Sebelum Sistar, 5 Girlband K-Pop Tenar Ini Sudah Duluan Bubar

Wulan Noviarina Anggraini | 25 Mei 2017, 16:15 WIB
Sebelum Sistar, 5 Girlband K-Pop Tenar Ini Sudah Duluan Bubar

Kapanlagi.com - Bubarnya girlband SISTAR membuat banyak fans terkejut dan berduka. Nyaris tak terdengar rumor soal renggangnya hubungan antar personel, girlband yang sudah menelurkan banyak karya ini resmi bubar dan semua personel mengucapkan selamat tinggal pada fans SISTAR, Star1.

Patah hati mendalam yang dialami oleh Star1 saat ini sudah pernah dilalui oleh fans beberapa grup K-Pop tenar berikut. Ada yang bubar karena masalah personal, ada pula yang berniat tidak memperpanjang kontrak dan mengakhiri karir mereka sebagai grup.

Wonder Girls

Wonder Girls bubar tahun 2017 ©favim.comWonder Girls bubar tahun 2017 ©favim.com


Sepuluh tahun bersama-sama, girlband Wonder Girls resmi bubar pada awal tahun 2017 lalu. Semua personel sepakat untuk mengakhiri kontrak mereka sebagai grup tanpa menyebutkan alasan di balik keputusan untuk membubarkan diri.

Smepat tersiar kabar jika Wonder Girls bubar karena kurang perhatian dari JYP Entertainment. Namun pihak JYP menepis rumor ini dengan sebuah video perpisahan yang manis dari Wonder Girls untuk semua fans mereka.

2NE1

2NE1 bubar awal tahun 2016 ©moonROK2NE1 bubar awal tahun 2016 ©moonROK


Bubarnya grup ini diawali dengan keputusan Minzy untuk keluar pada pertengahan tahun 2016. Dan hanya berselang beberapa bulan, akhirnya YG Entertainment mengumumkan bahwa 2NE1 yang menyisakan CL, Park Bom dan Sandara Park bubar.

Banyak yang menuding Park Bom sebagai sosok utama di balik bubarnya grup ini. Kala itu Park Bom sedang mengalami skandal obat-obatan terlarang dan mentalnya sedikit terganggu karena skandal ini. Karena itu YG Entertainment mendukung keputusan 2NE1 untuk membubarkan diri.

KARA

KARA bubar tahun 2016 ©favim.comKARA bubar tahun 2016 ©favim.com


Sembilan tahun bersama, kontrak KARA dengan DSP Media berakhir pada awal 2016 lalu. Pihak agensi memutuskan untuk tidak memperpanjang kerjasama mereka dengan Goo Hara dan kawan-kawan, yang akhirnya membuat grup ini terpaksa dibubarkan.

Meski demikian, Park Gyuri menegaskan bahwa KARA sebenarnya tidak bubar. Meski sekarang mereka di agensi yang berbeda dan bersolo karir, namun masing-masing personel KARA masih saling berhubungan dan tidak menutup kemungkinan untuk bersama lagi meski cukup sulit untuk menemukan waktu yang pas.

4Minute

4Minutes bubar tahun 2016 ©Koreaboo4Minutes bubar tahun 2016 ©Koreaboo


Pertengahan tahun 2016 lalu girlband 4Minute dinyatakan resmi bubar. Cube Entertainment dan member 4Minute sepakat untuk tidak lagi melanjutkan kerjasama mereka sebagai grup, dan empat membernya hengkang dari manajemen, meninggalkan HyunA sendirian.

Ada yang menyebut alasan bubarnya 4Minute adalah lantaran mereka sudah tak laku lagi. Selain itu juga beredar rumor bahwa member 4Minute sudah jengah dengan perlakuan tak adil dari manajemen yang menganakemaskan HyunA.

T-ARA

T-ARA bubar Juni 2017 nanti ©favim.comT-ARA bubar Juni 2017 nanti ©favim.com

Senasib dengan Sistar, girlband T-ARA juga akan resmi membubarkan diri setelah comeback bulan Juni nanti. Keputusan beberapa member untuk tidak memperpanjang kontrak menjadi salah satu penyebab di balik bubarnya girlband ini.

Selain itu juga terjadi berbagai skandal dan masalah di dalam tubuh T-ARA yang semakin menguatkan alasan untuk bubar. Fans masih bisa melihat penampilan mereka sampai bulan Juni nanti, sebelum akhirnya dibubarkan dan masing-masing personel bakal bersolo karir.

Masih ada beberapa grup K-Pop lain yang sudah bubar selain nama-nama tenar di atas. Beberapa bahkan sudah bubar sebelum benar-benar terkenal di Korea Selatan maupun dunia.

(kpl/phi)

Editor:   Wulan Noviarina Anggraini