Perjalanan Karier Yeji ITZY Si Leader Berbakat, Pernah Sakit Parah - Disebut 'Senjata Rahasia' JYP Entertainment

Anik Setiyaningrum   | Minggu, 19 September 2021 13:22 WIB
Perjalanan Karier Yeji ITZY Si Leader Berbakat, Pernah Sakit Parah - Disebut 'Senjata Rahasia' JYP Entertainment
Yeji ITZY (Credit: Instagram/yeji.ltzy)

Kapanlagi.com - Yeji ITZY yang punya nama lengkap Hwang Yeji merupakan anggota yang cukup menonjol dalam grup. Menempati posisi sebagai leader grup, main dancer, lead vokalis, dan rapper wajar jika dirinya cukup mencuri perhatian. Meski kini dirinya begitu bersinar, tapi kisah perjalanan karier Yeji ITZY tak mudah alias penuh perjuangan.

Sejak lolos audisi di JYP Entertainment pada tahun 2016, dia terus mengasah kemampuannya selama tiga tahun hingga debut bersama ITZY pada tahun 2019. Dalam waktu sembilan hari debut, ITZY sudah berhasil membawa pulang trofi penghargaan dalam program musik 'M COUNTDOWN'.

Sebenarnya, Yeji sudah tampil di depan publik lewat acara 'The Fan' SBS pada 2018. Meski tereliminasi di episode lima, pengalaman tersebut cukup memberi warna dalam perjalanan karier Yeji ITZY hingga dirinya pernah disebut sebagai 'senjata rahasia' JYP. Nah, jika kalian ingin tahu kisah Yeji selengkapnya, simak informasi yang dilansir dari berbagai sumber berikut ini.

1. Yeji ITZY Mengidap Sakit Parah di Masa Kecil

Mungkin, MIDZY hari ini melihat Yeji ITZY sebagai bintang yang begitu bersinar. Dia begitu total dalam menari dan menyanyi dalam setiap penampilan. Namun, Yeji punya cerita masa kecil yang mengejutkan tentang penyakitnya.

Kisah pilu itu dia sampaikan saat mengadakan siaran V Live pada Januari 2020. Kepada para penggemar, Yeji mengatakan bahwa dirinya terserang flu parah ketika berusia 8 tahun. Keadaannya tak kunjung membaik meski sudah minum obat. Bahkan kondisinya makin lemah hingga harus dibawa ke rumah sakit.

Saat di rumah sakit, Yeji mengetahui ibunya menangis, tapi dia tak dapat penjelasan tentang apa yang sebenarnya terjadi. Hingga di hari berikutnya, Yeji dibawa ke rumah sakit dari Seoul ke Jeonju oleh kakeknya. Setelah menjalani tes, diketahui bahwa Yeji mengidap atopi, pneumonia, dan osteomielitis.

Dari penyakit tersebut, dokter di Jeonju kesulitan menemukan antibiotik yang tepat. Karena Yeji masih kecil, prosedur operasi dikhawatirkan akan berbahaya. Untungnya, rumah sakit di Seoul berhasil menemukan obat. Operasi pun tetap dilakukan, tapi dengan prosedur yang lebih kecil.

Yeji dirawat di rumah sakit selama satu tahun. Akhirnya dia pun tahu penyebab ibunya menangis ketika pertama ke rumah sakit. Ternyata, saat itu dokter menyarankan ibunya untuk mempersiapkan diri dengan kemungkinan terburuk bagi anaknya. Dan Yeji kuat, mampu melalui masa sakitnya dan berjuang hingga bersinar seperti sekarang.

2. Yeji ITZY Pernah Gagal Audisi

Ketika ada penggemar yang bertanya mengenai tips lolos audisi pada sebuah siaran V Live yang dilakukan Yeji ITZY pada Juli lalu, cerita kegagalannya di masa lalu terkuak.

"Pakai topi sepertiku. 'MTBD'," kata Yeji cepat. Kemudian dia tertawa dan berkata, "Ketika menyanyikannya ('MTBD' milik CL) aku gagal dalam audisi itu. Aku gagal."

Dia juga menceritakan busana yang dipakai saat itu. Memakai ikat kepala, anting besar, dan lensa kontak berwarna, padahal saat itu dirinya masih kelas 9. Dengan penampilan itu, sebenarnya Yeji ingin menyampaikan pesan tersirat bahwa dirinya adalah penari. Kini, setiap kali mengingat hal tersebut, Yeji berpikir dirinya telah berpakaian secara berlebihan.

3. Kisah Audisi Yeji ITZY di JYP Entertainment

Melalui siaran V Live pada Juli 2021 lalu, Yeji ITZY menceritakan pengalaman audisi dengan JYP di masa lalu. Ada dua staff yang memberi persetujuan kepada Yeji dan keduanya punya alasan berbeda.

Staff pertama mengatakan memilih Yeji karena wajahnya yang unik. Yeji kemudian bertanya kepada staff lain tentang alasan jujur mengapa dirinya terpilih. Alasan jujur itu adalah kemampuan dance Yeji yang dia cari.

Tentu, MIDZY tak bisa menyangkal alasan tersebut. Sebagai leader grup, main dancer, lead vokal, juga rapper, tentu Yeji punya power luar biasa sejak awal. Audisi Yeji tak bisa dibilang sederhana. Setelah menunjukkan koreografi yang disiapkan, Yeji diminta untuk menari beberapa kali.

"Apakah kamu tidak ingat? Saya memintamu untuk menari gaya bebas berkali-kali. Bukankah kamu menari gaya bebas sebanyak tujuh kali?" Yeji menirukan perkataannya.

Yeji tampak mengenang audisi tersebut dengan suka cita. Jelas, itu tak mudah. Dan audisi di tahun 2016 dengan lagu TWICE Like Ooh-Ahh itu berhasil menjadi jalan bagi karier Yeji yang gemilang.

4. Yeji ITZY Mendapat Julukan Senjata Rahasia JYP

Setelah lolos audisi, Yeji ITZY menjalani trainee di JYP. Dalam masa pradebut, dirinya mengikuti program 'THE FAN' di SBS pada tahun 2018. Sayangnya, dia tereliminasi di episode 5.

Setelah menjadi kontestan acara tersebut, nama Yeji berada di peringkat #1 pencarian real-time Naver dan peringkat #8 di Melon. Videonya 'Is Not My Fault' pun menempati posisi #1 di tren video Naver.

Hal itu bisa dianggap pertanda bahwa kehadiran Yeji di dunia hiburan mendapat sambutan yang cukup baik. Pada salah satu episode acara tersebut, Junho 2PM bahkan mengatakan bahwa Yeji merupakan 'senjata rahasia' JYP Entertainment.

Perkataan itu perlahan terbukti. Tak hanya dipuji oleh Junho, kini penggemarnya pun sangat mencintainya dan mengakui talenta luar biasa serta penampilannya yang selalu memukau.

Itulah, Kisah perjalanan karier ITZY yang dulunya pernah mengidap sakit parah dan gagal audisi, tapi tak pernah pantang menyerah. Yeji terus bekerja keras hingga mendulang popularitas.

Editor:   Anik Setiyaningrum