Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Perjalanan Karier ASTRO, Boy Grup yang Pernah Disebut 'Bukan Selebritas' - Terus Tumbuh Meski Agensi Kerap Alami Kekacauan

Anik Setiyaningrum   | Kamis, 07 Oktober 2021 15:22 WIB
Perjalanan Karier ASTRO, Boy Grup yang Pernah Disebut 'Bukan Selebritas' - Terus Tumbuh Meski Agensi Kerap Alami Kekacauan
ASTRO (Credit: Twitter/@offclASTRO)

Kapanlagi.com - ASTRO merupakan sebuah boy grup asal Korea Selatan yang debut pada tahun 2016. Meski mengawali karier pertama melalui akting, kemampuan mereka dalam menjalani karier sebagai idol K-Pop bisa diacungi jempol.

Buktinya, album mini debut ASTRO berhasil menempati posisi ke-6 Billboard World Albums Chart dan peringkat 4 di Gaon Music Chart. Grup yang terdiri dari enam pria tampan, yaitu JinJin, MJ, Cha Eun Woo, Moonbin, Rocky dan Sanha ini punya daya tahan yang cukup kuat.

Tak lama setelah debut, Fantagio Entertainment sebagai agensi yang menaungi ASTRO didera masalah internal yang tentu saja berdampak buruk pada aktivitas mereka. Namun nyatanya, mereka berhasil melewati masa-masa itu. Mereka terus tumbuh dan masih aktif hingga sekarang.

Now that you are AWAKE, it's time for you to wake right now!

Awake

Perjalanan ASTRO pun menjadi hal yang menarik untuk ditelusuri. Jika kalian penasaran bagaimana grup ini bertahan, silakan simak informasi berikut ini.

1. Debut Astro Berawal dari Web Drama 'TO BE CONTINUED'

Gambar

Karier para member ASTRO berawal dari masa trainee di Fantagio iTeen, sebuah program dari agensi Fantagio Entertainment. Awalnya mereka dikenal dengan nama i-Teen Boys. Hingga akhirnya, Fantagio mengumumkan grub baru beserta profil para membernya melalui media sosial.

Fantagio Entertainment mengenalkan ASTRO melalui sebuah proyek web drama berjudul TO BE CONTINUED pada Agustus 2015. Hal itu juga dilakukan agensi saat membentuk 5urprise. Dalam drama tersebut, para member berperan sebagai diri sendiri dan beradu akting dengan Kim Sae-ron, Seo Kang-joon, dan Hello Venus.

Selanjutnya, mereka punya proyek dalam program reality show berjudul ASTRO OK! READY pada 2016 dan ditayangkan di MBC Every1. Sebelum debut secara resmi melalui album mini bertajuk Spring UP dengan lagu utama Hide & Seek, mereka sempat mengadakan tur showcase nasional 'Meet U Project'. Proyek tersebut berisi tur keliling Korea Selatan dengan mengadakan 20 pertunjukan dan dua fanmeeting.

Proyek pra-debut ASTRO bisa dikatakan luar biasa maka wajar jika mendapat banyak dukungan dari AROHA (penggemar ASTRO). Bahkan, seminggu sejak perilisan, mini album pertama mereka berhasil berada pada peringkat 6 di Billboard World Albums Chart dan peringkat 4 di Gaon Music Chart.

2. Agensi Astro Beberapa Kali Alami Kekacauan Internal

Gambar

Fantagio Entertainment, agensi yang menaungi ASTRO beberapa kali menjadi sorotan karena mengalami kekacauan internal. Hal tersebut menyulut kekhawatiran para penggemar karena dianggap berpotensi membahayakan aktivitas para idol.

Kekacauan pertama yang cukup menghebohkan terjadi pada 2 Desember 2017. Hal itu bermula dari JC Group yang merupakan investor terbesar Fantagio memecat Na Byung-joon, CEO sekaligus pendiri Fantagio Entertainment. Defisit yang dialami perusahaan disebut-sebut sebagai alasan pemecatan Na Byung-joon.

