Peran Nagini di 'FANTASTIC BEASTS' Jadi Kontroversi, Ini Harapan Claudia Kim

Rahmi Safitri   | Rabu, 24 Oktober 2018 09:50 WIB
Peran Nagini di 'FANTASTIC BEASTS' Jadi Kontroversi, Ini Harapan Claudia Kim
Claudia Kim © Fameflynet

Kapanlagi.com - Salah satu film Hollywood yang saat ini penayangannya banyak dinantikan adalah FANTASTIC BEASTS: THE CRIMES OF THE GRINDELWALD yang tayang November mendatang. Film kedua dari franchise yang dibintangi oleh Eddy Redmayne ini adalah kisah sebelum kejadian di novel dan film Harry Potter terjadi.

Banyak pemain baru di film kedua FANTASTIC BEASTS ini. Salah satunya adalah aktris cantik asal Korea Selatan, Claudia Kim. Ia didapuk memerankan Nagini, seorang maledictus yang bisa berubah menjadi ular. Di film HARRY POTTER, ular Nagini adalah budak dan horcrux dari penguasa kegelapan, Lord Voldemort.

Sayangnya, banyak kontroversi terjadi setelah Claudia Kim diumumkan sebagai pemeran Nagini. Bukan karena dia tak disukai. Tapi banyak orang merasa kalau pemilihan aktris asal Asia sebagai pemeran Nagini adalah sebuah bentuk rasisme berkelanjutan dari film-film HARRY POTTER.

1. Berpikir Orang Korea Akan Senang

Selasa (23/10/2018), Claudia Kim melakukan wawancara di sebuah gedung bioskop di Seoul. Ia pun ditanya soal kontroversi rasisme terkait dengan karakter yang diperankannya di film.

"Itu sama sekali nggak diduga. Saat tahu aku memerankan Nagini, aku pikir ini sangat berarti karena dia adalah karakter penting di seri HARRY POTTER. Film tersebut dipenuhi oleh aktor Kaukasian, jadi aku pikir penonton di Korea akan senang," ujar Claudia seperti dilansir dari Allkpop.

2. Berharap Kontroversi Berhenti Setelah Film Tayang

Claudia sudah menonton film FANTASTIC BEASTS: THE CRIMES OF THE GRINDELWAD secara keseluruhan dan berharap kalau penonton sudah melihat juga, apa yang mereka permasalahkan akan hilang. Tentu saja yang dimaksudkannya soal rasisme.

"Aku menunggu kepuasan dari penonton dan kontroversi memudar setelah filmnya tayang. Aku tidak menanggapi kontroversi itu dengan cara negatif. Aku percaya, perubahan pandangan bisa dilakukan dengan promosi di Asia seperti ini kepada orang-orang yang mempermasalahkan isunya," kata aktris yang juga sempat bermain di AVENGERS: AGE OF ULTRON.

3. Kagum Dengan Penulis Naskah dan Sutradara

Sama seperti yang pernah disampaikan oleh penulis JK Rowling soal karakter Nagini, Claudia juga setuju kalau peran ini memang harus dimainkan oleh orang berdarah Asia. Ia percaya sang penulis pastinya memang mencari aktris Asia untuk peran Nagini. Claudia juga menjelaskan soal kenapa dia begitu senang bekerja sama dengan para sineas di balik FANTASTIC BEASTS: THE CRIMES OF THE GRINDELWALD.

"Aku nggak tahu apa ini cuma kebanggaanku, tapi aku merasa bisa memberikan aura berbeda sebagai orang Korea di Hollywood ketika banyak aktor Korea-Amerika. Penulis naskah juga bagus memberikan twist ke dalam cerita. Dia mampu memberikan sisi baru lewat peran yang tak terduga. Selain itu film ini disutradarai oleh David Yates yang beberapa kali menggarap seri HARRY POTTER. Dia banyak pengetahuan soal cerita asli sama seperti penulis, jadi aku mengikutinya dengan penuh rasa percaya," pungkas aktris berusia 33 tahun ini.

Editor:   Rahmi Safitri