Profil dan Fakta Menarik 12 Member LOONA, Girl Group yang Tinggal di 'LOONAVERSE'

Editor KapanLagi.com   | Senin, 26 Oktober 2020 15:29 WIB
Profil dan Fakta Menarik 12 Member LOONA, Girl Group yang Tinggal di 'LOONAVERSE'
LOONA © Twitter.com/loonatheworld

Kapanlagi.com - LOONA atau LOO?? merupakan girl group asal Korea Selatan yang berada di bawah naungan Blockberry Creative. Terdiri dari 12 member yang terungkap secara berkala, yaitu ViVi, Yves, Jin Soul, Ha Seul, Kim Lip, Chuu, Hee Jin, Hyun Jin, Go Won, Choerry, Olivia Hye dan Yeo Jin. Mereka debut sebagai grup lengkap pada 19 Agustus 2018 dengan menggelar konser LOONAbirth, lalu merilis single utamanya yang bertajuk Hi High pada 20 Agustus 2018. LOONA sudah memulai pra-debutnya sejak Oktober 2016 sampai Juni 2018 dengan merilis single dari masing-masing member.

Sangat unik, konsep dari girl group ini berpusat pada 'LOONAVERSE', yang merupakan dunia fiksi tempat para member LOONA tinggal. Lalu mereka menyebut para fansnya dengan nama 'Orbit' yang berarti para penggemarnya menciptakan orbit tempat LOONA dapat tumbuh.

Girl group yang mempunyai nama Korea Idarui Sonyeo atau Girl of the Month ini mempunyai 3 sub unit yang juga dibentuk sebelum mereka debut. Ada LOONA ? yang debut pada tahun 2017, ODD EYE CIRCLE yang juga debut pada tahun 2017, dan yyxy yang debut pada tahun 2018. Mereka mempunyai fandom bernama Orbit.

Berikut profil dan fakta dari 12 member LOONA:

1. Haseul

Profil pertama datang dari Haseul. Leader LOONA ini lahir di Ansan, Gyeonggi, Korea Selatan pada 18 Agustus 1997. Posisinya dalam grup sebagai vocalist dan rapper. Haseul diperkenalkan pada Desember 2016 lewat lagu yang bertajuk Let Me In. Ia juga merupakan member dari sub unit LOONA ? dan juga memegang posisi sebagai leader.

Idol yang melewati masa trainee selama 1 tahun ini pernah belajar di Amerika Serikat selama setahun. Ia pernah berpartisipasi dalam ajang survival MIXNINE tetapi tidak lolos dalam tahap audisi. Pada 8 Januari 2020, Blockberry selaku agensinya mengumumkan bahwa Haseul akan istirahat dari kegiatan grup karena alasan kesehatan. Ia memilih IU sebagai panutannya.

2. ViVi

Profil selanjutnya adalah ViVi. Mempunyai nama asli Wong Ka Hei, ViVi yang lahir pada tanggal 9 Desember 1996 ini berasal dari Hongkong. Posisinya dalam grup sebagai vocalist. Ia merupakan member LOONA yang terungkap pada 13 Februari 2017 dengan merilis single yang bertajuk Everyday I Love You dan berduet dengan Haseul. Ia juga tergabung dalam sub unit LOONA ? bersama Heejin, Haseul, dan Hyunjin.

Idol yang menyukai warna pastel rose ini memutuskan untuk menjadi penyanyi setelah menonton video BIGBANG dan 2NE1. Sebelum debut, ia pernah menjadi model dengan nama Wong Viian. Ketika masih trainee, ViVi banyak belajar bahasa Korea yang dibantu oleh Haseul. Idol yang menjadi panutannya adalah Hyuna.

3. Yves

Terlahir dengan nama asli Ha Soo Young, Yves yang lahir pada tanggal 24 Mei 1997 di Busan, Korea Selatan ini hanya melalui masa training selama 3 minggu. Meskipun sangat singkat, ia dipercaya sebagai lead vocalist dan main dancer. Yves diperkenalkan pada November 2017 dengan merilis single yang bertajuk NEW dan tergabung dalam sub unit yyxy.

Nama Yves dilafalkan sebagai 'eve'. Ia menyukai warna merah anggur dan hewan favoritnya adalah angsa. Pemilik golongan darah B ini belajar menari dari akademi dance di Korea. Yves pernah menjadi trainee di Hunus Entertainment dan dekat dengan Bella, member dari girl group Elris. Ia memilih Suzy dan Sunmi sebagai panutannya, ia juga merupakan penggemar dari Yuqi (G)I-DLE.

