MV 'Idol' BTS Paling Banyak Ditonton Dalam Sehari, Sepanjang Sejarah YouTube

Rahmi Safitri   | Selasa, 28 Agustus 2018 16:45 WIB
MV 'Idol' BTS Paling Banyak Ditonton Dalam Sehari, Sepanjang Sejarah YouTube
BTS © soompi.com

Kapanlagi.com - BTS sekali mengguncang dunia dengan prestasi mereka yang membuat para Army (sebutan fans BTS) semakin bangga dengan idolanya. BTS baru saja mengeluarkan album LOVE YOURSELF: ANSWER dengan single andalan berjudul Idol yang langsung memberikan sejumlah rekor untuk RM dkk.

Dilansir dari Soompi, BTS dengan MV Idol mereka ditetapkan secara sah oleh YouTube sebagai video yang paling banyak ditonton dalam waktu sehari, sepanjang sejarah. Kata YouTube begini nih: MV Idol mendapat lebih dari 45 juta views dalam 24 jam pertama. 

Prestasi ini membuat BTS mengalahkan rekor yang sebelumnya dipegang oleh Taylor Swift dengan MV Look What You Made Me Do. Taylor sebelumnya membukukan rekor 43,2 juta views dalam 24 jam pertama. 

BTS sebelumnya juga mencatatkan angka impresif untuk MV Fake Love. Dalam sehari, lagu andalan dari album LOVE YOURSELF: TEAR itu mendapatkan 35,9 juta views di 24 jam pertama setelah perilisan.

1. Pernyataan Lain YouTube

Sebenarnya sempat ada perdebatan sedikit soal angka views untuk MV Idol ini. Fans was-was bagaimana cara YouTube menghitung views karena MV Idol sempat tak berubah selama akhir pekan. Angka di MV juga tertulis 56,2 juta view di 24 jam pertama.

"Untuk memverifikasi kalau view-nya nyata dan akurat, YouTube kemungkinan akan melambat, freeze (angkanya tak berubah) atau menyesuaikan angka view, sekaligus membuang pemutaran video dengan kualitas rendah," ujar pihak YouTube.

Setelah YouTube melakukan penyelesaian, MV Idol tetap dinyatakan sebagai video paling banyak ditonton dalam 24 jam pertama perilisannya.

2. Sudah 90 Juta

MV Idol dirilis pada 24 Agustus lalu, tapi sudah mendapat prestasi lain nih. Bukan cuma MV yang paling banyak ditonton dalam 24 jam saja, video ini juga menjadi yang tercepat meraih angka 90 juta views.

MV Idol mencatatkan angka 90 juta views dalam waktu hanya 3 hari 22 jam 39 menit pada hari Selasa (28/8/2018) pukul 4.39 PM KST atau sekitar 14.39 WIB. Idol pun menjadi MV K-Pop tercepat yang meraih angka 90 juta. Rekor sebelumnya dipegang oleh MV BTS lainnya, Fake Love, yang mendapat 90 juta view dalam waktu 6 hari dan 14 jam.

Selamat BTS dan Army!

3. Menang 2 Award

BTS juga baru saja mendapat penghargaan internasional lagi nih di sebuah acara di Kanada. Mereka dinobatkan sebagai pemenang untuk kategori Fan Fave Duo or Group di 2018 iHeartRadio MMVAs yang digelar di Toronto, pada tanggal 26 Agustus lalu.

Sehari kemudian (27/8/2018), V dkk juga mendapat penghargaan di 45th Korean Broadcasting Awards. BTS membawa pulang penghargaan Artist Award atas penampilan mereka di acara Music Core dan Music Bank.

Selamat sekali lagi!

4. Wawancara Eksklusif Dengan Grammy

Prestasi lainnya yang diraih BTS adalah mereka akan menjalani wawancara eksklusif dengan ajang penghargaan paling bergengsi di dunia, Grammy. Mereka akan mendapat acara spesial yang diberi nama A Conversation with BTS yang dibuat oleh Recording Academy Grammy Museum.

BTS tidak akan tampil dengan lagu-lagu mereka di Grammy Award, tapi tentu ini juga prestasi tersendiri. Acara yang akan digelar di Grammy Museum, Los Angeles, pada 11 September mendatang ini tiketnya sudah sold out.

Oh ya, BTS pun menjadi artis Korea pertama lho yang diundang di Grammy Museum. Kurang bangga apa coba nih Army?

Editor:   Rahmi Safitri