Perjalanan Karier Lee Sungmin yang Pernah Diboikot Penggemar Super Junior, Jadi Aktor Musikal - Debut Solo

Jum'at, 22 Oktober 2021 20:22 WIB
Perjalanan Karier Lee Sungmin yang Pernah Diboikot Penggemar Super Junior, Jadi Aktor Musikal - Debut Solo
Lee Sungmin (Credit: Instagram/_liustudio_)

Kapanlagi.com - Lee Sungmin merupakan seorang idol, aktor, dan penyiar radio asal Korea Selatan. Pada 2005, dia debut bersama Super Junior, grup K-Pop yang dapat julukan "King of Hallyu Wave".

Sayangnya, Lee Sungmin mendapat respons yang kurang menyenangkan dari para penggemar pada tahun 2014, saat dia memutuskan untuk menikah. Meski tak lagi aktif di Super Junior, Lee Sungmin tetap menjalani kegiatannya sebagai seorang aktor, penyanyi, dan merambah jadi youtuber.

Dia juga belum lama melakukan comeback solo pada 2021 ini, lho, KLovers! Nah, bagi kalian yang penasaran tentang perjalanan karier Lee Sungmin, silakan simak informasi berikut ini.

1. Karier Lee Sungmin di Super Junior

Karier Lee Sungmin sebagai idol berawal dari SM YOUTH BEST CONTEST pada tahun 2001 silam. Saat itu, dia dan Donghae berada di posisi pertama untuk penghargaan Penampilan Luar Terbaik. Akhirnya, mereka resmi menjadi trainee SM Entertainment dengan menandatangani kontrak dan menerima pelatihan menari, menyanyi, dan akting.

Pada tahun 2002, Lee Sungmin, Junsu, dan Eunhyuk tampil perdana di acara televisi sebagai grup R&B. Namun, grup tersebut tak berlanjut dan membernya berpisah ke berbagai grup lain. Sungmin dan Eunhyuk sendiri kemudian bergabung dengan 10 trainee lain dan debut pada November 2005 sebagai Super Junior.

Mereka menampilkan single pertama berjudul Twins (Knock Out) di program musik SBS INKIGAYO. Dua tahun setelah debut, yakni Februari 2007, Sungmin masuk ke sub-grup Super Junior-T yang khusus menyanyikan aliran musik khas Korea Selatan. Tahun 2009, Super Junior merilis single Sorry, Sorry yang menjadi pembuka kesuksesan mereka dan makin dikenal publik Internasional.

2. Lee Sungmin Pernah Diboikot Penggemar Super Junior

Popularitas menjadi hal yang diidamkan oleh setiap grup idol. Hal itu pula yang akhirnya mampu diraih oleh Super Junior. Penggemar Super Junior yang biasa disebut Ever Lasting Friends (ELF) tak hanya berasal dari Korea, tapi juga berbagai negara di dunia. Atas kerja keras para member dan dukungan para ELF, Super Junior menjadi grup K-Pop terlaris selama empat tahun berturut-turut.

Mereka mendapat begitu banyak kemenangan di berbagai acara penghargaan, seperti Golden Disk Awards, Mnet Asian Music Awards, dan lain sebagainya. Sayangnya, di tengah popularitas Super Junior, Lee Sungmin mendapat pengalaman yang cukup menyakitkan.

Pada tahun 2014 silam, Lee Sungmin diboikot oleh ELF yang tak setuju dengan rencana pernikahan yang dia lakukan. Saat itu, dia menikah dengan penyanyi dan aktris bernama Kim Sa-eun. Hal itu pun menyulut kontroversi, para penggemar beranggapan bahwa Sungmin hanya mementingkan diri sendiri dan mengabaikan grup yang sedang sibuk-sibuknya.

Keputusannya untuk menikah itu dianggap sebuah pengkhianatan untuk penggemar dan tentu saja, para member Super Junior. Sejak saat itu hingga sekarang, tujuh tahun setelah peristiwa tersebut, belum ada pengumuman secara resmi yang menyatakan Sungmin keluar dari grup. Namun, dia sudah tak pernah mengikuti kegiatan Super Junior lagi. Melansir Liputan6, Sungmin memutuskan untuk tidak tampil dan ikut program musik terbaru Super Junior pada 2017 silam.

"Hai, ini Sungmin. Aku minta maaf telah banyak menyusahkan kalian. Aku baru sadar banyak sekali komentar negatif yang datang. Aku minta maaf. Aku jadi teringat ketika mempersiapkan pernikahan, seolah tidak memikirkan perasaan penggemarku yang telah memberikan dukungan selama 10 tahun. Aku rasa, aku harus sering banyak berkomunikasi dengan para penggemar untuk menghindari kesalahpahaman," tulis Sungmin.

"Saat aku wamil, aku berharap segera kembali untuk bergabung dengan Super Junior. Sebagai personel Super Junior, aku berharap Super Junior bisa terus mendapatkan cinta dari kalian. Jadi, aku memutuskan untuk tidak ikut tampil bersama mereka. Ini semua untuk menghindari kontroversi. Ini adalah keputusan terbaik. Aku minta maaf. Aku harap Super Junior bisa tampil total dengan karya barunya," Sungmin menambahkan.

3. Lee Sungmin Jago Akting, Pernah Main Drama dan Teater Musikal

Membicarakan perjalanan karier Lee Sungmin, tentu tak boleh melewatkan kemampuannya dalam berakting. Bahkan, dia sudah debut akting terlebih dahulu pada 2005 sebelum debut bersama Super Junior. Saat itu, dia mendapat peran sebagai Kang Dong shin versi remaja dalam drama MBC SISTERS OF THE SEA.

Setelah itu, pada tahun 2009, Lee Sungmin juga debut sebagai aktor teater musikal AKILLA dan menjadi pemeran utama sebagai Ro. Pada tahun selanjutnya, 2010, Sungmin kembali mendapat peran utama sebagai Hong Gil Dong dalam teater musikal yang berjudul sama. Selanjutnya, Lee Sungmin bermain dalam drama KBS berjudul PRESIDENT sebagai Jang Sungmin, anak dari presiden yang ambisius.

Lee Sungmin terus aktif dalam teater musikal dan sudah memainkan berbagai judul, seperti Jack the Ripper, Summer Snow, Vampire, Boys Over Flowers, dan At The Age Of 30.

4. Lee Sungmin Debut Solo 2019 dan Comeback 2021

Setelah lima tahun tak mengikuti kegiatan bermusik dengan Super Junior, Lee Sungmin akhirnya debut solo pada November 2019 silam. Hal ini tentu bisa jadi angin segara bagi para ELF yang begitu merindukannya. Sungmin merilis mini album berjudul 'Orgel'.

Lagu utama dalam album yang berjudul sama itu disajikan dengan petikan gitar akustik dan irama ballad. Paduan musik dan suara lembut Sungmin itu menghasilkan kesan manis dan menenangkan saat didengarkan. Mini album tersebut masuk dalam iTunes Top Albums Chart di 13 negara.

Tak berhenti di situ, belum lama ini Sungmin juga melakukan comeback dengan lewat album 'Goodnight, Summer'. Sungmin menyanyikan lagu berjudul Goodnight, Summer dan Blooming yang dia ciptakan sendiri. Genre yang diusung dalam lagu tersebut adalah R&B Pop yang menggambarkan kelelahan seseorang karena kelelahan musim panas yang panas.

Nah, KLovers, itulah perjalanan karier Lee Sungmin dalam berbagai bidang.