Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Seungri Dijatuhi Hukuman Penjara 3 Tahun dan Denda Miliaran Rupiah, Begini Detailnya

Kamis, 12 Agustus 2021 22:00 WIB
Seungri Dijatuhi Hukuman Penjara 3 Tahun dan Denda Miliaran Rupiah, Begini Detailnya
Seungri © TPG Images

Kapanlagi.com - Kasus yang menjerat Seungri akhirnya mencapai putusan akhir. Dalam laporan terbarunya, SBS News mengabarkan bahwa bahwa eks personel BIG BANG tersebut dijatuhi hukuman 3 tahun penjara. Tidak hanya itu, Seungri juga didenda dengan total 1,1 miliar won (sekitar Rp 13 miliar).

Pada sidang yang digelar pada Kamis (12/8), Pengadilan Militer di Yongin menggelar persidangan untuk Seungri yang dituntut atas 9 dakwaan, antara lain pengadaan dan mediasi prostitusi, penggelapan dana dan pendapatan usaha, percobaan pemusnahan barang bukti, pendistribusian konten film ilegal, merekam konten film ilegal, perjudian ilegal, dan pelanggaran undang-undang sanitasi makanan.

Meskipun Seungri telah menyangkal sebagian besar tuduhan yang ditujukan padanya, jaksa penuntut dan polisi yang melakukan investigasi tetap menolak. Pasalnya, Seungri terus membolak-balikkan pernyataannya. Inkonsistensi dan persuasi tersebut berujung pada pengakuan atas semua 9 tuduhan yang diajukan terhadap Seungri.

Menurut Pasal 137 di bawah Undang-Undang dinas Militer, jika seorang prajurit (wajib militer) yang saat ini sedang bertugas divonis lebih dari satu setengah tahun penjara, maka akan dialihkan menjadi tenaga kerja masa perang.

1. Awal Mula Kasus

Gambar

Seperti diketahui, Seungri telah menjalani kasus pengadilan yang panjang selama lebih dari 2 tahun sejak berita skandal Burning Sun. Kasus ini bermula pada 2019, di mana Seungri dinobatkan sebagai salah satu tokoh kunci.

Seungri kemudian mengakhiri kontrak eksklusifnya dengan YG Entertainment dan mengundurkan diri dari BIGBANG. Dia pertama kali diadili tanpa penahanan pada awal 2020 karena tidak ada kekhawatiran untuk melarikan diri atau menyembunyikan bukti.

Namun, setelahnya Seungri menjalani wajib militer yang menyebabkan kontroversi. Pasalnya, banyak yang menyebut Seungri melarikan diri dari investigasi dengan ikut wamil.

Kasus ini pun berlanjut di pengadilan militer. Meskipun Seungri menyangkal sebagian besar tuduhan selama 24 persidangan yang terjadi selama 2 tahun, jaksa penuntut tetap menolak pernyataannya.

2. Awalnya Dituntut 5 Tahun Penjara

Penuntut melaporkan bahwa Seungri menyalahkan orang lain terlepas dari posisinya sebagai penerima manfaat utama dari kejahatan tersebut selama bertahun-tahun. Oleh karena itu, pengadilan pada awalnya menuntut hukuman yang tegas, yakni penjara 5 tahun dan denda dua kali lipat dari putusan akhir.

Namun, setelah mempertimbangkan bahwa Seungri tidak memiliki atasan. Ditambah lagi, pemegang saham terbesar telah meminta bagian dari keuntungan terlebih dahulu sehingga semua orang mendapat bagian.

Ditambah lagi, tidak ada kerugian lain yang disebabkan oleh dividen. Oleh karena itu, pengadilan akhirnya menjatuhkan hukuman selama 3 tahun kepada Seungri.

Stay tune terus untuk update kabar terbarunya ya KLovers!