Terlibat Skandal - Kontroversi, 4 Aktor Ini Buktikan Kapan Karya Bicara

Mita Anandayu | 31 Januari 2018, 16:05 WIB
Terlibat Skandal - Kontroversi, 4 Aktor Ini Buktikan Kapan Karya Bicara

Kapanlagi.com - Ketika seorang publik figur harus disorot karena terlibat kontroversi ataupun skandal di masa lalunya, maka seketika itu juga akan terpengaruh pada karirnya. Banyak dari mereka yang harus merasakan karirnya jatuh dan merasa terpuruk karena sudah tak diterima lagi oleh penggemarnya.

Beberapa aktor ini juga sempat terlibat kontroversi, dan mencoreng image mereka. Bahkan beberapa dari mereka juga harus meminta maaf di depan publik atas kontroversi tersebut. Namun, aktor-aktor papan atas ini buktikan bahwa karya merekalah yang berbicara.

1. Joo Ji Hoon

Debut sebagai seorang model di tahun 2003 membawa Joo Ji Hoon akhirnya juga terjun di dunia akting lewat drama Old Love. Tahun 2006 lewat drama komedi romantis Princess Hours menjadikannya dikenal tidak hanya di Korea namun juga secara internasional. Ia pun juga memenangkan kategori Best New Actor dalam ajang penghargaan MBC Drama Awards bersama dengan lawan mainnya Yoo Eun Hye.

Namun di tengah namanya yang sedang melambung, Joo Ji Hun harus ditahan oleh pihak kepolisian Seoul karena tersandung kasus narkoba. Ia di tahan bersama dengan 15 orang lainnya karena kepemilikan ekstasi. Aktor berusia 35 tahun itu dipenjara selama 6 bulan. Keluar dari tahanan, mantan pacar Gain member Brown Eyed Girls tersebut memilih menjalani wajib militer.

Joo Ji Hoon bersama Ha Jung Woo dan Kim Hyang Gi dalam film ALONG WITH THE GODS (credit: nytimes.com)Joo Ji Hoon bersama Ha Jung Woo dan Kim Hyang Gi dalam film ALONG WITH THE GODS (credit: nytimes.com)

Setelah menyelesaikan wajib militernya, Joo Ji Hoon pun aktif membintangiberbagai film salah satunya debut filmnya di China dengan judul LOVE SUSPICION. Film-film produksi Korea seperti CONFESSION, THE TREACHEROUS, dan ASURA: THE CITY OF MADNESS pun juga berhasil menjadi box office di Korea.

Bakat aktingnya pun ia tunjukkan dalam film terbaru berjudul ALONG WITH THE GODS: THE TWO WORLDS bersama aktor papan atas lainnya yaitu Ha Jung Woo dan Cha Tae Hyun. Film yang dirilis pada 20 Desember 2017 lalu itu berhasil menarik 10 juta penonton dalam waktu 15 hari saja dan menjadikan film terlaris nomor tiga di Korea.

Joo Ji Hoon mendapat penghargaan Excellence Actor Award di tahun 2015 (credit: SBS)Joo Ji Hoon mendapat penghargaan Excellence Actor Award di tahun 2015 (credit: SBS)

Joo Ji Hoon membuktikan diri lewat akting dan berhasil meraih berbagai penghargaan di antaranya untuk kategori Popular Star Award, Top 10 Star Award, Popular Film Star Award, dan masih banyak lagi.

2. Park Si Hoo

Aktor Park Si Hoo yang dikenal lewat perannya di Iljimae sempat tersandung skandal seksual. Seorang wanita mengatakan bahwa sang aktor memperkosanya di apartemen aktor yang debut di tahun 1997 tersebut. Kasus ini muncul ke publik pada tahun 2013. Lain halnya dengan Park Si Hoo yang menyangkal bahwa dirinya telah memperkosa perempuan yang diketahui berusia 22 tahun itu. Park Si Hoo membenarkan ia bersama dengan perempuan tersebut namun tidak memperkosanya. Kasus ini ditutup karena permintaan sang korban tanpa adanya alasan yang jelas.

