ADVERTORIAL

Sensasi Makan Daging Panggang Ala Warung Kaki Lima Korea Sambil Nonton Drakor Yuk

Iwan Tantomi | 21 Oktober 2019, 08:19 WIB
Sensasi Makan Daging Panggang Ala Warung Kaki Lima Korea Sambil Nonton Drakor Yuk

Kapanlagi.com - Adegan makan-makan ala drama Korea memang selalu sukses bikin ngiler. Apalagi kalau sudah menemukan menu barbeque alias bakar-bakaran. Nggak heran jika banyak dari kamu yang penasaran, selezat apa sih cita rasa yang sesungguhnya? Biar nggak hanya bisa ngiler sambil nonton, nggak ada salahnya nih kamu cobain sendiri sensasi makan daging panggang ala warung kaki lima di Korea sambil nonton drakor kesayangan.  

Persiapkan Alat Pemanggangnya

Kalau nggak punya alat panggangan ala resto yang diletakkan di atas meja, ganti saja dengan kompor berbahan gas atau panggangan listrik. Tips lainnya, contek cara orang Korea yang sering mengadakan BBQ party di rumah dengan menutup meja tempat kompor dengan koran, sehingga lebih mudah untuk membersihkan cipratan lemak dari daging yang dipanggang.

Siapkan Daging dan Pelengkapnya

Bintang utama untuk hidangan barbeque ala Korea adalah daging mentah yang kaya rasa atau dimarinasi sebelumnya. Pilih jenis daging sesuai dengan kesukaan atau bujetmu, seperti bulgogi yang terbuat dari daging sirloin atau tenderloin yang dibumbui kecap dan soe-galbi atau iga sapi kecap.

Biar pengalaman menikmati Korean BBQ makin lengkap, sediakan banchan atau piring-piring kecil berisi lauk pendamping aneka warna. Mulai dari kimchi, salad daun bawang atau pajeori, irisan acar bawang, acar lobak, hingga bayam dan tauge rebus.

Kuasai Cara Memanggang yang Tepat

Nyalakan pemanggangnya dan tunggu hingga permukaan wajan atau plat besinya panas. Oleskan mentega di atasnya untuk meningkatkan citarasa dan mencegah daging jadi lengket. Lalu tata daging di atasnya, jangan terlalu banyak agar bisa matang dengan merata. Perhatikan daging yang sedang dipanggang agar nggak sampai gosong atau mengeluarkan asap ke mana-mana.

Cari Tahu Cara Makan Korean BBQ yang Nikmat

Orang Korea punya kebiasaan menikmati barbeque dengan cara wrapping yang dikenal dengan nama ssam atau ssambap. Untuk membuatnya, ambil daun selada dan potong sesuai ukuran telapak tangan.

Masukkan satu potong daging ke atas selada lalu tambahkan beberapa bawang putih panggang, daun bawang dan saus ssamjang. Bungkus menjadi bola kecil dan nikmati dalam satu gigitan. Isiannya pun bisa divariasi dengan menambahkan sedikit nasi, lauk pendamping, dan minyak wijen.

Biar sensasi bersantap daging panggang kian mirip dengan yang ada di Korea, coba gunakan kompor portable lengkap dengan Bright Gas Can 220gr yang bisa dimanfaatkan untuk memasak di rumah. Tapi jika nggak memiliki alat masak seperti yang ada di restoran atau warung kaki lima Korea, gunakan saja alat dapur yang ada.

Bukan hanya mempersiapkan kompor dan pemanggangnya saja, pastikan sudah terpasang Bright Gas 5,5 atau 12 kg yang terjamin keamanannya. Dilengkapi dengan teknologi Double Spindle Valve System sehingga dua kali terjamin keamanannya dari risiko kebocoran gas. Saat satu katup bocor, masih ada katup lain untuk menjamin keamanan tabung supaya nggak bocor dan membahayakan si pemilik.

Selain masalah keamanan, keaslian tabung pun terjamin dengan adanya segel hologram yang dilengkapi OCS alias Optical Color Switch yang nggak mudah dipalsukan. Kehadiran QR Code pada tabung juga membuatnya bisa dipindai dengan smartphone untuk mengetahui informasi lokasi SPB(P)BE di mana tabung tersebut diisi.

Asyiknya lagi, kamu juga bisa memanfaatkan layanan pesan antar Pertamina Call Center 135 kalau nggak mau repot membeli gas. Yuk, update info dan promo menarik lainnya lewat akun media sosial @brightgas!

 

(kly/tmi)

Editor:  

Iwan Tantomi

TOPIK TERKAIT