Nostalgia Yuk! Siapa Saja Idol Grup K-Pop Generasi Kedua yang Telah Banyak Mengukir Sejarah

Editor KapanLagi.com   | Selasa, 07 September 2021 22:37 WIB
Nostalgia Yuk! Siapa Saja Idol Grup K-Pop Generasi Kedua yang Telah Banyak Mengukir Sejarah
SJ (Credit: youtube.com/SMTOWN)

Kapanlagi.com - Musik K-Pop generasi kedua terbilang cukup sukses di Asia, dan bisa dikatakan sebagai pembuka jalur K-Pop generasi berikutnya. Komponen 'Big Three' yang di dalamnya ada SM Entertainment, YG Entertainment, dan JYP Entertainment ini menargetkan dua negara tetangga seperti Jepang dan China untuk mengawali kepopuleran musik K-Pop dengan menerjemahkan lagu dari idol ke dalam dua bahasa tersebut. Sehingga hal ini menyebabkan perluasan musik K-Pop semakin terkenal di beberapa negara Asia.

Seperti saat ini, aliran K-Pop sudah memasuki generasi ke-3 dan ke-4, di mana banyak anak muda yang sedang menggandrungi boygrup dan girlgrup seperti EXO, TWICE, BTS, BLACKPINK, RED VELVET, TXT, NCT, STRAY KIDS, dan masih banyak lagi. Dengan kesuksesan para pendahulu mereka, K-Pop generasi ke-3 dan ke-4 ini dengan mudah dapat melebarkan sayap mereka di luar negara Asia, bahkan sudah di mata Internasional. Seperti BTS, EXO, dan BLACKPINK yang telah melakukan banyak konser World Tour di beberapa negara.

Meski boygrup dan girlgrup generasi kedua sudah banyak yang memilih untuk disband akibat kontrak mereka dengan agency telah habis, namun banyak di antara dari beberapa member idol generasi kedua untuk bersolo karier. Bahkan masih banyak penggemar yang senantiasa untuk setia dan selalu mendukung serta menanti karya baru dari idol mereka.

Nah, di sini KLovers akan diajak untuk bernostalgia dengan boygrup dan girlgrup K-Pop generasi kedua yang telah banyak melukis kenangan indah bersama para penggemarnya. Siapa saja grup idol itu? Disimak yuk..

1. Super Junior

Super Junior yang dikenal sebagai SJ atau SUJU adalah boygrup yang dibentuk oleh SM Entertainment pada tahun 2005. Banyak media yang menyebut mereka dengan sebutan 'King of Hallyu Wave' karena boygrup ini telah banyak berkontribusi terhadap Korean Wave. Super Junior mengawali debutnya dengan dua belas member yang terdiri dari leader Leeteuk, Heechul, Han Geng, Yesung, Kangin, Shindong, Sungmin, Eunhyuk, Siwon, Donghae, Ryeowook, dan Kimbum, kemudian pada tahun 2006, Kyuhyun menjadi member terakhir yang bergabung pada boygrup Korea Selatan ini. Fandom Super Junior diberi sebutan dengan 'ELF' atau 'Ever Lasting Friend' di mana para member mengartikan sebagai teman terakhir untuk Super Junior.

Super Junior mulai dikenal secara Internasional setelah merilis album Sorry Sorry pada 2009 silam. Album telah memecahkan rekor dengan penjualan tercepat sekaligus terlaris di Korea Selatan pada tahun itu. Hebatnya, album ini telah memenangkan 10 penghargaan dalam sepuluh minggu berturut-turut di Korea, dan telah memuncaki posisi pertama selama 37 minggu berturut-turut di Taiwan. Sorry Sorry juga memenangkan beberapa penghargaan dalam perhelatan Golden Disk Awards ke-24, termasuk penghargaan tertinggi yaitu Album of The Year. Kesuksesan album itu membawa Super Junior untuk menggelar konser World Tour di beberapa negara di Asia dan Amerika bertajuk ‘Super Show'.

2. Girls Generation

Sama seperti SUJU, SNSD atau SoShi ini juga bernaung dalam agency SM Entertainment, yang mengawali debut pada tahun 2007. Girlgrup ini terdiri dari 9 member yang terdiri dari Taeyeon, Sunny, Tiffany, Hyohyeon, Jessica, Yuri, Sooyoung, Yoona, dan Seohyun. Namun, pada 30 September 2014, pihak agency, SM Entertainment secara resmi mengumumkan bahwa Jessica sudah tidak aktif lagi sebagai member Girls Generation. SNSD mengawali kariernya dengan lagu Into the New World dan Kissing You yang dikemas dalam single Gee, yang kemudian menjadi puncak popularitas mereka pada tahun itu.

Pada awal tahun 2012, Girls Generation mengahadiri ajang penghargaan Golden Disk Award yang digelar di Osaka, dengan membawa pulang dua penghargaan sekaligus, yaitu Digital Bonsang dan Digital Daesang. Jarak satu minggu kemudian, pada perhelatan Seoul Music Awards, SNSD membawa kembali dua penghargaan, Bonsang dan Popularity. Belum berhenti, pada Gaon Chart Awards juga memenangkan Album of the Year serta Hallyu Singer. Pada awal Februari 2013, Girls Generation memulai konser mereka yang bertajuk Girls & Peace: 2nd Japan Tour di Kobe, dan melanjutkannya di tujuh kota di Jepang. Keseluruhan konser yang diadakan di Jepang itu telah dihadiri lebih dari 200.000 penggemar.

