Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Sederet Fakta Menarik Tentang Bahasa Korea yang Mungkin Belum Kamu Tahu

Senin, 31 Januari 2022 19:21 WIB
Sederet Fakta Menarik Tentang Bahasa Korea yang Mungkin Belum Kamu Tahu
Naskah Hunminjeongum (credit: wikipedia)

Kapanlagi.com - Korea Selatan punya banyak hal yang menjadi daya tarik. Tak terkecuali soal bahasanya. Contoh sederhana, KLovers yang suka nonton drama atau mendengarkan lagu-lagu K-Pop pasti sedikit banyak mengerti Bahasa Korea tanpa harus belajar di lembaga kursus atau sekolah.

Dari situ, ketertarikan mengenal dan mempelajari Bahasa Korea kemudian muncul. Beragam alasan pun jadi alasan pendukung bagi seseorang untuk belajar bahasa asal Negeri Ginseng itu. Misalnya, ingin menyapa idola lewat media sosial, melanjutkan sekolah ke Korea atau mungkin sekedar mencari kesenangan saja.

Nah, tapi kamu tahu nggak sih KLovers, ternyata ada sejumlah fakta menarik tentang Bahasa Korea lho. Mau tahu apa saja? Yuk simak ulasannya berikut ini.

Now that you are AWAKE, it's time for you to wake right now!

Awake

1. Huruf Vokal Lebih Banyak

Fakta menarik pertama tentang Bahasa Korea adalah jumlah hurufnya. Kalau alfabet terdiri dari 26 huruf, hangeul hanya memiliki 24 huruf. Namun ia mempunyai huruf vokal yang lebih banyak yaitu 10. Dan sisanya, yaitu 14 huruf yang lain adalah konsonan.

Karena jumlah hurufnya yang nggak banyak, dilansir dari Hellokpop.com, kamu hanya membutuhkan waktu kurang lebih 90 menit untuk menguasai Bahasa Korea lho KLovers. Tapi belajarnya juga harus yang serius ya.

2. Dialek Daerah

Masih dikutip dari sumber yang sama, ternyata ada lebih dari 80 juta orang di dunia yang berbicara menggunakan Bahasa Korea. Misalnya saja di China, Jepang, Rusia bahkan Amerika, ada banyak masyarakat yang menggunakan Bahasa Korea dalam kesehariannya.

Mirip seperti di Indonesia yang punya bahasa daerah, Korea juga memiliki beragam dialek daerah yang berbeda banget dengan Bahasa Nasionalnya. Bahasa yang digunakan masyarakat Seoul bisa dibilang sebagai 'bahasa standart' Korea yang sering muncul di televisi.

Nggak jarang orang-orang berada di Seoul mengalami kesulitan dalam memahami dialek yang diucapkan orang-orang dari daerah lain seperti Busan misalnya.

3. Banyak Kata Serapan

Ternyata Bahasa Korea juga memiliki banyak kata serapan lho KLovers. Contoh yang sering kita dengar adalah otobai (sepeda motor) yang asal katanya dari Bahasa Inggris.

Tapi kata-kata serapan dalam Bahasa Korea tersebut nggak cuma berasal dari Bahasa Inggris saja. Misalnya, bbang (roti) yang ternyata berasal dari Bahasa Portugis.

Fakta menarik lain adalah Bahasa Korea memiliki 2 sistem perhitungan. Yaitu untuk menyebut angka dan satu lagi untuk menghitung. Hal ini kadang membuat orang-orang yang sedang belajar Bahasa Korea bingung soal kata mana yang tepat untuk menyebut angka dan menghitung.

 

Topik Terkait