Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Rayakan 1 Tahun Debut, Aespa Telah Banyak Ukir Prestasi Dari ‘BLACK MAMBA' Hingga ‘SAVAGE' - Siap Mengguncang Kancah International!

Editor KapanLagi.com   | Kamis, 18 November 2021 17:44 WIB
Rayakan 1 Tahun Debut, Aespa Telah Banyak Ukir Prestasi Dari ‘BLACK MAMBA' Hingga ‘SAVAGE' - Siap Mengguncang Kancah International!
instagram.com/aespa_official

Kapanlagi.com - Aespa, idol grup yang beranggotakan Karina, Giselle, Winter, dan Ningning ini telah menarik perhatian banyak penggemar K-Pop sejak mereka predebut. Bahkan Ningning sudah sangat familiar di kalangan fans SM Entertainment karena pernah diperkenalkan dalam acara SM Rookies.

Baru-baru ini tepatnya 17 November 2021 kemarin, Aespa baru saja merayakan anniversary mereka yang pertama sebagai sebuah grup. Masih teringat, bagaimana hebohnya para penggemar di hari debut mereka dan disambut begitu meriah. Meski masih menjadi grup rookie banyak yang mengatakan bahwa Aespa seperti leader of 4th generation of k-pop girl group karena prestasi mereka yang begitu gemilang.

Selama satu tahun mereka debut ini, lagu-lagu Aespa selalu saja berada dalam puncak tangga lagu baik itu dalam chart Korea Selatan maupun chart International seperti Billboard dan Itunes. Tapi tidak hanya itu Aespa pun menarik perhatian masyarakat luas karena konsep futuristiknya yang sangat unik.

Pencapain Aespa di industri K-Pop selama satu tahun terakhir ini nggak perlu diraguin lagi sih, nggak percaya? Mending sekarang yorobun simak deh prestasi dari Monster Rookie ini.

1. Miliki 3 Megahit Dalam 1 Tahun

Gambar

Sangat populer di kalangan para k-Popers membuat Aespa memecahkan banyak rekor sejak mereka debut. Bahkan lagu debut mereka yaitu BLACK MAMBA, hanya membutuhkan 3 hari untuk masuk ke dalam 4 tangga lagu Billboard. Tidak hanya itu saja Aespa juga berhasil menjadi girlgroup pertama yang meraih 100 Juta Views dalam waktu tersingkat untuk sebuah lagu debut.

Prestasi ini tentu saja membuat Aespa menjadi representatif dari girlgroup Generasi 4. Karena tidak hanya menguasai charting Billboard, Aespa juga terbang tinggi dan duduk di puncak ‘24Hits' Melon setelah aturannya diubah dengan single keduanya berjudul NEXT LEVEL. Dan lagu ini pun meraih 100 Juta Viewsnya lebih cepat dibanding dengan lagu debut mereka BLACK MAMBA yaitu hanya membutuhkan waktu 19 hari untuk pencapaian luar biasa tersebut.  

Prestasi Aespa pun tidak berhenti disitu saja, Rookie Monster ini juga mengukir prestasi yang membanggakan dengan lagu mereka yang berjudul SAVAGE. Yang mana lagu ini juga berhasil menduduki puncak tangga lagu Korea Selatan dan Internasional.

Pengumuman baru-baru ini memperlihatkan bagaimana lagu SAVAGE  masuk dalam 10 kategori tangga lagu Billboard yang mana di antaranya berhasil masuk dalam peringkat 20 Billboard 200, Artist 100, World Album, Independent Album, Top Album Sales, Top Current Sales, Tastemaker Album, World Digital Song Sales, Billboard Global (kecuali Amerika Serikat), dan Billboard Global 200. Lagu badass ini juga telah mencapai 100 Juta Views hanya dalam 17 hari setelah dirilis.

Pencapaian luar biasa terhadap lagu-lagu Aespa ini apalagi pada lagu NEXT LEVEL dan SAVAGE memberi dampak pada scoring charting mereka pada program musik Korea Selatan yang mana hal tersebut membuat mereka membawa 7 piala kemenangan dalam program musik yang berbeda.

Tidak hanya itu saja, Aespa juga berhasil menjual mini album mereka sebanyak 510.000 copy dalam waktu 15 hari saja dan mendapat predikat sebagai idol half-million seller. Kejadian ini pun menjadi sorotan majalah Forbes dan People, mereka juga memilih Aespa sebagai idol dengan rekor penjualan mini album pertama dan juga memilih aespa sebagai Bintang baru Hollywood 2021.

2. Memakai Konsep Futuristik dan Metaverse

Gambar

Sejak debut aespa memang telah memakai konsep futuristik yang membuatnya berbeda dengan beberapa girl grup Korea Selatan. Nama grup mereka saja merupakan gabungan huruf ‘æ', yang berarti 'Avatar X Experience', dan kata bahasa Inggris 'aspect', yang berarti kedua belah pihak. Konsep mereka ini tentu saja membuat para fans penasaran dan akhirnya jatuh cinta pada idol didikan SM Entertainment ini.
 
Tidak nama grup mereka saja yang unik dan memiliki unsur yang mencerminkan masa depan tetapi Aespa juga memiliki banyak istilah dalam Aespa Universe seperti pada lirik  ‘aespa adalah aku, tak bisa ada dua', ‘ae-00', ‘KWANGYA', ‘SYNK', dan ‘P.O.S' yang mana pada akhirnya sangat populer dikalangan para remaja dan K-Popers dari seluruh dunia.
 
TIdak hanya istilah saja, sepertinya apa saja yang Aespa tampilkan akan menjadi sebuah trend baru di sosial media, seperti yang terjadi baru-baru ini dimana Aespa membentuk abjad korea (?) dalam koreografi NEXT LEVEL yang mana telah menjadi sebuah challenge baru di kalangan para K-Popers dan netizen.
 
Konsep unik yang mereka pertahankan hingga sekarang inilah yang menjadi alasan mengapa Aespa mengalami kesuksesan yang signifikan selama satu tahun berkarir di dunia entertainment.  Belum lagi kabar dimana Aespa akan membuat sebuah metaverse dengan tujuan untuk mengundang banyak generasi digital native seperti yang terjadi pada saat ini.

3. Menilik Pasar Internasional

Gambar

Berbeda dari senior-seniornya di SM Entertainment yang menilik pasar Asia khususnya Jepang dan Cina, sepertinya Aespa ini dicanangkan untuk pasar Internasional dalam skala besar. Bagaimana tidak? Tahun ini Aespa memiliki banyak jadwal akhir tahun baik acara musik maupun acara penghargaan.
 
Aespa juga dijadwalkan akan pergi ke Amerika untuk menghadiri acara MACY'S THANKSGIVING DAY PARADE yang mana acara ini merupakan festival thanksgiving terbesar yang ada di Amerika Serikat. Acara ini akan diadakan 25 November mendatang dan akan dilaksanakan di New York.
 
Selain jadwal yang sangat padat, ternyata Aespa dikabarkan telah menandatangani kontrak dengan Creative Artist Agency atau CAA pada bulan juli 2021 kemarin yang mana agensi ini merupakan agensi terbesar yang ada di Amerika Serikat.
 
Wah, baru satu tahun prestasinya dah bejibun aja yah Klovers?!

Ditulis oleh Diba Imatufariq

Editor:   Editor KapanLagi.com