Perjalanan Karier Kim Yugyeom, Ahli Street Dance yang Debut Solo dan Bersinar Bersama AOMG

Anik Setiyaningrum   | Kamis, 21 Oktober 2021 13:11 WIB
Perjalanan Karier Kim Yugyeom, Ahli Street Dance yang Debut Solo dan Bersinar Bersama AOMG
Kim Yugyeom (Credit: Instagram/yugyeom.ig)

Kapanlagi.com - Kim Yugyeom si ahli street dance ini merupakan member dari GOT7. Punya nama asli Kim Yu Gyeom, dirinya debut pada tahun 2014 dengan nama panggung Yugyeom. Para member GOT7, termasuk Yugyeom punya perjalanan karier yang menarik, apalagi sejak kontraknya dengan JYP Entertainment tak diperpanjang, tapi tetap memutuskan untuk bersama.

Meski berpisah agensi dengan member lain, Kim Yugyeom tetap berkarya dan bersinar bersama agensi barunya, AOMG. Menempati posisi sebagai main dancer, vocalist, dan rapper, dia punya modal yang cukup kuat untuk debut solo.

Pada Juni 2021 yang lalu, dirinya debut solo pertama dengan AOMG. Kemunculannya menarik perhatian hingga single prarilis berjudul I Want U Around berhasil memuncaki tangga lagu iTunes dunia di 35 negara. Ingin tahu tentang perjalanan karier Kim Yugyeom dari JYP hingga AOMG? Langsung saja simak informasi yang dilansir dari berbagai sumber berikut ini.

1. Perjalan Karier Kim Yugyeom di JYP Entertainment

Sejak kecil Kim Yugyeom merupakan seorang anak yang memang suka menari. Saat memasuki usia remaja, dia sudah mengikuti kelas dance yang kelak memberinya jalan untuk mengikuti audisi JYP Entertainment. Tak hanya tertarik, Kim Yugyeom tampak serius dengan kariernya hingga memutuskan untuk masuk ke jurusan Street Dance di Sekolah Menengah Seni Hanlim.

Pada tahun 2010, Kim Yugyeom resmi bergabung sebagai trainee di JYP Entertainment, agensi milik Park Jin Young. Sebelum resmi debut, dia dan tiga member GOT7 lainnya, yakni Bambam, Jackson, dan Mark tampil di acara kompetisi YG Entertainment 'WIN: WHO IS NEXT?'. Kemampuan mereka dalam menari bahkan mampu mengalahkan grup dari YG Entertainment.

Selanjutnya, pada tahun 2014, Kim Yugyeom berhasil debut bersama rekan lainnya sebagai GOT7 dengan mini album berjudul 'Got It?' dan lagu debut berjudul 'Girls Girls Girls'. Tak tanggung-tanggung, saat itu album debut mereka berhasil berada di peringkat pertama di Billboard's World Albums Chart dan posisi kedua di Gaon Album Chart.

Tahun 2015 bisa dikatakan sebagai puncak karier Kim Yugyeom bersama GOT7 karena berhasil meraih kemenangan pertama di program musik 'THE SHOW'.

Tak hanya bersama GOT7, dia juga pernah dipromosikan untuk sub-unit duo 'Jus2' bersama JB. Mereka merilis album berjudul 'Focus' dan menggelar tur showcase di sejumlah kota di Asia, seperti Tokyo, Taipei, dan Jakarta. Kim Yugyeom bersama GOT7 menjalani comeback terakhir dengan JYP Entertainment pada tahun 2020. Mereka merilis album 'Breath'.

2. Debut Solo Kim Yugyeom di Agensi Baru, AOMG

Kontrak GOT7 dengan JYP Entertainment habis pada awal 2021 ini dan tak diperpanjang. Meski banyak rumor yang mengatakan bahwa GOT7 akan bubar, nyatanya para member, termasuk Kim Yugyeom masih tetap bersama dan mengatakan bahwa mereka akan comeback meski sudah pisah agensi.

Kim Yugyeom sendiri sudah resmi bergabung dengan AOMG sebagai agensi barunya pada Februari 2021. Hal tersebut ditandai dengan rilis video dance bertajuk 'FRANCHISE'. Melansir dari Soompi, AOMG menulis sambutannya untuk Kim Yugyeom, "Kami di sini untuk mengumumkan bahwa Yugyeom secara resmi menandatangani kontrak dengan AOMG untuk mengambil langkah baru bersama. Nantikan berbagai aktivitas musik Yugyeom dengan AOMG!".

Selanjutnya, pada 17 Juni 2021 lalu, Kim Yugyeom resmi melakukan debut solo pertama bersama AOMG lewat album mini berjudul 'Point of View: U'. Beberapa hari sebelum itu, pada 11 Juni 2021, dia sudah merilis single 'I Want You Around'. Lagu yang juga menampilkan solois DeVita itu mendapat perhatian yang luar biasa. Melansir dari Soompi, bahkan lagu tersebut melejit dan menjadi nomor 1 di 35 negara, seperti Thailand, Indonesia, Arab Saudi, Polandia, Argentina, dan lain sebagainya.

Lagu tersebut juga berada di posisi teratas tangga lagu Genie, layanan musik Korea Selatan saat dirilis. MV lagu tersebut di Youtube memperoleh sebanyak 250 ribu tayangan dalam waktu satu jam setelah dirilis dan terus meningkat hingga 900 ribu tampilan dalam 19 jam. Luar biasa kan?

3. Prestasi Kim Yugyeom si Ahli Street Dance dalam Kompetisi

Pada akhir penayangan kompetisi dance 'HIT THE STAGE' tahun 2016 silam, Kim Yugyeom berhasil mendapat poin paling banyak dan keluar sebagai juara. Selain dia, episode final tersebut diikuti oleh para idol ternama, seperti Hyoyeon Girls' Generation, Shownu Monsta X, dan U-Kwon Block B. Tentu saja, persaingan tersebut berjalan dengan sangat ketat. Semua peserta mampu membuat penonton terpesona dengan dance yang ditampilkan.

Penampilan Yugyeom bersama 25 penari pendukung telah berhasil menghipnotis penonton dan membuatnya meraih poin 163 sebagai juara. Konsep dan koreografi yang digarap oleh Kim Yugyeom itu awalnya menampilkan sosok bocah laki-laki yang memasuki sebuah pintu dan keluar sebagai penari dewasa, yakni Kim Yugyeom sendiri.

Tak hanya itu, dia juga pernah berada di posisi kedua dalam 'ADRENALINE HOUSE DANCE BATTLE' pada tahun 2011, jauh sebelum dirinya debut. Kehebatan Kim Yugyeom sepertinya tak bisa dilepaskan dengan mottonya, yakni "Latihan membuat sempurna. Jadi mari kita berlatih sampai akhir." Motto tersebut juga menyiratkan betapa kerasnya perjalanan karier Kim Yugyeom dalam berbagai pencapaian.

KLovers, itulah kisah perjalanan karier Kim Yugyeom dari JYP Entertainment hingga AOMG yang penuh kerja keras dan membuatnya makin bersinar terang.

Editor:   Anik Setiyaningrum