Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

12 Rekomendasi Lagu BTS yang Bikin Rileks Bertemakan Mental Health, Penuh Pesan Bijak dan Menguatkan

Sabtu, 14 Mei 2022 09:33 WIB
12 Rekomendasi Lagu BTS yang Bikin Rileks Bertemakan Mental Health, Penuh Pesan Bijak dan Menguatkan
BTS (credit: Instagram/bts.bighitofficial)

Kapanlagi.com - BTS merupakan boy group asal Korea Selatan yang sudah mendunia. Terbentuk pada tahun 2013 silam, reputasi BTS semakin diakui secara internasional sebagai group K-Pop dengan fandom terbesar.

Terdiri dari tujuh orang anak muda yakni RM, Jin, Suga, J-Hope, Jimin, V, dan Jungkook, boy group BTS berhasil menorehkan banyak penghargaan baik skala nasional ataupun internasional. Perjalanan karir BTS hingga sukses seperti sekarang bahkan melalui proses yang tidak mudah.

Apalagi pada saat terbentuk, BTS mengawalinya dari sebuah agensi kecil dengan beragam keterbatasannya. Namun hal tersebut tak menyurutkan semangat BTS untuk menggapai mimpi mereka menjadi idol sukses.

Terlepas dari perjalanan karirnya, BTS juga terkenal dengan karya-karya yang memiliki pesan mendalam. Tidak sedikit pula lagu BTS menjadi penyemangat bagi penggemar yang dikenal dengan nama ARMY.

Selain itu, BTS juga memiliki beberapa genre musik baik K-Pop, Hip Hop, R&B, ataupun EDM. Nah, beberapa lagu BTS tersebut mengangkat isu mengenai kesehatan mental. Nah, berikut ini ada rekomendasi lagu BTS yang bikin rileks bertemakan tentang mental health. Nah berikut ini rekomendasi lagu BTS bertemakan mental health yang menguatkanmu.

1. Epiphany

Gambar

Rekomendasi lagu BTS yang bikin rileks dan mengangkat isu mengenai mental health adalah Epiphany. Lagu ini dirilis pada 2018 yang dinyanyikan secara solo oleh Jin BTS. Selain itu lagu BTS Epiphany merupakan bagian dari album kompilasi Love Yourself Answer.

Jika mendengar lirik dan irama lagu Epiphany, kalian dapat merasakan perasaan tenang dan damai. Apalagi liriknya juga sangat mendalam yakni tentang usaha untuk mencintai diri sendiri. Tidak hanya mencintai diri sendiri, karena lagu ini juga mengandung pesan menyentuh agar kita dapat menerima diri secara apa adanya.

Mendengarkan lagu Epiphany akan membuatmu semakin menyadari bahwa diri sendiri layak untuk dicintai dan dihargai. Video klip Epiphany bahkan sudah ditonton sebanyak 110 juta views di Youtube.

2. Life Goes On

Gambar

Rekomendasi lagu BTS berikutnya yang juga bikin rileks adalah Life Goes On. Lagu ini dirilis pada tahun 2020 termasuk dari album Be. Lagu Life Goes On memiliki lirik lagu dengan makna mendalam serta kombinasi irama yang sangat enak buat didengar.

Ya, Life Goes On mengandung pesan mendalam tentang kehidupan yang terus berjalan meskipun dunia sudah banyak berubah. Di mana lagu Life Goes On menyiratkan pesan jika ada harapan di setiap perubahan yang terjadi dalam hidup. Selain itu, lagu Life Goes On dirilis bertepatan dengan masa pandemi covid-19 yang mana bisa membantu para penggemar tetap kuat melewati situasi pelik tersebut. Hingga kini musik video Life Goes On sudah ditonton sebanyak 425 juta kali di Youtube.

3. Let Go

Rekomendasi lagu BTS berikutnya adalah Let Go. Lagu ini dirilis pada tahun 2018 silam yang masuk dalam album studio Face Yourself. Lagu  berjudul Let Go menggunakan bahasa Jepang yang juga sangat enak untuk didengar.

Apalagi ada pesan mendalam dari lagu Let Go yang mana berkisah mengenai perpisahan sepasang kekasih dan cara untuk melepaskan. Let Go tersebut mengandung pesan bahwa setelah seseorang berpisah mereka akan menjalani hidupnya masing-masing. Begitu juga pasangan kekasih yang baru saja putus, maka melepaskan adalah jalan terbaik untuk bisa menjalani hidup baru lagi. Meski begitu rasa sedih juga meliputi perasaan seseorang saat harus berpisah dari orang yang dicintainya.

4. Tomorrow

Gambar

Tomorrow menjadi rekomendasi lagu BTS berikutnya yang wajib kalian dengarkan. Sebab lagu Tomorrow bisa bikin perasaanmu jadi lebih rileks. Tomorrow dirilis pada tahun 2014 silam. Di mana lagu ini termasuk dalam album Skoll Luc Affair.

Lirik lagu Tomorrow bisa dibilang sangatlah mendalam. Karena Tomorrow memiliki pesan mengenai berbagai persoalan yang kerap menyerang anak muda. Salah satunya rasa tidak percaya diri dan kehidupan monoton mereka. Lagu ini mengajak kalian untuk melawan rasa takut dan menemukan kebahagiaanmu sendiri. Selain itu Tomorrow juga mengandung makna selalu ada harapan di setiap masalah yang terjadi.

5. Reflection

Gambar

Rekomendasi lagu BTS berikutnya adalah Refelction. Lagu ini mengangkat isu mengenai kesehatan mental dengan makna cukup mendalam. Namun lagu Refelction BTS dibawakan secara solo oleh RM yang juga masuk dalam album Wings.

