Peraturan Masing-Masing Agensi di Korea Soal Larangan Pacaran Idol K-Pop: Kontrak Dilarang Pacaran Vs Artis yang Pilih Tak Pacaran

Ayu Srikhandi   | Kamis, 16 Januari 2020 16:20 WIB
Peraturan Masing-Masing Agensi di Korea Soal Larangan Pacaran Idol K-Pop: Kontrak Dilarang Pacaran Vs Artis yang Pilih Tak Pacaran

Kapanlagi.com - Seperti yang diketaui, tiga artis SM Entertainment belum lama ini mengungkapkan hubungan mereka ke publik. Changmin TVXQ mengakui hubungan cinta dengan wanita non-seleb, Heechul Super Junior mengonfirmasi hubungannya dengan Momo TWICE, dan Chen EXO yang mengumumkan rencana pernikahan dan kabar kehamilan calon istri.

Selama ini idol Korea memang tidak bisa bebas mengungkapkan hubungan ke publik, seolah-olah para artis K-Pop tabu untuk memiliki pacar. Pada kenyataannya, beberapa agensi memang melarang artisnya untuk tidak pacaran dalam jangka waktu tertentu dan hal tersebut ada di kontrak mereka. Ada juga perusahaan yang tidak melarang artinya untuk pacaran asalkan tidak mengganggu karir. Namun ada juga faktor lain, yakni tak sedikit artis Korea yang memang tidak memilih pacaran dulu karena fokus pada karirnya.

1 dari 6 halaman

1. SM Entertainment

SM Entertainment EXO © SM Entertainment
Selama ini, artis-artis di SM Entertainment dikenal tidak punya dating ban atau larangan untuk pacaran. Bisa dilihat kalau artis SM Entertainment salah satu yang paling sering tertangkap pacaran oleh Dispatch atau media lainnya. Meski begitu, agensi memang meminta agar artis-artisnya berusaha agar hubungan mereka tidak diketahui oleh publik.
2 dari 6 halaman

2. YG Entertainment

YG Entertainment BLACKPINK © YG Entertainment
YG Entertainment termasuk agensi yang memiliki peraturan melarang artisnya pacaran dalam jangka tertentu. Dalam sebuah wawancara saat promosi As If It's Your Last, BLACKPINK mengungkapkan kalau masih tetap memiliki kontrak larangan pacaran.

"Nggak ada perubahan soal larangan pacaran yang ada di kontrak kami," jelas para member.

Di wawancara lain, Jisoo mengungkapkan kalau sebenarnya larangan pacaran ini masih bisa didiskusikan lagi dengan agensi. Berbeda dengan Chanhyuk (AKMU) yang justru mendapat dukungan untuk pacaran agar mendapat inspirasi saat membuat musik. Namun Suhyun sang adik masih mendapat larangan pacaran di tahun 2017 lalu karena belum cukup umur.

3 dari 6 halaman

3. JYP Entertainment

JYP Entertainment TWICE © JYP Entertainment
JYP Entertainment memang memiliki kontrak larangan pacaran selama 3 tahun untuk semua artinya saat debut. Hal ini dikonfirmasi langsung oleh Somi yang merupakan mantan trainee mereka, "Kami tidak boleh pacaran selama 3 tahun setelah debut."

TWICE dan GOT7 diungkapkan telah lepas dari dating ban, sedangkan Stray Kids masih dalam masa larangan pacaran. Satu-satunya penyanyi JYP Entertainment yang sejak awal tidak mendapat larangan pacaran adalah Baek Ayeon. Agensi justru menyarankan agar sang idol mencari pacar karena pengalaman dan perasaan tersebut dibutuhkan sebagai penyanyi dan penulis lagu.

4 dari 6 halaman

4. BigHit Entertainment

BigHit Entertainment BTS © BigHit Entertainment
Agensi yang menaungi BTS dan TXT ini nyatanya tidak memiliki peraturan yang melarang artis mereka yang pacaran. Para member BTS juga bebas menggunakan HP mereka sejak debut. Faktanya para member BTS lah yang belum mau pacaran karena fokus pada karir mereka.

"Meski tidak ada larangan pacaran di kontrak, para member sangat fokus pada pekerjaan mereka dan setiap hari mencoba untuk membuat karya-karya terbaiknya," jelas agensi.

5 dari 6 halaman

5. PLEDIS Entertainment

PLEDIS Entertainment Seventeen - PRISTIN © PLEDIS Entertainment
Menurut Kulkyung mantan member PRISTIN, Pledis Entertainment memiliki larangan pacaran selama 3-4 tahun setelah artisnya debut. "Mereka mengatakan padaku kalau larangan pacaran berlaku selama 3-4 tahun," jelasnya.
6 dari 6 halaman

6. Banana Culture Entertainment

Banana Culture Entertainment EXID © Banana Culture Entertainment
Hani EXID juga pernah mengungkapkan kalau agensinya tidak pernah melarang artis untuk pacaran, "Mereka mengatakan padaku kalau aku punya pacar, itu urusanku sendiri. Aku harus bisa mengaturnya sendiri."

Fakta kalau pacaran merupakan hal tabu bagi artis Korea seolah sudah menjadi 'tradisi K-Pop' sejak dulu hingga sekarang. Beberapa kalangan fans memang masih banyak yang merasa tidak rela kalau idolnya pacaran, bahkan nggak sedikit nih yang tak mau menerima jika idolnya menikah seperti kasus Sungmin Super Junior dan Chen EXO. Beberapa agensi juga masih memberikan larangan pacaran untuk artis-artis mereka. Mengingat pacaran termasuk kehidupan pribadi, kalau menurut kamu masih perlu kah melanjutkan 'tradisi K-Pop' yang satu ini?

(kpl/jje)


Editor:  

Ayu Srikhandi

↑