Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Rekomendasi Banget! 3 Drakor Ini Episodenya Diambil dari Kasus Nyata Loh

Editor KapanLagi.com   | Sabtu, 30 Oktober 2021 10:12 WIB
Rekomendasi Banget! 3 Drakor Ini Episodenya Diambil dari Kasus Nyata Loh
credit: imdb.com

Kapanlagi.com - Pikiran gelap dan rusak dari pembunuh berantai cenderung ditakuti sama banyak orang. Kalo ngobrolin tentang dunia pertelevisian dan perfilman, pola pikir yang dimiliki oleh pembunuh acap kali dimanfaatkan dan dipakai sebagai ide cerita untuk sebuah karya. Nggak beda jauh dengan drama Korea nih.

Mereka juga sering mengusung genre kriminal dengan pembunuhan sebagai antagonis utama atau pun dasar cerita mereka. Hal itu pun juga nggak menampik kemungkinan kalo para penonton bakal menemukan banyak drakor atau beberapa episode drakor yang didasarkan pada kasus kejahatan di kehidupan nyata.

Sehabis perilisan serial dokumenter pertama oleh Netflix tentang pembunuh terkenal Korea—Yoo Youngchul, KLovers pernah bertanya-tanya nggak sih, apa ada drakor atau episode lainnya yang juga diselipi dengan fakta mengerikan yang hampir sama?

Now that you are AWAKE, it's time for you to wake right now!

Awake

Bukan hanya cerita romansa dan cinta segitiga, berikut beberapa drakor yang menceritakan kembali kejahatan mengerikan di Korea Selatan!

1. ‘SIGNAL’ Pakai 2 Kasus Pembunuhan Mengerikan!

Gambar

SIGNAL merupakan salah satu K-drama kejahatan nyata paling hits di tahun 2016. Drama ini mengusung konsep supernatural unik di mana seorang detektif dari masa lalu berkomunikasi dengan profiler kriminal di masa sekarang melalui walkie-talkie untuk menyelesaikan sebuah kasus.

SIGNAL meraih rating tinggi karena punya alur cerita yang rapi, akting dan menggunakan kasus kejahatan nyata. Pembunuh berantai Lee Choon-jae, pembunuh pertama Korea yang diketahui bertanggung jawab terhadap pembunuhan berantai Hwaseong dari tahun 1989 hingga 1991, merupakan ide yang digunakan SIGNAL dalam ceritanya.

Seorang pembunuh berantai di SIGNAL meniru modus operasi juga kisah dari Lee Choon-jae. Disamping kasus Lee Choon-jae, Kim Jin-woo (diperankan oleh Lee Sang-yeob) muncul di beberapa episode untuk meniru metode pembunuhan Yoo Young-chul.

Selain itu, SIGNAL juga menggunakan kasus pidana lain yang bukan pembunuhan, seperti insiden penyerangan sekolah menengah Miryang tahun 2004 silam.

2. Tiru Kasus Pembunuhan Keji Tahun 2007, ‘MOUSE’ Jadi Drakor Yang Dinantikan

Gambar

Pembunuh berantai di MOUSE yang tayang 2021 ini jadi topik terpanas dari awal penayangannya. Premis MOUSE mengulik pertanyaan yang sering diperdebatkan dan menggelitik para psikolog dan masyarakat, seperti apakah seorang pembunuh diciptakan karena lingkungan mereka atau memang dilahirkan untuk membunuh.

Dilansir dari Soompi, MOUSE memusatkan ceritanya pada ide “bagaimana jika kita dapat mengidentifikasi psikopat terlebih dahulu dengan tes DNA janin?”

Penulis naskah MOUSE sendiri terinspirasi oleh kasus Pembunuhan SD Incheon pada tahun 2017 lalu. Dua pelaku menculik dan memikat seorang gadis muda ke gedung tempat tinggalnya. Dua orang kejam tersebut kemudian membunuh dan memotong-motong tubuh gadis malang tadi. Parahnya, tak ada rasa penyesalan sama sekali dari para pelaku saat persidangan berlangsung.

Tentu saja, itu membuat warga Korea Selatan! Berita kekejian mereka tersebar di mana-mana. Sementara dalam dramanya, seorang ilmuwan mampu mendeteksi jika seseorang memiliki gen pembunuh yang pasti membuat orang tersebut jadi pembunuh berantai tanpa rasa bersalah.

3. Beberapa Episode ‘TAXI DRIVER’ Meniru Kasus Pembunuhan Yoo Young-chul

Gambar

Kalo bahas tentang kasus kejahatan keji tapi memukau, TAXI DRIVER wajib banget ditonton! Kalo KLovers akrab sama kasus Yoo Young-chul, pasti ngeh kalo TAXI DRIVER menampilkannya di episode 11 dan 15. TAXI DRIVER sebenarnya bercerita tentang sekelompok orang yang bekerja untuk satu agensi taxi mewah demi melakukan balas dendam.

TAXI DRIVER mengenalkan elemen alur cerita baru di mana melibatkan seorang pembunuh yang dihukum. Oh Chul-young (diperankan oleh Yang Dong-tak) pernah di penjara karena beberapa pembunuhan.

Dalam perannya, Oh Chul-yung digambarkan sebagai psikopat dan menggunakan M.O. sebagai namanya. Di TAXI DRIVER, Chul-young membunuh 20 orang dengan memukul mereka sampai mati. Pada adegan kilas balik, dia membunuh korbannya di kamar mandi dan menjadikan para pekerja seks sebagai korbannya.

Saking gilanya, dalam serial dokumenter Netflix THE RAINCOAT KILLER: CHASING A PREDATOR IN KOREA pun ikut mengulas kalo Yoo Chul-young bahkan akui pembunuhan yang tidak dilakukannya. Sementara di TAXI DRIVER, Chul-young mengakui 2 pembunuhan yang tidak dia lakukan hanya untuk ketenarannya semata. Nggak habis pikir!

Artikel ini ditulis oleh: Salafi Mufida Hasna

https://www.newshub.id/interactive2/2480

Editor:   Editor KapanLagi.com