Makna lagu Refelction berpesan mengenai cara untuk bisa menerima diri sendiri secara apa adanya. Baik itu kelebihan atau kekurangan, hendaknya bisa diterima secara apa adanya. Selain itu, Refelction juga menjadi sebuah ungkapan rasa ragu pada diri sendiri di kehidupan yang kini dijalani. Dalam Refelction juga mengandung ungkapan hati mendalam tentang perasaan seseorang yang berusaha mencintai diri sendiri.

6. Blue & Grey

Rekomendasi lagu BTS berikutnya adalah Blue & Grey. Lagu ini juga menjadi bagian dari album Be. Menariknya lagi lagu Blue & Grey merupakan karya dari Taehyung atau V. Lirik lagu Blue & Grey juga sangat mendalam berkisah mengenai rasa kesepian yang dihadapi seseorang.

Dalam setiap liriknya mengandung ungkapan hati seseorang yang membutuhkan teman untuk mengusir rasa sepinya. Selain itu, Blue & Grey menjadi ungkapan hati mereka karena situasi pandemi yakni perasaan terisolasi, sepi, bahkan depresi. Meski begitu liriknya juga bisa memberimu semangat untuk tetap kuat melewati masa-masa berat tersebut.

7. Whalien 52

Gambar

Rekomendasi lagu BTS berikutnya yang juga mengangkat isu mengenai mental health adalah Whalien 52. Lagu ini bagian dari album The Most Beautiful Moment in Life Pt. 2. Di mana lagu Whalien 52, memiliki pesan menyentuh tentang perasaan sepi dan terasingkan.

Makna lagu Whalien 52 digambarkan dengan Paus yang mengeluarkan gelombang suara namun tidak ada yang bisa mendengarkan. Di mana Whalien 52 seolah juga menyiratkan mengenai perjalanan karir BTS sejak awal yang mana belum banyak dikenal publik. Selain itu lagu Whalien 52 juga terinspirasi dari seekor paus yang hanya dapat mengeluarkan gelombang seuara 52 Hz yang dijuluki sebagai the loneliest 52 Hz Whale. Paus tersebut memiliki frekuensi suara berbeda seperti paus pada umumnya. Lagu BTS Whalien 52 tentunya bisa menguatkanmu apabila tengah dalam situasi terasingkan ataupun kesepian.

8. Awake

Rekomendasi lagu BTS berikutnya adalah Awake. Lagu ini dirilis pada 2016 silam dinyanyikan secara solo oleh Seokjin. Dalam lagu Awake mengandung pesan untuk yakin dan percaya diri bisa menggapai mimpi meskipun itu sulit.

Lagu Awake juga mengandung ungkapan keresahan seseorang yang diliputi rasa tidak percaya diri. Walaupun begitu dirinya tetap berjuang keras untuk maju meraih mimpi. Sehingga lagu Awake bisa jadi inspirasi buat menguatkanmu dalam mengejar impian yang belum tercapai.

9. Sea

Gambar

Rekomendasi lagu BTS yang bikin rileks berikutnya adalah Sea. Lagu ini dirilis pada tahun 2017 berada dalam album Love Yourself. Di mana lagu Sea mengandung lirik sangat mendalam tentang perjalanan karir BTS yang tidak luput dari berbagai hambatan.

Salah satunya terdapat dalam lirik Huimangi itneun gosen bandeusi siryeoni itne (di mana ada harapan, pasti ada cobaan). Lagu ini mengandung pesan bahwa ada sejumlah orang yang juga hendak menjatuhkan mimpi mereka untuk sukses sebagai seorang idol.

10. Moonchild

Gambar

Rekomendasi lagu BTS lainnya adalah Moonchild. Lagu ini dirilis tahun 2018 silam yang juga termasuk dalam album Mixtape Mono. Lagu ini mengandung makna mendalam mengenai ungkapan hati seseorang saat mengalami titik terendah dalam hidup.

Dalam lagu tersebut juga bermakna bahwa menangis dan sedih adalah hal yang wajar. Namun perasaan tersebut sebaiknya jangan sampai membuatmu merasa terpuruk terlalu dalam yang justru menyakiti diri sendiri.

11. Magic Shop

Rekomendasi lagu BTS berikutnya adalah Magic Shop. Lagu ini dirilis pada tahun 2018 silam. Di mana lagu ini mengandung makna mendalam yang membuat perasaanmu jadi tenang. Nggak hanya liriknya saja yang mengangkat isu kesehatan mental melainkan juga irama musik lagu Magic Shop sangat enak buat didengar.

Sementara itu pesan mendalam dalam lagu Magic Shop ditunjukkan untuk penggemarnya yang bisa menukarkan rasa sedih mereka dengan sesuatu yang bikin bahagia. Di mana pesan dalam Magic Shop adalah sebuah dukungan antara idol untuk penggemar agar tetap menjalani hidup bahagia. Begitu juga sebaliknya yang mana merepresentasikan hubungan idol dan penggemar yang sangat dekat.

12. The Truth Untold

Gambar

Rekomendasi lagu BTS yang juga mengangkat mengenai mental health adalah The Truth Untold. Lagu ini mengandung pesan agar seseorang bisa menjadi diri mereka sendiri. Hal ini dilakukan untuk mencegah penyesalan yang muncul jika kita tidak menyukai diri sendiri.

Lagu The Truth Untold menyajikan cerita seorang pria yang mencintai perempuan secara diam-diam. Ia memilih memendam perasaannya karena tidak percaya diri terhadap parasnya. Namun cara tersebut justru membuatnya menyesal seumur hidup karena sang pujaan hati sudah meninggal sebelum tahu perasaannya.

Itulah rekomendasi lagu BTS yang bikin rileks serta mengangkat tema mengenai mental health. Ada favorit kalian KLovers?

 

Topik Terkait