PD Series 'Produce' Ungkap Agensi yang Terlibat Manipulasi Hasil Suara

Kistin Septiyani | Jum'at, 06 Desember 2019 22:31 WIB
PD Series 'Produce' Ungkap Agensi yang Terlibat Manipulasi Hasil Suara

Kapanlagi.com - Program Director (PD) dari series Produce mengungkapkan sejumlah pihak yang terlibat dengan kasus manipulasi hasil voting dalam acara survival tersebut. Ia menyebut beberapa agensi yang melakukan suap pada pihak Mnet dan tim produksi selama program Produce ditayangkan.

Mengutip Allkpop, pada Jumat (6/12/2019), setidaknya ada tiga agensi yang terlibat dalam skandal tersebut. Tiga agensi tersebut meliputi Starship Entertainment, Woollim Entertainment, dan 8D Creative.

1 dari 2 halaman

1. Penyuapan Berbentuk Prostitusi

Lebih lanjut, penyuapan yang dilakukan oleh ketiga agensi tersebut berbentuk pelayanan hiburan dewasa yang berkisar antara KRW 10-50 juta, atau setara dengan Rp 118-591 juta. Penyuapan tersebut ditujukan pada PD Ahn Joon Young.

Penyuapan ini ternyata juga melibatkan petinggi dari salah satu agensi. Berdasarkan laporan media setempat, presiden dan wakil presiden Starship Entertainment terlibat secara langsung dalam penyuapan tersebut.

2 dari 2 halaman

2. Trainee Agensi

Trainee Agensi Kontestan Produce X 101 ©Mnet
Tak berhenti di sana, Ahn Joo Young mengungkapkan bahwa sebelum hasil pemungutan suara mereka telah menentukan formasi trainee yang akan debut. Bahkan Seluruh member IZ*ONE dan X1 kabarnya telah ditentukan secara curang tanpa mengikutsertakan suara para penggemar.

Ternyata, tak hanya kedua grup bentukan program tersebut yang mengandung kecurangan, Ahn Joon Young mengungkapkan bahwa ada satu member Wanna One yang dimasukkan secara curang dalam line up debut. Pengakuan ini membuat banyak orang kembali menyoroti poster debut yang salah diunggah.

Sebelumnya, tak lama setelah Produce 101 season 2 usai, tim produksi sempat salah mengunggah poster line up debut untuk Wanna One. Kesalahan tersebut menjadi sorotan netizen terutama setelah kasus ini terkuak. Banyak dari mereka yang percaya poster tersebut adalah line up debut sebenarnya yang sesuai dengan hasil voting.

(all/TIN)


Editor:  

Kistin Septiyani

↑