Sasaeng Fan Sebarkan Data Pribadi V BTS di YouTube, ARMY Tidak Tinggal Diam

Renisya Satya Putri   | Kamis, 19 Maret 2020 18:48 WIB
Sasaeng Fan Sebarkan Data Pribadi V BTS di YouTube, ARMY Tidak Tinggal Diam

Kapanlagi.com - Pada tanggal 18 Maret 2020, seorang sasaeng fan menyebarkan data pribadi V BTS melalui sebuah video yang diunggah di YouTube. Data pribadi yang disebarkan meliputi foto dan nomor identitas, serta nomor paspor personil BTS tersebut.

Karena data yang disebarkan ditulis dalam bahasa Cina, sasaeng fan ini diduga berasal dari negeri tirai bambu tersebut. Aksi penggemar garis keras yang melampaui batas tersebut membuat ARMY geram.

1 dari 2 halaman

1. Sudah Dihapus

Sudah Dihapus © Instiz
ARMY, sebutan untuk penggemar BTS, beranggapan bahwa menyebarkan data pribadi seorang idola merupakan tindakan yang tidak bertanggung jawab. Selain membuat sang idola tidak nyaman, tindakan tersebut juga bersifat merugikan karena bisa saja disalahgunakan.

Seperti yang dilansir oleh Kstarlive, para ARMY tidak tinggal diam dan dengan kompak melaporkan video data pribadi V yang diunggah oleh sasaeng fan tersebut. Saat ini, video terkait sudah dihapus oleh pihak YouTube.

2 dari 2 halaman

2. Tindakan Merugikan

V bukanlah satu-satunya idola K-Pop yang pernah menjadi korban sasaeng fan. Sebelumnya, data pribadi Chanyeol dan Sehun EXO, Nayeon dan Chaeyoung TWICE, serta para personil NCT juga pernah disebarkan oleh sasaeng fan.

Tidak hanya menyebarkan data pribadi, sasaeng fan terkadang melakukan tindakan ekstrim yang merugikan para idola K-Pop. Sasaeng fan bisa dengan sengaja membobol dan memasang kamera tersembunyi di tempat tinggal idola K-Pop agar bisa lebih dekat dengan mereka.

(kst/rsp)