, hingga melahirkan hottang.

Hottang Ternyata Singkatan dalam Bahasa Indonesia

credit via Shutterstock.comcredit via Shutterstock.com

Tak dipungkiri, kegemaran orang Korea menikmati sosis dan kentang goreng renyah dengan balutan keju, saus maupun mayones tersebut, turut membuat orang Indonesia juga kepo ingin mencobanya.

Oleh karena masih belum memungkinkan untuk traveling langsung ke Korea lantaran pandemi, apalagi sekadar ingin mencicipi Kogo, jadilah kreasi hottang ini muncul.

Benar saja, hottang ternyata bukan diambil dari Hangul atau bahasa Korea, melainkan akronim dari kata dalam bahasa Indonesia. Hottang merupakan kepanjangan dari hot dog kentang. Selain hottang, juga ada 'sahabat'-nya, yaitu sotang yang juga kepanjangan dari sosis kentang.

Disajikan dengan Tusukan Bambu dan Keju Mozarella

credit via Shutterstock.comcredit via Shutterstock.com

Ciri khas dari hottang maupun sotang ini adalah penggunaan tusuk bambu dan juga keju mozarella. Sosis yang sudah ditusuk, dicelupkan ke dalam adonan yang terbuat dari tepung terigu, tepung maizena, telur dan susu cair.

Setelah itu, sosis dibaluri french fries yang dipotong balok sampai menempel sepenuhnya. Kemudian, hottang digoreng sampai keemasan, dan disajikan dengan mayones dan saus sambal.

Di Indonesia kreasi hottang maupun sotang ini pun main berkembang. Bukan saja dibalur dengan potongan french fries, tetapi juga menggunakan jagung dan mie. Begitu pula dengan bumbunya, tak sekadar saus sambal, mayones, maupun keju, tetapi juga bisa pakai serbuk balado, BBQ, maupun kombinasi lainnya sesuai selera.

Walau tergolong mudah cara membuatnya, tetapi beberapa orang mungkin cukup sibuk, sehingga tak punya waktu untuk membuatnya sendiri. Meski begitu, tak perlu khawatir, karena hottang maupun sotang ini bisa dipesan dengan mudah dari rumah lewat manisdansedap.com.

Platform yang menjadi bagian dari KLY (KapanLagi Youniverse) sebagai Digital Media Network yang juga menaungi Liputan6.com, Merdeka.com, KapanLagi.com, Dream.co.id, Brilio.id, Fimela.com, Bola.com, Bola.net, dan Otosia.com tersebut, menghadirkan beragam jenis hottang yang menggugah selera, seperti:

Mini Hottang

Credit: Manis dan Sedap/Nielma Nur FaidahCredit: Manis dan Sedap/Nielma Nur Faidah

Hottang Mozarella

Credit: Manis dan Sedap/Ke-DAILYCredit: Manis dan Sedap/Ke-DAILY

Corn Dog

Credit: Manis dan Sedap/korndog.idCredit: Manis dan Sedap/korndog.id

Benar-benar menggugah selera dan ingin langsung pre-order, kan? Serunya lagi, manisdansedap.com juga menghadirkan banyak sekali menu-menu dengan cita rasa gurih dan sedap lainnya yang bisa dipesan secara mudah dan praktis.

Ini karena manisdansedap.com juga menjadi 'etalase' bagi para seller. Para pemilik UMKM juga bisa memajang jualannya dan bisa melakukan transaksi terpisah dari platform, berkat fitur tombol pembelian langsung menuju ke nomor whatsapp seller.

(kly/tmi)

Reporter:   Iwan Tantomi

Topik Terkait