Bikin Haru, Inilah Cerita Perjalanan Karir NCT 2020 yang Membanggakan

Dhia Amira   | Selasa, 31 Agustus 2021 18:44 WIB
Bikin Haru, Inilah Cerita Perjalanan Karir NCT 2020 yang Membanggakan
NCT (credit: SM Entertainment)

Kapanlagi.com - Grup K-Pop NCT merupakan salah satu grup yang dimiliki oleh SM Entertainment. Grup ini merupakan salah satu grup idol K-Pop pria yang memiliki member cukup banyak. Sehingga itulah yang membuat NCT menjadi salah satu boy grup K-Pop yang unik. Tak hanya itu saja, grup ini juga merupakan gabungan dari berbagai negara di dunia, tidak heran bila grup NCT begitu menarik perhatian dengan mudah.

Tentu selama karir NCT, sudah banyak project hingga penghargaan yang mereka terima dari industri hiburan. Bahkan penggemar NCT pun juga sudah ada di berbagai belahan dunia, salah satunya di Indonesia yang begitu menerima NCT dengan baik. NCT juga berisi dengan pria-pria muda yang memiliki visual serta bakat seni yang luar biasa. Sehingga tidak heran bila NCT sukses menjadi pusat perhatian saat ini.

Bagi kalian yang sudah lama menjadi NCTzen, atau baru ingin mengenal boy grup K-Pop satu ini, yuk kita lihat kembali perjalanan karir NCT sejak awal debut hingga tahun 2020 ini. Langsung saja dicek KLovers.

1. Tentang NCT

NCT merupakan singkatan dari Neo Culture Technology. Bukan main-main loh KLovers, NCT nyatanya sudah disiapkan sejak tahun 2013. Dimana grup ini mengalami berbagai pelatihan lewat SM Rookies. NCT sendiri dibuat untuk membentuk sebuah grup vokal pria baru yang selaras dengan strategi "konten kultural" mereka, dimana beberapa tim yang berbeda akan melakukan debutnya masing-masing di berbagai negara di dunia.

Sehingga NCT memiliki member dengan jumlah banyak, dan mungkin akan terus bertambah. Itulah mengapa NCT menjadi salah satu grup K-Pop yang memiliki banyak sub grup dan berbagai project keren. Tak hanya project bersama, namun juga ada project duo hingga single. Setelah menjalani masa pelatihan, kemudian pada tahun 2016 terbentuklah NCT U dengan 6 anggota, lalu berlanjut hingga saat ini dengan jumlah anggota 23 orang.

2. Jumlah Member Tahun 2020

Pada awal debut, NCT sudah membuat sub grup dengan nama NCT U. Sub grup ini memiliki 6 anggota pertama pada April 2016. Lalu masih pada tahun yang sama, tepatnya pada bulan Juli 2016 dibuat kembali sub grup NCT dengan nama NCT 127. Untuk NCT 127 ini terdiri dari 7 member dengan konsep yang sedikit lebih kuat.

Kemudian pada 8 Agustus, SM Entertainment kembali mengumumkan unit ketiga NCT yaitu, NCT Dream yang beranggotakan 7 member. Sehingga ditotal pada tahun 2016 NCT memiliki 15 member. Setelah itu pada tahun 2017, NCT 127 kembali menambah personil 2 orang. Sehingga pada tahun 2017, seluruh member NCT ada 17 personil.

Dilanjut pada tahun 2018, NCT kembali menambah 3 personil baru di awal tahun. Kemudian pada tahun 2019, NCT menambah personil baru berjumlah 3 orang. Dan pada akhir tahun 2020 kemarin NCT kembali menambah personil 2 orang, sehingga total pada tahun 2020 ini, seluruh member NCT ada 23 orang.

3. Jumlah Sub Grup NCT

Setelah mengetahui jumlah member yang ada di grup K-Pop NCT, ada pula jumlah sub grup yang ada di NCT. Untuk sub grup yang pertama yaitu, ada NCT U yang debut pada tahun 2016, lalu dilanjutkan dengan NCT 127 yang debut pada tahun 2016 pula.

Kemudian pada akhir tahun 2016 NCT kembali membuat sub grup baru, yaitu NCT Dream. Kemudian pada tahun 2019 kembali dibuat sub grup baru bernama WayV yang berbasis di Tiongkok. Dan rencananya, pada tahun 2021 akan ada sub grup bernama NCT Hollywood yang berbasis di Amerika Serikat.

4. NCT U

NCT U adalah sub grup dari NCT. Huruf U merupakan singkatan dari United. Grup ini tidak memiliki member tetap, karena tergantung dari konsep yang akan dibuat, biasanya member baru akan dimasukkan ke dalam NCT U sebelum akhirnya ia masuk ke dalam sub grup lainnya. NCT U memulai debutnya dengan lagu berjudul The 7th Sense, dan Without You pada April 2016.

Pada awal debut, member NCT U hanya ada Taeil NCT, Jaehyun NCT, Taeyong NCT, Mark NCT, Ten NCT, dan Doyoung NCT. Kemudian sub grup ini melakukan comeback pada Februari 2018, dengan merilis single BOSS. Saat itu member NCT U berubah menjadi Taeyong NCT, Jaehyun NCT, Doyoung NCT, Mark NCT, Winwin NCT, Lucas NCT, dan Jungwoo NCT.