Sebelumnya Park Si Hoo dikenal sebagai aktor dengan kemampuan akting yang patut diacungi jempol. Hal ini dibuktikan lewat aktingnya dalam drama dan film yang pernah dibintanginya beberapa di antaranya THE PRINCESS' MAN, CHEONGDAMDONG ALICE dan CONFESSION OF MURDER. Park Si Hoo juga membuktikan diri dengan meraih penghargaan untuk kategori Excellence Actor, dan Top Excellence Actor.

Park Si Hoo dalam drama Neighborhood Hero. (credit: Allkpop)Park Si Hoo dalam drama Neighborhood Hero. (credit: Allkpop)

Pasca skandal tersebut merebak, Park Si Hoo sempat menjadi pemeran utama dalam drama Golden Cross, namun sayangnya pihak stasiun televisi dan Corea Entertainment Management Association mengatakan bahwa Park Si Hoo butuh waktu untuk kembali berakting di negaranya. Park Si Hoo pun memutuskan untuk membintangi film produksi China dan Jepang.

Dua tahun pasca skandal tersebut, Park Si Hoo kembali membintangi drama Korea berjudul Neighborhood Hero. Sang aktor juga meminta maaf kepada publik atas kontroversi yang terjadi. Tak hanya itu, beberapa bulan setelahnya aktor berusia 39 tahun itu pun juga kembali meminta maaf sambil membungkuk kepada publik saat melakukan konferensi pers untuk drama My Golden Life. Lewat drama yang tayang di stasiun TV KBS itu lah Park Si Hoo mendapatkan penghargaan untuk kategori Excellence Award dan Best Couple sebagai pembuktian diri.

Park Si Hoo meminta maaf kepada publik atas kontroversinya di masa lalu (credit: Soompi)Park Si Hoo meminta maaf kepada publik atas kontroversinya di masa lalu (credit: Soompi)

3. Park Bo Gum

Aktor muda berbakat, Park Bo Gum beberapa waktu lalu sempat memposting ajakan doa bersama yang digelar bersama jemaat di Gerejanya, Jesus Centered Church. Postingan ini menjadi sorotan warga Korea sebab gereja tersebut dianggap menyimpang oleh hampir semua organisasi Kristen di Korea. Aktor berusia 24 tahun itu sendiri tidak menyangkal kalau ia memang jemaat di sana.

Postingan twitter Park Bo Gum yang menjadi kontroversi (credit: Twitter/BOGUMMY)Postingan twitter Park Bo Gum yang menjadi kontroversi (credit: Twitter/BOGUMMY)

Kontroversi tentang penyimpangan dan hubungan dengan mantan Presiden Korea Park Geun Hye yang terlibat korupsi dan penyelewengan, gereja ini terus mendapat kritikan. Namun dengan tegas Park Bo Gum yakin akan kepercayaannya.

Karena kontroversi ini, image Park Bo Gum yang tengah berada di puncak sedikit tercoreng. Meski begitu, sang aktor tetap membuktikan diri lewat aktingnya dalam berbagai drama dan film.

Park Bo Gum debut tahun 2011 lewat film BLIND. Namanya melambung lewat drama berjudul Bridal Mask yang kemudian membawanya membintangi berbagai karakter dalam drama ataupun film di antaranya A HARD DAY, COIN LOCKER GIRL, HELLO MONSTER, REPLY 1988, serta LOVE IN THE MOONLIGHT.

Park Bo Gum (credit: XPN)Park Bo Gum (credit: XPN)

Berkat berbagai karakter yang dibintangi dan kemampuannya berakting inilah membawa Park Bo Gum mendapatkan penghargaan sebagai Most Popular Actor, Outstanding Korean Actorm Top Excellence Actor, Special Achievement Award dan masih banyak lagi. Tak hanya itu, ia juga berbakat dalam bernyanyi, bermain musik, dan menjadi pembawa acara. Bahkan Park Bo Gum juga dikenal sebagai aktor dengan sifat yang rendah hati dan sopan di kalangan aktor dan fans. Inilah sebagai pembuktian diri bahkan pasca kontroversi yang melibatkan namanya.

4. Lee Byung Hun

Debut di drama Asphalt My Hometown di tahun 1991, Lee Byung Hun jadi sorotan karena aktingnya. Hingga kemudian debut filmnya yang berjudul JOINT SECURITY AREA melambungkan namanya dan memenangkan penghargaan untuk kategori Best Actor di Busan Film Critics Awards.

