Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Sejak Cover Lagu Suho EXO Sampai Day6, Rian D'Masiv Banyak Belajar dari Industri K-Pop

Gogor Subyakto   | Senin, 27 Juli 2020 09:16 WIB
Sejak Cover Lagu Suho EXO Sampai Day6, Rian D'Masiv Banyak Belajar dari Industri K-Pop
Rian D'Masiv. © KapanLagi.com

Kapanlagi.com - Sejak mencover lagu-lagu K-Pop mulai dari EXO hingga DAY6, Rian D Masiv makin menyukai musik K-Pop. Selain itu banyak pelajaran yang diambil Rian dari industri K-Pop itu sendiri.

"Yang aku pelajari dari K-Pop mereka nggak sembarangan menciptakan artis. Jadi nggak yang asal instan. Istilahnya mereka sudah disiapkan dari usia yang muda sekali. Bahkan dari kecil sudah dimasukin ke sebuah manajemen," ujar Rian saat menjadi bintang tamu di KapanLagi Korean Festival Day 2, Minggu (26/7).

"Mereka benar-benar mikirin packaging, cover albumnya mereka pikirin, imej mereka, fashionnya sampai video klip mereka pikirin banget," lanjutnya.

1. Wajar K-Pop Mendunia

Karena sistem kerja dan keseriusan sebuah agensi mencetak seorang bintang, tak heran bila sekarang artisnya dan musik K-Pop bisa mendunia.

"Makanya kenapa akhirnya mereka sangat dihargai oleh banyak fans karena memang mereka mempersiapkan itu dengan sangat super serius. Jadi ya nggak aneh kalau mereka bisa sampai didengar oleh semua penikmat musik di dunia," papar Rian.

2. Musik Adalah Bahasa Universal

Gambar

Walaupun banyak juga orang yang tidak mengerti arti dari lagu-lagu tersebut. Tapi itulah menariknya dari musik K-Pop. Menurut Rian musik adalah bahasa universal yang bisa dinikmati semua orang tanpa harus tahu artinya. Hal itu pun dirasakan oleh Rian saat mendengarkan lagu K-Pop.

"Walaupun banyak juga yang nggak ngerti arti lagu bahasa Korea. Tapi kalau buat aku musik adalah bahasa universal jadi tanpa kita mengerti liriknya atau artinya pun bisa sampai ke kita," ungkapnya.

"Kayak contoh aku dengerin lagu Kim Bum Soo yang Bogoshipda saat itu. Aku tuh benar-benar terenyuh dengar lagunya padahal aku nggak ngerti artinya. Itulah bahasa universal dari musik. Jadi kita tidak perlu tahu artinya tapi hanya mendengarkan alunan nadanya atau suara si penyanyinya itu bisa sampai masuk ke dalam hati," pungkas Rian.

Reporter:   Nuzulur Rakhmah