Di album terbaru mereka yang rilis di tahun 2020 lalu yaitu, "RESONANCE Pt.1", para member NCT U yakni Taeyong NCT, Doyoung NCT, Jaehyun NCT, Lucas NCT, Xiaojun NCT, Jaemin NCT, dan Shotaro NCT, menyanyikan lagu Make A Wish (Birthday Song). Saat itu juga bertepatan Shotaro NCT dan Sungchan NCT menjadi member baru yang ikut bergabung dalam NCT.

5. NCT 127

Selanjutnya yaitu ada sub grup NCT 127 yang menjadi sub unit kedua dari NCT. Karena NCT 127 berbasis di Seoul, Korea Selatan, maka sub unit ini diberi tambahan nama 127, yang diambil dari titik koordinat kota Seoul. NCT 127 memulai debut dengan Fire Truck pada Juli 2016. Di awal debut, mereka hanya terdiri dari 7 personel saja yaitu Taeyong NCT, Taeil NCT, Yuta NCT, Jaehyun NCT, Winwin NCT, Mark NCT, dan Haechan NCT.

Setelah itu Doyoung NCT dan Johnny NCT kemudian bergabung ke NCT 127 pada 27 Desember 2016. Kemudian dilanjutnya dengan Jungwoo NCT yang bergabung pada 17 September 2018. Konsep dari NCT 127 ini juga berbeda dengan NCT Dream, karena yang menjadi member NCT 127 merupakan senior di grup NCT yang usianya di atas 20 tahun, sehingga konsep mereka sedikit lebih kuat.

6. NCT Dream

Kemudian ada pula sub grup ketiga dari NCT yaitu NCT Dream. Unit yang satu ini dibentuk berdasarkan usia. Semua anggota NCT Dream berusia di bawah 20 tahun. Begitu mereka mencapai usia tersebut, maka mereka harus pindah ke unit NCT yang lain, seperti NCT 127 atau sub grup yang baru. Grup ini awalnya terdiri dari Mark NCT, Haechan NCT, Renjun NCT, Jeno NCT, Jaemin NCT, Chenle NCT, dan Jisung NCT. Sama seperti NCT 127, NCT Dream juga memulai debut mereka pada Agustus 2016 dengan single digital Chewing Gum.

7. WayV

Dan sub grup terakhir yang dimiliki NCT untuk saat itu yaitu ada WayV. Berbeda dari grup lainnya, untuk sub grup WayV yang satu ini berbasis di China, sehingga WayV memfokuskan diri untuk merilis lagu berbahasa Mandarin. Member WayV sendiri ada Lucas NCT, Winwin NCT, Kun NCT, Ten NCT, Hendery NCT, XiaoJun NCT, dan YangYang NCT.

Sub grup ini memulai debutnya di bawah label eksklusif China SM Entertainment, yaitu Label V. WayV memulai debut pada 17 Januari 2019 dengan merilis single milik NCT 127 dengan judul Regular, yang liriknya diubah ke dalam bahasa Mandarin. Kemudian pada Januari 2019, WayV merilis lagu terbaru mereka berjudul The Vision, dan pada Mei 2019 mereka kembali merilis mini album pertama yang bertajuk Take Off.

8. Penghargaan NCT dari Awal - 2020

Dan untuk perjalanan karir NCT yang terakhir yaitu, berupa penghargaan yang mereka terima sepanjang perjalanan karir mereka. Berikut beberapa penghargaan miliki NCT dari awal hingga tahun 2020 yang tercatat dalam Wikipedia:

1. Best Rookie Award - NCT U(2016) Penghargaan dari Asian Artist Award

2. Rookie of the Year - NCT 127(2017) Penghargaan dari Gaon Chart K-Pop Awards

3. New Artist of the Year - NCT 127 (2017) Penghargaan dari Golden Disk Awards

4. Best New Artist Boy Grup - NCT 127 (2016) Penghargaan dari Mnet Asian Music Awards

5. New Artist of the Year - NCT 127 (2017) Penghargaan dari Seoul Music Awards

6. Best Rookie Of The Year - NCT 127 (2017) Penghargaan dari YinYueTai V-Chart Awards

7. Hallyu Rookie Award - NCT 127 (2017) Penghargaan dari YinYueTai V-Chart Awards

8. Top Promising Group - NCT Dream (2017) Penghargaan dari YinYueTai V-Chart Awards

9. New Star Award - NCT U (2016) Penghargaan dari Asia Model Festival Awards

10. Best Rising Star - NCT U (2016) Penghargaan dari Simply K-Pop Awards

11. Chinese Special Prize - NCT Dream (2016) Penghargaan dari First Brand Awards

12. Top 5 Global Rookie - NCT 127 (2017) Penghargaan dari V LIVE Top 10 Awards

13. Newcomer Award - NCT 127 (2017) Penghargaan dari Korean Entertainment Arts Awards

14. Dan masih banyak lagi penghargaan single, hingga album yang dimiliki oleh NCT.

Itulah hal menarik yang bisa kita ketahui tentang NCT. Dari perjalanan karir mereka hingga hal-hal unik dan membanggakan yang bikin para oppa ini makin tambah keren.

Editor:   Dhia Amira