Di situlah, aktor berusia 47 tahun itu membintangi deretan drama yang meraih rating tinggi, seperti All In dan Iris di tahun 2000an yang juga menjadi salah satu dampak bagi berkembangnya Hallyu Wave. Tak lain halnya dengan film Masquerade yang berada di urutan nomer 7 untuk film yang melampaui 10 juta penonton dalam sejarah perfilman Korea Selatan.

Tak berhenti sampai di situ, suami dari aktris Lee Min Jung ini menjadi aktor Korea pertama yang debut di film Hollywood, G.I. JOE: THE RISE OF COBRA dan sekuel G.I. JOE: RETALIATION bersama dengan aktor senior Ahn Sung Ki. Setelah kesuksesan tersebut, Lee Byung Hun kembali membintangi film Hollywood berjudul RED dan RED 2 bareng Bruce Willis dan Catherine Zeta-Jones.

Lee Byung Hun dalam film Hollywood berjudul RED 2 (credit: Soompi)Lee Byung Hun dalam film Hollywood berjudul RED 2 (credit: Soompi)

Kepiawaian aktingnya tersebut, menjadikan Lee Byung Hun sebagai aktor papan atas di Korea Selatan. Berbagai penghargaan pun ia dapatkan tak hanya di Korea namun juga di Asia, diantaranya Best Actor in Asia untuk Tokyo Drama Awards, Best Asian Influential International Actor di China Music Awards and Asian Influential Awards, dan 10 Best International Actors of The Decade (Asia) pada Green Planet Movie Awards.

Namun di tahun 2013, Lee Byung Hun harus tersandung skandal sex-chat. Dua perempuan bernama Dahee yang merupakan mantan personil girlgroup GLAM dan seorang model bernama Lee Ji Yeon mengaku memiliki sebuah rekaman video saat mereka tengah bersama Lee Byung Hoon saat percakapan tak pantas tersebut dilakukan.

Kasus tersebut pun langsung ramai dibicarakan dikarenakan saat itu Lee Byung Hun baru saja menikah dengan Lee Min Jung. Pihak kepolisian pun menyelidiki skandal sang aktor. Pada masa penyelidikan tersebut, sebuah film berjudul MEMORIES OF THE SWORD yang harusnya rilis di tahun 2014 terpaksa harus ditunda karena skandalnya.

Lee Byung Hun menjadi aktor Korea papan atas hingga saat ini (credit: Chosun.com)Lee Byung Hun menjadi aktor Korea papan atas hingga saat ini (credit: Chosun.com)

Di bulan September 2014, kasus ini pun berakhir dengan pidana kedua perempuan yang ternyata memeras sang aktor. Dahee dan Lee Ji Yeon dipenjara selama dua tahun dua bulan karena tidak dapat membuktikan video yang dimaksud. Kontroversi ini pun membuat Lee Byung Hun meminta maaf kepada sang istri di depan awak media.

Pasca skandal tersebut, Lee Byung Hun sibuk aktif di Hollywood. Ia bermain dalam film TERMINATOR GENISYS bareng Arnold Schwarzenegger. Berlanjut ke tahun 2016 dengan film thriller MISCONDUCT, dan THE MAGNIFICENT SEVEN. Bapak satu anak ini juga menjadi aktor Korea pertama yang diundang ke ajang penghargaan Oscar.

Saat kembali ke Korea, Lee Byung Hun membintangi film MASTER, THE FORTRESS, dan KEYS TO THE HEART. Keempat film ini pun menjadi box office hit di Korea. Di mana film MASTER menduduki peringkat 11 sebagai film paling laris tahun 2016 di Korea berkat aktingnya yang memukau.

Skandal serta kontroversi yang sempat melibatkan nama mereka menjadikan keempat aktor ini membuktikan diri lewat karya yang mereka persembahkan kepada para penggemarnya. Dengan rating yang tinggi, dan berbagai penghargaan yang diraih, ini menunjukkan bahwa karyalah yang akan berbicara. 

(kpl/mit)

Editor:  

Mita Anandayu