Jalan Cerita Menyentuh, Ini 5 Pembelajaran Tentang Kehidupan yang Dapat Kita Ambil dari Drama '18 AGAIN'

Editor KapanLagi.com   | Sabtu, 09 Oktober 2021 07:01 WIB
Jalan Cerita Menyentuh, Ini 5 Pembelajaran Tentang Kehidupan yang Dapat Kita Ambil dari Drama '18 AGAIN'
18 Again/ (Credit: Instagram/ jtbcdrama)

Kapanlagi.com - Hai, KLovers! Siapa gak tau drakor berjudul 18 AGAIN? Drama yang tayang pada 2020 dan dibintangi oleh Kim Ha Neul, Yoon Sang Hyun, juga Lee Do Hyun ini mengangkat genre drama komedi yang membuat penonton tertarik pada alur ceritanya.

Drama yang mengisahkan tentang pasangan muda bernama Jung Da Jung (Kim Ha Neul) dan Hong Dae Young (Yoon Sang Hyun) yang karena sebuah kecelakaan mengharuskan mereka untuk menikah muda dan mempunyai dua anak kembar bernama Hong Si Woo (Ryeo En) dan Hong Si Ah (Roh Jeong Eui).

Hingga anak-anak mereka beranjak dewasa pada usia 18 tahun, Da Jung dan Dae Young semakin sering bertengkar dan hendak bercerai. Namun suatu ketika keajaiban terjadi, Dae Young berubah dan tubuhnya kembali muda seperti pada saat ia berusia 18 tahun. Pada saat itu lah Dae Young menunjukkan aksinya, ia menjalani kehidupan dengan identitas baru, mengejar mimpi yang belum sempat ia raih semasa mudanya karena harus menjadi kepala rumah tangga, juga ia menggunakan tubuh remajanya untuk lebih dekat dan melindungi anak-anaknya di sekolah. Ia ingin menjadi seorang ayah yang baik pada anak-anaknya termasuk melindungi Da Jung meskipun ia harus berbohong dalam wujud remajanya.

Drama ini juga didasarkan pada fil 17 Again oleh Jason Filardi, loh. Mari kita simak hal-hal apa saja yang dapat kita ambil sebagai pembelajaran dari drama 18 AGAIN ini!

1. Menjalani Kehidupan Nyata Orang Dewasa Tidak Seindah yang Dibayangkan

Pada awal episode drama ini, bercerita tentang Hong Dae Young yang memilih untuk bertanggung jawab dan menikahi Da Jung karena anak yang sedang dikandung perempuan itu. Kisah mereka pada solusi akhir permasalahan mereka itu happy ending seperti dalam film, namun hidup terus berlanjut hingga 18 tahun kemudian. Hong Dae Young yang dulunya adalah pemuda tampan, kini sudah terlihat tua seperti orang tua biasa pada umumnya. Kenyataan hidup yang ia jalani sekarang begitu berat karena ia sering kali menghadapi kemalangan dan pertengkaran antara Da Jung dengannya semakin sering.

Kita harus menentukan waktu kita sendiri, KLovers. Karena yang menjalani kehidupan itu sendiri adalah kita. Buatlah keputusan saat kita siap dan berhati-hati agar tidak membuat kesalahan fatal.

2. Ketika Mempunyai Passion atau Mimpi Jangan Pernah Ragu untuk Berkembang dan Mengejarnya

Seperti Si Woo yang sebenarnya menyukai basket namun tak mau jujur dan tak percaya diri. Suatu hari Woo Young yang adalah Dae Young muda melihat Si Woo yang sedang bermain basket sendirian. Ia yang selama ini menjadi ayah bahkan tidak pernah tahu jika selama ini anaknya memiliki ketertarikan pada basket. Maka, pada kesempatan yang dimiliki Woo Young mendukung Si Woo sebagai teman.

Passion itu sangat penting dalam hidup kita dan setiap orang memiliki passion yang berbeda-beda. Jangan ragu, kembangkan! Hal ini akan membuat kamu lebih bergairah dan kamu juga dapat mengetahui mimpi atau tujuan hidup dari passion yang kamu miliki. 

3. Jangan Menyalahkan Diri jika Tidak Diterima

Jung Da Jung dahulunya sempat kesusahan dalam mencari pekerjaan. Wanita ini dikarenakan telah memiliki anak, membuat banyak perusahaan tidak bisa memperkerjakannya. Hong Dae Young, sebagai seorang suami dan orang terdekatpun selalu ada untuk menyemangatinya. Hingga akhirnya, impian Da Jung menjadi seorang penyiarpun terwujud. Ia bisa bekerja di suatu perusahaan stasiun TV meskipun jati dirinya adalah orang yang sudah menikah dan mempunyai anak.

Apapun yang sudah diusahakan namun akhirnya tidak sesuai dengan harapan janganlah menyesalinya, patah semangat, apalagi menyalahkan diri sendiri. Mungkin rejekimu bukan di situ. Namun jika usaha diiringi dengan doa, maka pasti akan ada jalan keluar.

4. Kalau Capek, Istirahat

Pasti ada kalanya kita sudah merasa lelah dan bahkan merasa down akan segala hal yang tidak sesuai dengan harapan kita. Pada episode 7 terdapat scene Dae Young yang sedang menenangkan Da Jung sembari memandangi langit malam di tangga. Ia menghibur Da Jung yang sedang sedih karena pekerjaannya. “Tidak apa-apa, kamu sudah melakukannya dengan baik.” adalah kalimat yang dilontarkan Dae Young untuk menghibur Da Jung.

Jika capek maka istirahat dan tidak terlalu memikirkannya adalah solusi yang bagus. Besok adalah hari baru untuk kita bisa memulai lagi.

5. Hormati dan Sayangi Orangtua

Hong Si Ah dan Hong Si Woo tentunya sangat beruntung memiliki orangtua yang pekerja keras dan menyayangi mereka. Dalam drama ini kita dapat memperhatikan tidak sedikit scene antara orangtua dan anak.

Woo Young menasihati Si Ah dan teman-temannya agar berusaha menghemat dan memanfaatkan dengan baik uang saku yang diberikan oleh ayah mereka. Juga ketika berbuat salah, ucapkan maaf pada orangtua bukannya malah pergi dengan ketus.

Ditulis oleh: Bezaline Chika Henna

Editor:   Editor KapanLagi.com