Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Mulai Snowdrop Hingga Vincenzo, Deretan Drama Korea Ini Menuai Skandal dan Kontroversial

Editor KapanLagi.com   | Sabtu, 19 Maret 2022 19:32 WIB
Mulai Snowdrop Hingga Vincenzo, Deretan Drama Korea Ini Menuai Skandal dan Kontroversial
credit: imdb.com

Kapanlagi.com - Artikel ini ditulis oleh: Alvionita Aqila

Jalan cerita dalam drama Korea sangatlah bermacam-macam begitu pula dengan genrenya. Mulai dari drama romantis, komedi, sedih, hingga sejarah. Karena jalan cerita yang baik ini yang membuat drakor banyak disukai.

Bahkan ada penonton yang sampai dibuat baper oleh cerita atau karakter yang ditampilkan dalam drama Korea. Siapa sangka, ada beberapa drama Korea yang menuai skandal dan kontroversial.

Now that you are AWAKE, it's time for you to wake right now!

Awake

Sampai ada drakor yang harus dibatalkan atau dihentikan penayangannya. Penasaran drama Korea apa aja? Yuk simak di bawah ini.

1. Snowdrop

Gambar

Kontroversi menghampiri drama ini bahkan sebelum Snowdrop ditayangkan. Menceritakan tentang mata-mata Korea Utara yang menyamar sebagai aktivis gerakan demokrasi di Korea Selatan bernama Im Soo Ho yang di perankan oleh Jung Hae In pada era 1980-an.

Drama yang tayang pada 18 Desember 2021 ini menuai skandal karena karakter Im Soo Ho dianggap melecehkan para aktivis yang sesungguhnya yang pada masa itu ditangkap polisi dengan tuduhan mata-mata Korea Utara. Namun, pihak JTBC menegaskan bahwa alur cerita tidak seperti yang di khawatirkan netizen.

2. Joseon Exorcist

Gambar

Drama Korea satu ini merupakan drama dengan latar cerita sejarah atau historikal. Menceritakan tentang sebuah kerajaan pada era Joseon yang berperang melawan roh jahat yang ingin menghancurkan kerajaan tersebut.

Sayangnya, drama yang baru saja tayangkan dua episode pada 22 Maret 2021 ini terpaksa dihentikan penayangannya karena dianggap melecehkan sejarah. Kontroversi berawal dari episode pertama yang memperlihatkan makanan dan pakaian khas Tiongkok, karena tidak sesuai dengan sejarah dan disisi lain hubungan Korsel dan Tiongkok pada saat itu sedang panas.

3. Racket Boys

Gambar

Drama yang tayang pada 31 Mei 2021 ini menceritakan tentang tim badminton SMP yang berada di daerah terpencil di Korea Selatan dan salah satu karakter bernama Han Se Yoon melakukan pertandingan badminton di Indonesia. Namun episode tersebut malah menuai skandal karena terdapat adegan dimana pelatih Han Se Yoon mengatakan bahwa kamar hotel atlet mereka dimanipulasi oleh panitia agar atlet tidak nyaman dan kalah pertandingan.

Tidak hanya sampai disitu, sang pelatih bahkan mengatakan bahwa suporter Indonesia memiliki kebiasaan merusak mental atlet negara lain. Karena hal itu netizen Indonesia merasa kecewa dan meminta pihak SBS untuk meminta maaf. Akhirnya, pihak SBS pun meminta maaf karena telah menyinggung masyarakat Indonesia.

4. Mr. Queen

Gambar

Drama Korea satu ini mendapat rating tinggi pada awal penayangannya, bahkan mencapai 10,4 persen dan di respon baik oleh netizen. Menceritakan tentang seorang koki bernama Jang Bo Hwan yang masuk ke dalam tubuh seorang ratu di era Joseon.

Kontroversi drama ini disebabkan oleh sebuah dialog yang mengatakan bahwa Raja Cheoljong tidak seburuk yang dikisahkan dalam sejarah dan mengatakan catatan sejarah itu adalah sebuah gosip saja. Pihak tvN pun meminta maaf dan mengatakan hal itu sebuah kelalaian karena tidak teliti dalam proses pengeditan.

5. Vincenzo

Gambar

Vincenzo merupakan drama yang tayang pada 20 Februari 2021 lalu yang dibintangi oleh Song Joong Ki, Jeon Yeo Bin, dan Ok Taecyeon. Menceritakan seorang pengacara dan mafia keturunan Korea yang di besarkan di Italia bernama Vincenzo Cassano.

Drama ini sempat menjadi kontroversi karena terdapat adegan dimana Song Joong Ki dan Jeon Yeo Bin yang mempromosikan produk makanan China. Hal tersebut menuai kritikan karena adanya perseteruan budaya antara Korea Selatan dan China.

 

Editor:   Editor KapanLagi.com