4. Jinsoul

Jinsoul lahir pada tanggal 13 Juni 1997 di Chuncheon, Korea Selatan. Pemilik nama asli Jung Jinsol ini bertanggung jawab sebagai main rapper dan lead vocalist dalam grupnya. Ia merupakan member ke-7 yang diungkap dan merilis single yang bertajuk Singing in the Rain pada 25 Juni 2017.

Member LOONA yang tergabung dalam sub unit ODD EYE CIRCLE ini merupakan mantan trainee DSP Media. Hobinya adalah membaca Webtoon dan bermain piano. Ia sudah belajar piano selama 9 tahun. Saat audisi, Jinsoul menyanyikan lagu Gummy - If You Return. Idol cantik yang memilih Krystal Jung sebagai panutannya ini juga merupakan penggemar dari Suzy.

5. Kim Lip

Mempunyai nama asli Kim Jungeun, member LOONA yang debut dengan stage name Kim Lip ini lahir pada tanggal 10 Februaru 1999 di Chungju, Korea Selatan. Posisinya dalam grup adalah vocalist dan dancer. Kim Lip diperkenalkan sebagai member LOONA pada Mei 2017 lewat lagu yang bertajuk Eclipse. Ia merupakan anggota dari sub unit ODD EYE CIRLCLE bersama Jinsoul dan Choerry.

Idol bergolongan darah B ini sudah melewati masa traineenya selama 1 tahun 2 bulan. Menurut Haseul, Kim Lip adalah anggota girl crush-nya LOONA. Ia berteman dengan aktris Lee Da Yum. Idol favoritnya adalah Suzy dan GOT7, sementara tipe idealnya adalah seseorang yang makan dengan baik dan ramah padanya.

6. Chuu

Chuu mempunyai nama asli Kim Jiwoo, lahir pada tanggal 20 Oktober 1999 di Chungcheong, Korea Selatan. Ia mempunyai posisi sebagai vocalist, rapper, dan juga face of group. Chuu merupakan member LOONA yang diperkenalkan pada Desember 2017 lewat lagu yang bertajuk Heart Attack. Ia merupakan member dari sub unit yyxy bersama Go WonOlivia Hye, dan Yves.

Idol yang hanya melewati masa trainee dalam 1 bulan ini pernah menulis lagu predebutnya sendiri, yang berjudul Kim Jiwoo's Song. Chuu merupakan member yang paling feminim. Ia berasal dari keluarga pemusik, ibunya adalah seorang penyanyi klasik. Ia pernah membintangi web drama DATING CLASS bersama Jang Gyuri fromis_9 pada tahun 2019.

7. Heejin

Jeon Heejin atau yang kerap disapa Heejin ini lahir pada tanggal 19 Oktober 1999 di Gyeonggi, Korea Selatan dan merupakan visual sekaligus center LOONA. Selain itu ia juga dipercaya sebagai dancer, vocalist, dan rapper. Ia diperkenalkan sebagai member LOONA pada bulan Oktober 2016 dengan singlenya yang bertajuk Vivid. Ia juga termasuk anggota dalam sub unit LOONA ? bersama Haseul, Hyunjin, dan ViVi.

Idol yang melewati masa trainee selama satu tahun ini pernah berpartisipasi dalam ajang survival MIXNINE dan mendapat peringkat 4, sayangnya ia tidak dapat debut bersama grupnya. Visual Heejin sudah menarik perhatian sejak dulu, terbukti dengan dirinya yang dipilih oleh netizen sebagai kontestan MIXNINE tercantik. Saat trainee, ia harus melalui perjalanan selama 4 jam untuk sampai ke tempat latihannya di Seoul, karena rumahnya ada di pedesaan.

8. Hyunjin

Hyunjin lahir pada tanggal 15 November 2000 di Jeonju, Korea Selatan. Idol bermarga Kim ini sudah menjalani trainee selama 3 tahun. Posisinya dalam grup sebagai dancer, vocalist, dan rapper. Hyunjin diperkenalkan sebagai member LOONA pada November 2016 lewat single yang bertajuk Around You. Ia merupakan anggota dari sub unit LOONA ?.

Sama seperti Heejin, ia pernah berpartisipasi dalam ajang survival MIXNINE dan mendapat peringkat 11. Hyunjin mempunyai kepribadian yang ramah dan tak mudah merasa malu. Ia berteman baik dengan Jooeun DIA. Idol yang suka makan ini bisa menghabiskan nasi 3 mangkuk dan sangat menyukai cumi asin yang ditambah garam.

