Mulai dari Cignature hingga Red Velvet, 5 Girl Group Korea Ini Melakukan Penambahan Member Setelah Debut!

Rabu, 06 Oktober 2021 18:15 WIB
Mulai dari Cignature hingga Red Velvet, 5 Girl Group Korea Ini Melakukan Penambahan Member Setelah Debut!
Red Velvet (credit:instagram/redvelvet.smtown)

Kapanlagi.com - Debut sebuah girl group Korea menjadi momen yang paling ditunggu-tunggu oleh penggemar. Bagaimana tidak, KLovers seolah mendapat angin segar dengan idol-idol baru yang muda dan menggemaskan. Penggemar juga tidak sabar menanti inovasi atau konsep baru sehingga penggemar dapat menjadi stan group tersebut.

Namun, tidak jarang juga suatu agensi tidak langsung memperkenalkan seluruh member dalam girl group secara langsung. Terdapat beberapa girl group yang membernya diberikan debut secara berkala dengan jangka waktu cukup jauh. Tetapi ada juga girl group yang anggotanya memutuskan untuk hengkang dan kemudian digantikan dengan personel baru.

Hal ini tidak menyurutkan dukungan penggemar, malahan penggemar semakin penasaran dan mengikuti setiap update terbaru dari agensi yang memegang girl group tersebut. Girl group apa saja sih yang melakukan penambahan member setelah mereka melakukan debut group? Ternyata Red Velvet salah satunya!

1. CIGNATURE

Cignature adalah girl group Korea Selatan yang dibentuk oleh C9 Entertainment dan dikelola di bawah sub-label J9 Entertainment. Cignature memulai debutnya pada 4 Februari 2020 lalu dengan single yang berjudul Nun Nu Nan Na. Awalnya Cignature beranggotakan 7 orang yaitu Seline, Belle, Jeewon, Semi, Chaesol, Ye Ah, Sunn.

Namun, Ye Ah dan Sunn meninggalkan group pada 2021 lalu. Kemudian J9 Entertainment mengumumkan penambahan 2 member baru yaitu Chloe dan Dohee. Group ini berhasil debut dan meraih banyak perhatian KLover serta nominasi di berbagai penghargaan bergengsi.

2. DREAMCATCHER

Dreamcatcher yang sebelumnya bernama Minx adalah girl group Korea yang dibentuk oleh Happy Face Entertainment pada tahun 2014. Pada saat bernama Minx, girl group ini memiliki 5 anggota yaitu JiU, SuA, Siyeon, Yoohyeon, dan Dami. Mereka debut dengan single berjudul Why Did You Come to My Home?.

Lalu pada tahun 2016, agensi Happy Face Entertainment mengumumkan bahwa akan melakukan debut kembali pada Minx dengan menambahkan 2 anggota baru yaitu Handong dan Gahyeon. Kemudian nama Minx berubah menjadi Dreamcatcher dan merilis lagu berjudul Chase Me.

3. MOMOLAND

MOMOLAND adalah girl group Korea Selatan yang dibentuk oleh MLD Entertainment pada 2016. Girl group ini pertama kali debut dengan mini album berjudul WELCOME TO MOMOLAND. Pada awalnya, group ini berisi 7 anggota yaitu Hyebin, Jane, Nayun, Yeonwoo, JooE, Ahin, dan Nancy.

Kemudian MOMOLAND mengumumkan comeback pada 2017 dengan anggota baru mereka yaitu Daisy dan Taeha. Namun Yeonwoo dan Taeha keluar pada bulan November 2019, disusul oleh Daisy yang keluar pada 2020. Saat ini, MOMOLAND terisi 6 anggota aktif.

4. DIA

DIA adalah girl group Korea Selatan yang berada di bawah naungan MBK Entertainment. Terbentuk pada 2015, DIA merupakan kependekan dari DIAMOND dengan akronim Do It Amazing. Mereka melakukan debut dengan 6 anggota yaitu Eunice, Huihyeon, Jenny, Yebin, Eunjin, dan Chayeon.

Kemudian pada Aprul 2017, DIA bertambah 2 anggota baru yaitu Jueun dan Somyi. Sayangnya keutuhan DIA tidak bertahan lama, pada 2018 Eujin mundur dari group karena alasan kesehatan. Kepergian Eujin disusul oleh Jenny karena cedera lutut. Pada 2020, MBK Entertainment mengumumkan bahwa group ini akan comeback dengan lima anggota tanpa Chaeyeon dan Somyi.

5. RED VELVET

Red Velvet adalah girl group Korea Selatan yang dibentuk oleh SM Entertainment pada 2014. Debut Red Velvet disambut baik oleh penggemar musik Korea dengan single yang berjudul Happines. Formasi Red Velvet ketika debut hanya berisikan 4 orang yaitu Irene Red Velvet, Seulgi Red Velvet, Wendy Red Velvet, dan Joy Red Velvet.

Pada 2015, Red Velvet menambah satu anggotanya yaitu Yeri Red Velvet. Red Velvet sendiri memiliki arti Red yang bergairah dan Velvet yang berarti feminin dan lembut. Karir Red Velvet terus meroket dan konsisten hingga saat ini, hal ini dibuktikan dengan single terbaru mereka yang berjudul Queendom telah meraih beberapa penghargaan bergengsi.  

Ternyata girl-group tersebut semakin mengesankan dengan member-member yang dimiliki, skill dan keunikan tiap member menjadi dasaran suatu girl group menjadi kokoh. Agensi pun patut diberi applause sebab mampu mengemas suatu girl group dengan baik. Salut banget!

Ditulis Oleh : Salma Tsabita Wiradara