3. Big Bang

Big Bang merupakan boygrup di bawah YG Entertainment yang secara resmi debut pada 19 Agustus 2006, dengan lima member yang terdiri dari G-Dragon, T.O.P, Taeyang, Daesung, dan Seungri. Big Bang memiliki aliran musik yang di dominasi oleh genre hiphop. Bigbang debut bersamaan dengan konser YG Family yang diadakan di Olympic Gymnastic Arena, kemudian pada September 2006, mereka mengawali debut perdananya dalam program musik MBC Show! Music Core. Single pertama Big Bang dirilis bersama tiga lagu sekaligus, We Belong Together, A Fool's Only Tears, dan This Love. Pada tahun yang sama, Big Bang menggelar konser pertama yang bertajuk The Real. Lagu dari Big Bang yang terkenang sampai saat ini adalah Fantastic Baby, di mana lagu ini menjadi pusat perhatian penggemar dan pecinta K-Pop di luar Korea Selatan.

Kesuksesan Big Bang dimulai saat mereka telah merilis mini album Always yang meluncur pada Agustus 2007 dan telah terjual sebanyak lebih dari 87.000 copy. Dalam perilisan mini album ini, seluruh member berkontribusi langsung untuk penyusunan musik serta penulisan lirik lagu. Pasalnya, mini album ini mulai menggunakan musik EDM dan mendapat sambutan positif dari para penggemar sekaligus para produser. Lagu Lies yang ditulis langsung oleh sang leader, G-Dragon, dirilis sebagai single utama dan menjadi lagu kebanggan Big Bang pada tahun itu. Kemudian pada tahun 2012, Big Bang mengawali konser World Tour bertajuk Big Show 2012, yang digelar di Seoul Olympic Park Stadium pada tanggal 2-4 Maret dengan dihadiri lebih dari 40.000 penggemar.

4. 2NE1

2NE1 adalah girlgrup jebolan YG Entertainment yang mengawali debut mereka pada tahun 2009, girlgrup ini terdiri dari CL, Park Bom, Sandara, dan Minzy. 2NE1 pertama kali muncul di layar televisi dalam sebuah iklan komersial produk LG Electronics bersama Big Bang. Kemudian mengeluarkan single Fire yang dirilis pada 6 Mei 2009, sejak saat itu 2NE1 mengeluarkan dua mini album 2NE1 (2009) dan 2NE1 (2011). Pada mini album pertama, single I Don't Care membawa 2NE1 meraih penghargaan Song of The Year pada perhelatan Mnet Asian Music Awards tahun 2008. Single berikutnya, yang berisi Go Away, Lonely, dan I Am The Best juga meraih kesuksesan yang sama seperti single sebelumnya, yang tak kalah membanggakan adalah single I Am The Best memenangkan kategori Song of The Year untuk kedua kalinya pada ajang yang sama tahun 2011.

Pada 2011, 2NE1 pertama kali menggelar tour debut Jepang bertajuK 2NE1 First Japan Tour - NOLZA pada 19 sampai 20 September di Yokohama yang dihadiri oleh 10.000 penggemar. 2NE1 kemudian menggelar enam konser tour pertama mereka di tiga lokasi berbeda, Yokohama Arena, Kobe World Commemoration Hall, dan Chiba's Makuhari Messe Hall yang menarik sebanyak 70.000 penggemar. Pada tahun 2014, 2NE1 menggelar konser keempat mereka bertajuk AON: ALL or Nothing di beberapa negara Asia, termasuk Indonesia, tour ini mampu menggaet hingga 180.000 penonton.

5. 2PM

2PM adalah boygrup naungan JYP Entertainment yang beranggotakan oleh Jun.K, Nichkun, Taecyeon, Wooyoung, Junho, dan Chansung. Sebelum memulai debut resminya dengan nama 2PM, para member 2PM debut bersama grup One Day yang beranggotakan oleh 11 orang. Di mana grup ini dibentuk secara khusus oleh sang pemilik JYPE, Jay Park, dan hanya berfokus pada dance hiphop, namun kemudian grup ini dipecah menjadi dua grup yaitu 2PM dan 2AM.

2PM secara resmi debut pada 29 Agustus 2008 dengan merilis album Hottest Time of the Day dengan lagu utama 10 Out of 10 yang mereka bawakan sebagai promosi album. Popularitas 2PM semakin meningkat sejak mereka merilis album Hand's Up pada 2011, lagu ini membawa 2PM di mata Internasional dan sempat meraih beberapa penghargaan bergengsi.

6. Miss A

MISS A dibentuk untuk oleh JYPE pada tahun 2010 dengan beranggotakan Fei, Jia, Min, dan Suzy, di mana grup ini berfokus pada negara Korea Selatan dan China. Miss A secara resmi debut dengan single Bad Girl Good Girl yang merupakan lagu utama pada album Bad But Good. Single ini menempati peringkat teratas di berbagai acara musik di Korea seperti Mnet M! Countdown, KBS Music Bank, SBS Inkigayo untuk satu minggu penuh. Kemudian mereka merilis mini album pertama Step Up dan lagu Breathe sebagai lagu utama yang mereka tampilkan untuk comeback di beberapa acara musik. Miss A menampilkan konsep yang jauh berbeda dari awal debutnya, yakni dengan konsep eksotis.

Pada 30 September 2011, Miss A debut di negara China dengan merilis album spesial pertama mereka dengan MV Bad Girl Good Girl, Breathe, Good Baby dan Love Again yang semua liriknya berbahasa China. Setelah perilisan album tersebut, Miss A mendapat peringkat pertama pada single Goodbye Baby di acara musik terbesar di Taiwan 'Ezperr' dan 'A Class', sedangkan pada chart musik Korea dan Jepang di 'G-Music' mereka menempati urutan ketiga.

Artikel ini ditulis oleh: Vici Erta

 

Editor:   Editor KapanLagi.com