Sejarah Hanbok, Dirancang Pada Masa Kerajaan Goguryeo hingga Dibuat Modern Style ala K-Pop Idol

Mita Anandayu   | Senin, 11 Januari 2021 09:35 WIB
Sejarah Hanbok, Dirancang Pada Masa Kerajaan Goguryeo hingga Dibuat Modern Style ala K-Pop Idol
Hanbok - Kang Daniel & Zico memakai Hanbok modern © theculturetrip.com - Pepsi X Startship Project

Kapanlagi.com - Siapa yang terhipnotis dengan keindahan Hanbok, baju tradisional Korea? Baju tradisional ini sering kali dilihat saat nonton drama sageuk (historical drama). Meski begitu, saat ini Hanbok juga sudah dikenal siapapun seiring dengan gaung K-Pop yang makin dikenal dunia.

Hanbok punya garis-garis unik yang bikin siapapun yang memakai jadi terlihat begitu anggun nan cantik. Bahkan Hanbok juga paling bagus saat pemakainya sedang bergerak. Hanbok memiliki desain yang kreatif dan ekspresif.

1. Desain Hanbok

Mengenal Hanbok lebih dalam lagi, kita harus tahu tentang ciri yang dimiliki baju tradisional yang umumnya memiliki warna cerah ini. Warna-warna ini memberikan makna yang mendalam dan penuh dengan kekayaan pada Hanbok yang tidak biasa ditemukan dari pewarna buatan.

Bentuknya memiliki atasan ramping dan bagian bawah yang lebar, mirip dengan bel. Baju luaran juga harus ketat dan pas dengan roknya. Luaran yang pas ini mencerminkan bentuk tubuh bagian atas secara menarik. Rok yang lebar dan lentur menyanjung keanggunan pemakainya dengan menyembunyikan gerakan-gerakan tubuh bagian bawah, sehingga pemakainya tampak seperti melayang di udara.

2. Dulunya Dipakai Setiap Hari

Satu set lengkap hanbok untuk pria terdiri dari rompi, jeogori (luaran atas), dan celana, sedangkan untuk wanita termasuk jeogori, kaos dalam, rok, dan pantalon. Pakaian gaya dinasti Joseon ini biasa dipakai secara formal atau perayaan dan festival tradisional, termasuk saat upacara pernikahan dan pemakaman. Sedangkan anak-anak biasa memakai Hanbok dalam perayaan Chuseok atau Seollal, serta ulang tahun pertama mereka yakni perayaan Doljanchi.

Hanbok sebenarnya merupakan pakaian yang dipakai setiap hari oleh orang Korea hingga 100 tahun yang lalu. Hanbok hadir dalam berbagai bentuk dan warna, mencerminkan budaya dan gaya hidup pada masanya.

3. Sejarah Hanbok

Struktur Hanbok khususnya jeogeori, celana, dan rok pada awalnya dirancang untuk memudahkan pergerakan di masa Kerajaan Goguryeo (37 SM - 668 M). Bahkan hingga saat ini desainnya pun relatif tidak berubah. Hal ini dibuktikan dari lukisan pada situs makan Goguryeo yang menggambarkan seorang laki-laki dan wanita memakai celana panjang yang ketat dan baju sepinggang.

Akan tetapi, pada masa Dinasti Joseon, jeogori wanita secara perlahan menjadi ketat dan diperpendek. Pada abad ke-16, jeogori agak menggelembung dan panjangnya mencapai di bawah pinggang. Namun pada akhir abad ke-19, Daewon-gun memperkenalkan Magoja, jaket bergaya Manchu yang sering dipakai hingga saat ini. Sedangkan chima atau rok dibuat panjang.

Kang Daniel dan Zico menggunakan Hanbok dalam MV single kolaborasi mereka. © Pepsi X Startship ProjectKang Daniel dan Zico menggunakan Hanbok dalam MV single kolaborasi mereka. © Pepsi X Startship Project

Kecintaan orang Korea dengan Hanbok dibuktikan juga dengan mengenakan Hanbok yang dimodifikasi sehingga bisa dipakai sehari-hari. Agar semakin dikenal dunia, beberapa K-Pop idol pun juga memakai Hanbok di penampilan mereka, seperti BLACKPINK, Suga BTS, VIXX, OH MY GIRL, Kang Daniel, Zico, hingga SUPERM. Siapa yang juga suka dengan desain Hanbok?

Editor:   Mita Anandayu