Sederet Gangguan Mental yang Diderita Sulli, Membuatnya Depresi Parah & Bunuh Diri

Ayu Srikhandi | Rabu, 16 Oktober 2019 15:15 WIB
Sederet Gangguan Mental yang Diderita Sulli, Membuatnya Depresi Parah & Bunuh Diri

Kapanlagi.com - Kematian Sulli masih menyisakan duka yang mendalam bagi banyak orang. Seperti yang diketahui, mendiang artis yang bernaung di SM Entertainment ini sudah mengungkap soal penyakit mentalnya yang berakhir jadi depresi parah sejak beberapa tahun belakangan.

Sulli pada akhirnya memilih menyerah bergelut dengan penyakitnya selama ini. Artis 25 tahun ini ditemukan meninggal dunia di rumahnya oleh manager, Senin (14/10/2019). Berikut sederet penyakit mental yang diungkapkan diderita Sulli sampai menderita depresi berat.

1 dari 5 halaman

1. Social Phobia

Social Phobia © credit as tagged
Dalam reality show Jinri's Store, Sulli mengungkapkan gangguan mental yang selama ini diderita olehnya. Salah satunya adalah social phobia atau yang dalam istilah medis disebut gangguan kecemasan sosial (social anxiety disorder).

Orang yang mengidap phobia social mengalami kecemasan luar biasa saat tampil di depan publik atau jadi pusat perhatian. Tak terbayangkan bagaimana Sulli harus menyembunyikan phobia socialnya sedangkan dia merupakan seorang public figure.

2 dari 5 halaman

2. Gangguan Panik

Gangguan Panik
Dalam acara yang sama, Sulli juga membahas kalau sejak kecil sudah menderita panic disorder. Bintang satu ini memang sudah terjun ke dunia entertainment sejak masih sekolah dasar dengan jadi trainee di SM Entertainment dan ibunya juga mendaftarkan Sulli ke sekolah akting sejak masih kecil.

"Aku menderita panic disorder (gangguan panik) sejak masih kecil. Pernah satu kali beberapa teman dekat meninggalkanku... Orang-orang melukaiku, jadi semua rasanya hancur. Aku merasa tidak punya siapa-siapa di sisiku atau yang mengerti aku. Itu lah kenapa aku benar-benar hancur," ungkap Sulli.

3 dari 5 halaman

3. Gangguan Cemas

Gangguan Cemas © credit as tagged
Orang yang menderita gangguan panik biasanya diikuti gangguan cemas (anxiety disorder), begitu pula dengan Sulli. Seorang sahabat mengungkapkan kalau sejak membintangi REPLY NIGHT, gangguan cemasnya semakin parah.

"Gangguan cemasnya semakin buruk belakangan ini jadi kita merasa khawatir," ungkap seorang teman Sulli seperti yang dilansir Koreaboo.

4 dari 5 halaman

4. Mood Swing

Mood Swing Sulli © Instagram.com/jelly_jilli
REPLY NIGHT yang dibintangi Sulli merupakan talk show yang membahas komentar-komentar pedas dari netizen. Karena eks member f(x) ini juga merupakan korban bully netizen, ada kemungkinan acara JTBC ini sedikit banyak membawa pengaruh pada kesehatan mentalnya.

Sahabat Sulli ini membocorkan kalau Sulli berencana keluar dari REPLY NIGHT, apalagi karena mood swings sang artis cukup parah. "Sulli mengalami mood swings yang begitu parah," jelas sumber yang diungkapkan sebagai sahabat Sulli.

5 dari 5 halaman

5. Depresi Parah

Depresi Parah Sulli © Instagram.com/jelly_jilli
Semua gangguan mental yang sudah diderita Sulli berakhir membuatnya mengalami depresi. Kesehatan mental bintang bernama asli Choi Jin Ri tersebut semakin buruk dengan banyaknya komentar dan kritikan pedas netizen Korea yang ditujukan padanya.

"Aku merasa hidupku hampa, jadi aku merasa menipu orang-orang dengan berpura-pura bahagia di luar," ungkap Sulli dalam siaran REPLY NIGHT yang tayang 4 Oktober 2019 lalu.

Sayangnya, meski sudah berkali-kali mengungkapkan soal depresi yang dideritanya, curhatan Sulli justru hanya bahan ejekan netizen Korea.

Pemakaman mendiang Sulli sendiri dilakukan secara tertutup, hanya boleh dihadiri keluarga dan teman. Lewat agensi, keluarga meminta agar fans dan media membiarkan orang terdekat bersama Sulli dengan tenang.

(kpl/jje)


Editor:  

Ayu Srikhandi

↑