9. Go Won

Go Won yang mempunyai nama asli Park Chaewon ini lahir di Incheon, Korea Selatan pada tanggal 19 November 2000. Posisinya dalam grup sebagai rapper, dancer, dan vocalist. Ia diperkenalkan sebagai member LOONA pada Januari 2018 lewat lagu yang bertajuk One & Only. Bersama Chuu, Olivia Hye, dan YvesGo Won tergabung dalam sub unit yyxy.

Sama seperti ChuuGo Won juga hanya melewati masa pelatihan selama 1 bulan sebelum debutnya. Ia pernah berlatih di Incheon Haneul Academy, lalu keluar untuk fokus menjadi idol. Ia juga mengikuti akademi dance yang bernama Lp Dance Academy. Hobinya adalah bermain nintendo, menulis buku harian, belanja pakaian dan juga make up.

10. Choerry

Choi Yerim, member LOONA yang debut dengan nama Choerry ini lahir pada tanggal 4 Juni 2001 di Bucheon, Korea Selatan. Posisinya dalam grup adalah rapper, dancer, vocalist. Choerry diperkenalkan sebagai member LOONA pada Juli 2017 lewat Single yang bertajuk love cherry motion. Ia merupakan anggota dari sub unit ODD EYE CIRCLE bersama Jinsoul dan Kim Lip.

Menurut Chuu, Choerry adalah anggota yang paling patuh, sementara Yeojin mengatakan bahwa Choerry adalah member LOONA yang paling ceria. Warna favoritnya adalah pink. Hobinya mengumpulkan pena, menonton acara mukbang dan film, ia juga suka mendekorasi buku hariannya. Idol yang mempunyai minat terbesar dalam bermain piano ini ingin dikenal sebagai Nation's Little Sister seperti IU dan suzy.

11. Olivia Hye

Mempunyai nama asli Son Hyejoo, idol yang debut dengan nama Olivia Hye ini lahir pada tanggal 13 November 2001. Ia hanya melalui masa training selama 1 hari. Meskipun dalam waktu yang super singkat, Olivia Hye dipercaya sebagai rapper, dancer, dan vocalist dalam grupnya.

Ia diperkenalkan sebagai member LOONA pada Maret 2018 lewat singlenya yang bertajuk Egoist dan tergabung dalam sub unit yyxy. Olivia Hye merupakan bagian dari FNC Academy. Ia memilih Hyuna sebagai panutannya, ia juga sangat menyukai lagu Hyuna - Bubble Pop. Idol dengan golongan darah B ini mempunyai keinginan mengajak semua member LOONA untuk melihat bunga sakura.

Mempunyai nama asli Son Hyejoo, idol yang debut dengan nama Olivia Hye ini lahir pada tanggal 13 November 2001. Ia hanya melalui masa training selama 1 hari. Meskipun dalam waktu yang super singkat, Olivia Hye dipercaya sebagai rapper, dancer, dan vocalist dalam grupnya. 
Ia diperkenalkan sebagai member LOONA pada Maret 2018 lewat singlenya yang bertajuk Egoist dan tergabung dalam sub unit yyxy. Olivia Hye merupakan bagian dari FNC Academy. Ia memilih Hyuna sebagai panutannya, ia juga sangat menyukai lagu Hyuna - Bubble Pop. Idol dengan golongan darah B ini mempunyai keinginan mengajak semua member LOONA untuk melihat bunga sakura.

12. Yeojin

Profil member LOONA yang terakhir adalah Yeojin. Member termuda yang lahir pada 11 November 2002 di Seoul, Korea Selatan ini mempunyai nama lengkap Im Yeojin. Posisinya dalam grup sebagai vocalist dan rapper. Yeojin diperkenalkan sebagai member LOONA pada Januari 2017 lewat single yang bertajuk Kiss Later.

Idol yang mempunyai hobi nail art, atau seni melukis kuku ini merupakan anak tunggal dirumahnya. Ia lulus SMP pada tanggal 8 Februari 2018 lalu. Pada saat audisi untuk masuk ke agensi, Yeojin menyanyikan lagu Into the New World milik SNSD.

Itu dia profil dan fakta menarik dari 12 member LOONA. Debut dengan konsep yang unik, apakah salah satu membernya adalah biasmu?

Ditulis oleh: Fitri Mardiana

Editor:   Editor KapanLagi.com

Topik Terkait