Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Perjuangan Member MAMAMOO, Girl Group yang Mematahkan Standar Kecantikan - Suarakan Feminisme

Senin, 01 November 2021 10:55 WIB
Perjuangan Member MAMAMOO, Girl Group yang Mematahkan Standar Kecantikan - Suarakan Feminisme
MAMAMOO (Credit: Twitter: @simjinyimoore)

Kapanlagi.com - MAMAMOO merupakan girl group asal Korea Selatan yang debut pada 2014. Beranggotakan empat orang, yakni Solar, Hwasa, Moonbyul, dan Wheein debut MAMAMOO dengan lagu Mr. Ambiguous dianggap sebagai salah satu debut terbaik 2014.

Pada 2015, Lagu Pink Funky meningkatkan popularitasnya. Tak heran bukan hanya penggemar yang bertambah namun, MAMAMOO juga mendapat banyak komentar yang merendahkan. Meski punya kualitas vokal yang kuat, mereka sering mendapat komentar buruk untuk fisik yang dianggap "tidak cantik".

Bukannnya berhenti, mereka justru semakin lantang melawan standar kecantikan yang ada. Kalian bisa mengikutinya di berbagai penampilan MAMAMOO. Mereka tak ragu untuk menabrak stereotip yang selama ini membatasi perempuan. Untuk mengetahui kisah lebih lengkap mengenai MAMAMOO, silakan simak informasi berikut ini.

1. Dianggap Sebagai Girl Grup yang Tidak Cantik

Gambar

MAMAMOO sering dianggap sebagai girl group yang tidak cantik. Bukannya berhenti dengan olok-olok tersebut, mereka justru terus melesat dengan karya dan mematahkan standar kecantikan yang selama ini terbangun.

Sebelum debut, agensi pun mengatakan bahwa mereka tak akan berhasil menjadi "girl group yang cantik". Oleh sebab itu, mereka terus mengasah kemampuan menyanyi dan menari.

"Kami tidak memiliki rencana resmi (untuk konsep girlband kami), tetapi agensi kami memberi tahu kami bahwa kami tidak dapat debut sebagai girl group yang cantik," kata Solar MAMAMOO lewat program LIFE BAR pada 2019 silam.

Disebut tidak cantik tentu bukan hal yang menyenangkan. Namun, kesadaran dan motivasi mereka untuk berlatih keras makin terbangun karena hal tersebut. Solar melanjutkan, "Mereka berkata karena kami tidak cantik, kami harus berbakat. Mereka membuat kami banyak berlatih. Itu juga memotivasi kami untuk menjadi lebih baik dalam menyanyi dan menari."

Kini, mereka berhasil menjadi bintang dengan kualitas vokal jempolan. Mereka juga bangga dengan citra playful sekaligus garang yang melekat. Lagu-lagu MAMAMOO selalu punya power dan berhasil menyentuh hati para penggemar.

2. MAMAMOO Suarakan Feminisme

Gambar

Sejauh ini MAMAMOO adalah salah satu girl group yang paling vokal dalam menyuarakan feminisme. Solar memiliki channel video sendiri dan pernah mengunggah video tentang mutilasi alat kelamin perempuan. Melalui video tersebut, dia menyadarkan pemirsa untuk mencegah terjadinya hal-hal yang merugikan seperti itu.

Tak hanya itu, dalam aksi panggung, Solar juga pernah merobek bajunya seperti yang dilakukan para idol pria. Dia mengatakan bahwa jika anak laki-laki diperbolehkan melakukannya mengapa anak perempuan tidak bisa melakukannya? Dia mendukung perjuangan kesetaraan bagi laki-laki dan perempuan!

Member lain, Hwasa, juga dikenal suka berbicara tentang isu ini. Tak hanya lewat kata-kata, dia menunjukkannya dalam keseharian. Meski telah banyak dikritik tentang tindakan dan apa yang dia kenakan, dia tetap konsisten. Dia melawan serangan ini dengan fakta bahwa dia bisa memakai dan melakukan apa yang dia inginkan.

Lagu Yes I Am dari MAMAMOO juga perlu kalian perhatikan untuk lebih mendengar suara feminisme dari mereka. Lewat lagu itu, mereka berhasil memamerkan kualitasnya kepada para haters, membalik semua olok-olok yang ditujukan kepada para member.

Moonbyul yang dikritik karena memiliki sikap dan gaya tomboy tampil dengan mengenakan setelan pink mencolok di video musiknya. Solar dan Wheein yang kerap mengalami body shaming, terutama anggapan pada bentuk wajah mereka yang dianggap terlalu bulat untuk ukuran idol group justru terus makan dan mengabaikan berbagai sayuran di kulkas.

Tak hanya itu, dalam MV HIP mereka juga menampilkan citra perempuan yang berdaya. Mereka tampil untuk berolahraga, bekerja, kemudian menjadi sekelompok demonstran. Selanjutnya, dalam sekejap Hwasa menjadi Presiden yang diberitakan menjadi "berpakaian konyol di bandara", kemudian berubah menjadi seorang perempuan yang menggendong anaknya.

Dalam lagu tersebut, MAMAMOO menyampaikan pesan untuk tetap percaya diri dan tak perlu mempedulikan perkataan orang lain yang merendahkan. Mereka juga menyampaikan pesan mengenai krisis lingkungan melalui scene para demonstran.

3. Perjuangan Para Member MAMAMOO untuk Menjadi Idol

Gambar

Seperti yang sudah disinggung di atas, MAMAMOO merupakan girl group yang direndahkan karena tak sesuai dengan standart kecantikan. Belum lagi dengan isu feminis yang mereka suarakan, di Korea Selatan, feminisme masih sering disamakan sebagai pembenci laki-laki. Namun, mereka tetap konsisten hingga sekarang.

Berikut ini beberapa kendala yang bisa dibilang berhasil mereka lewati hingga bersinar seperti sekarang ini.

1. Solar MAMAMOO yang debut di usia 23 sering dibilang sebagai member yang terlalu tua. Hal itu karena di Korea Selatan, biasanya idol perempuan debut di bawah umur 20 tahun, seperti SNSD.

Namun, Solar tak menyerah dan meninggalkan cita-cita awal untuk menjadi pramugari. Dia bahkan mengikuti audisi 50 kali untuk menjadi idol. Sekali lagi, dia juga dibenci karena wajahnya dinilai tidak sesuai standar idol Korea Selatan.

2. Hwasa MAMAMOO dikatakan sebagai penyanyi yang tak punya suara khas. Bahkan, guru vokalnya mengatakan akan gagal jadi idol dan dibenci karena memiliki kulit gelap. Kulit gelap dianggap menyalahi standar kecantikan di Korea Selatan dan itu jelas tak seperti girls grup lainnya.

3. Wheein adalah seorang anak broken home yang tak pernah lelah mengejar impiannya. Namun sayang, netizen Korea mengatakan bahwa dia merusak MAMAMOO. Lagi-lagi karena fisik, double chin yang normal secara umum dikatakan tak sesuai dengan standart kecantikan.

4. Moonbyul MAMAMOO sempat menjalani diet ketat hingga wajah dan badannya terlihat sangat kurus. Moonbyul juga pernah dibenci karena suara rapnya dianggap kacau dan penampilannya dikatakan tidak terlihat feminin.

Nah, Klovers, itulah beberapa kisah perjuangan MAMAMOO yang sering direndahkan, tapi berhasil bertahan bahkan membalik olokan menjadi karya-karya yang berpower dan begitu disukai penggemar.