Nama B.I Eks-iKON Tak Tercantum dalam Lagu Ciptaannya, Penggemar Layangkan Protes

Kistin Septiyani | Kamis, 27 Juni 2019 20:01 WIB
Nama B.I Eks-iKON Tak Tercantum dalam Lagu Ciptaannya, Penggemar Layangkan Protes

Kapanlagi.com - Eun Ji Won SECHSKIES merilis preview album solo terbarunya pada Kamias (27/6/2019). Dalam album tersebut ada sebuah track berjudul Worthless yang ternyata diciptakan oleh Kim Hanbin alias B.I eks iKON. Namun, dalam poster preview tersebut hanya ada nama Eun Ji Won sebagai penulis lirik dan Millenium sebagai pencipta dan produser. Hal ini ternyata memicu kemarahan penggemar.

Mengutip Allkpop, banyak penggemar menganggap YG tidak adil dan melanggar hak cipta. Mereka menuntut nama B.I dicantumkan dalam poster tersebut. Mereka menyuarakan pendapat tersebut melalui media sosial salah satunya Twitter. Akibatnya, tagar #CreditHanbin menjadi trending topik nomor satu di dunia.

1 dari 3 halaman

1. B.I Bagikan Demo

B.I Bagikan Demo ©Allkpop
Banyak netizen mengungkapkan bahwa B.I pernah memperdengarkan demo dari lagu Worthless ini. B.I memperdengarkannya pada para penggemar dalam sebuah siaran live pada Desember 2017 silam, jauh sebelum album ini dirilis.

Para penggemar yang memiliki rekaman dari demo tersebut kemudian mengunggah ulang dan membandingkannya dengan lagu Worthless yang dinyanyikan Eun Ji Won.

2 dari 3 halaman

2. Perdebatan Penggemar

Perdebatan Penggemar ©YG Entertainment
Meski begitu beberapa penggemar menilai pencantuman nama B.I dalam poster tersebut bisa saja mempengaruhi penjualan album Eun Ji Won. Mereka berharap penggemar lain bisa mengerti kondisi dari artis lain yang terkait dengan album tersebut.

Banyak netizen yang juga berharap orang-orang berhenti menyalahkan Eun Ji Won dan YG Entertainment atas hal ini. Pasalnya, tak ada satupun yang tahu situasi asli hingga lagu tersebut akhirnya dirilis di bawah nama lain.

3 dari 3 halaman

3. Pernah Terjadi

Pernah Terjadi ©YG Entertainment
Kejadian ini bukanlah pertama kalinya. Sebelum lagu Worthless ini, nama B.I juga tak tercantum dalam kredit lagu Whistle milik BLACKPINK. B.I baru muncul di kredit lagu tersebut setelah sebulan dirilis dalam Asosiasi Hak Cipta Musik Korea (KOMCA).

Oleh sebab itu, beberapa penggemar berharap nama B.I juga muncul di dalam daftar KOMCA untuk lagu Worthless ini. Meski begitu mereka harus menunggu selama satu bulan.

(all/kor/TIN)


Editor:  

Kistin Septiyani

↑