Selanjutnya, pada Januari 2018 ada usaha serius dari manajemen Korea Fantagio yang membuat tim demi kestabilan perusahaan. Ternyata, tak hanya Na Byung-joon yang dipecat, tapi juga ada beberapa karyawan lain yang mengalami pemecatan sepihak. Tim tersebut menyebut bahwa keputusan JC Group merupakan 'intervensi abnormal' dan menuntut Na Byung-joon dikembalikan pada posisi semula. Jika tidak, mogok massal menjadi ancamannya. Kekacauan tersebut jelas mengganggu aktivitas para artisnya.

Setelah itu, Woo Young-seung juga dipecat pada 14 Mei 2018. Hal itu berdampak pada karier ASTRO yang pada saat itu sedang menyiapkan comeback di bulan Juni. Jadwal itu pun terpaksa ditunda. Meski begitu, ASTRO akhirnya berhasil merilis album spesial Rise Up dengan lagu utama Always You pada 24 Juli 2018.

Ada kisah yang cukup sedih di balik comeback yang sebenarnya sudah dipersiapkan tersebut. Saat itu, ASTRO tak dipromosikan di program musik. Penyebabnya jelas, masalah internal yang sedang mendera Fantagio, label mereka. Namun, akhirnya ASTRO dapat melakukan tur ke Jepang sepanjang bulan Agustus 2018.

3. ASTRO Pernah Disebut 'Bukan Selebritas'

Gambar

Meski sudah mendulang popularitas dan mendapat banyak cinta dari para AROHA, ternyata salah satu member ASTRO, Cha Eun Woo masih menyimpan cerita sedih di awal debut mereka. Hal tersebut diungkap saat dia tampil di 'ASK US ANYTHING', salah satu program JTBC. Cha Eun Woo bersama para member lain mendatangi sebuah acara yang sebenarnya menyambut mereka sebagai seorang selebritas, tapi ada pihak yang meragukan ASTRO karena belum punya nama besar.

"Ada satu hal di masa lalu yang saya ingat. Saat itu, kami pergi ke satu tempat peristirahatan untuk suatu acara. Kami berenam mengenakan pakaian yang serasi untuk acara tersebut," Kata Cha Eun Woo. "Banyak orang mengira kita selebritas. Namun, aku mendengar satu orang benar-benar berkata, 'Kupikir memang ada selebritas'." lanjut idol yang juga bintang drama TRUE BEAUTY itu.

Awalnya, dia merasa biasa saja. Namun, setelah dipikir ulang dia merasa tersinggung. Hal itu yang membuatnya merasa harus terus bekerja lebih keras di masa depan.

4. ASTRO Comeback dengan Album 'All Yours'

Gambar

Karier ASTRO telah terhitung berjalan selama 5 tahun sejak debut resminya. Mereka terus berkarya dan menghibur para AROHA. Selain itu, para member pun punya kesibukan masing-masing, salah satunya, yakni Cha Eun Woo yang popularitasnya sebagai aktor juga melejit. Meski begitu, mereka tetap berkarya dan comeback untuk AROHA pada tahun ini.

Tepatnya, pada 5 April 2021 lalu, ASTRO comeback dengan album bertajuk 'All Yours'. Hal tersebut menandai comeback ASTRO setelah hampir satu tahun terakhir. JinJin, Rocky, dan MJ menjadi member yang terlibat penuh dalam pembuatan lagu dalam album ini.

Moon Bin ASTRO menyebut bahwa album ini merupakan rangkaian dari seri 'All Light' dan berisi pesan bahwa mereka ingin memberikan segalanya. 10 lagu yang ada di dalamnya mewakili harapan para member agar AROHA mengetahui isi hati mereka.

Nah, KLovers, itulah kisah perjalanan karier ASTRO yang tetap bertahan bahkan terus tumbuh meski berada dalam agensi yang sempat mengalami kekacauan berkali-kali.

Editor:   Anik Setiyaningrum