Siap Obati Kerinduan Fans, 11 Idol K-Pop Ini Akan Selesai Wamil di Akhir 2020

Nurul Wahida   | Kamis, 21 Mei 2020 11:44 WIB
Siap Obati Kerinduan Fans, 11 Idol K-Pop Ini Akan Selesai Wamil di Akhir 2020

Kapanlagi.com - Untuk seorang penggemar idol K-pop menantikan idola mereka kembali aktif di atas panggung tentu saja menjadi momen yang sangat ditunggu. Terlebih ketika idol K-Pop tersebut sedang melaksanakan wamil yang membutuhkan waktu tak sebentar. Sederet idol K-Pop ini dikabarkan akan menyelesaikan masa wamil di pertengahan dan akhir tahun 2020.

Seperti diketahui di Korea Selatan setiap pemuda yang berusia 18 hingga 30 tahun yang sehat secara fisik wajib mengikuti pelatihan militer atau disebut wajib militer (wamil). Tak terkecuali bagi para idol K-Pop yang diwajibkan mengikuti pelatihan militer tersebut.

Rata-rata waktu wajib militer yang dilalui berkisar antara 21 bulan hingga 26 bulan. Di mana durasi tersebut tergantung dari penempatan setiap peserta baik di Angkatan Darat, Angkatan Udara, dan Angkatan Laut.

Waktu yang cukup lama tersebut tentunya membuat para penggemar idol K-Pop merindukan idola mereka. Sehingga momen selesainya wamil para idol K-Pop sangat dinantikan para fans. Namun ada kabar gembira untuk para penggemar K-Pop, sebab sederet idol K-Pop di bawah ini akan segera menyelesaikan masa tugasnya.

Penasaran siapa saja mereka? Langsung saja simak beberapa ulasan mengenai 11 idol K-Pop yang bakal selesai wamil di pertengahan hingga akhir tahun 2020 mendatang.

 

1 dari 11 halaman

1. Xiumin EXO

Xiumin EXO (credit: Instagram.com/e_xiu_o/)
Kabar gembira bagi para EXO-L karena Xiumin EXO diperkirakan bakal menyelesaikan masa tugasnya di akhir tahun ini tepatnya pada bulan Desember 2020. Seperti yang diketahui Xiumin telah berangkat wamil sejak tahun 2019 dan meninggalkan dunia hiburan sementara waktu.

Keberangkatan Xiumin untuk wamil tersebut sangat dirindukan penggemarnya tak terkecuali para member EXO. Xiumin diketahui masuk dalam pasukan khusus kepolisian Korea Selatan yang ditempatkan di zona demiliterisasi Korea Utara dan Korea Selatan. Namun sebentar lagi mereka bakal mengobati kerinduan dengan masa tugas Xiumin yang segera berakhir.

2 dari 11 halaman

2. Minho SHINee

Minho SHINee (credit: Instagram.com/shinee/)
Minho SHINee yang diketahui berangkat wamil pada tahun 2019, ia juga diperkirakan selesai tugas di bulan November 2020. Pemilik nama Choi Minho ini masuk ke pusat pelatihan Korps Marinir Korea Selatan di Pohang.

Momen kelulusannya menjadi yang ditunggu rekan dan para fans, sebab Minho merupakan idol S.M Entertainment yang masuk dalam Angkatan Laut. Pastinya para fans sudah tidak sabar menunggu idola mereka kembali ke atas panggung hiburan.

3 dari 11 halaman

3. Onew SHINee

Onew SHINee (credit: Instagram.com/dlstmxkakwldrl/)
Onew SHINee juga telah berangkat wamil pada akhir tahun 2018. Onew menjadi member pertama SHINee yang pergi untuk wamil. Berangkat dua tahun lalu, tentunya Onew akan selesai wamil lebih awal dibanding kedua rekannya yakni Minho dan Key. Diperkirakan ia akan selesai pada 20 Juli 2020 mendatang.
4 dari 11 halaman

4. Key SHINee

Key SHINee (credit: Instagram.com/bumkeyk/)
Menyusul kedua rekannya, Key SHINee juga telah berangkat wamil sejak tahun 2019. Key ternyata mendapatkan tugas sebagai anggota band militer. Di mana ia akan bertugas seperti seorang marching band. Kabar gembiranya, Key akan menyelesaikan wamil pada Oktober 2020.
5 dari 11 halaman

5. Changsub BTOB

Changsub BTOB (credit: Instagram.com/btob_lee_cs_btob/)
Memasuki usia yang tidak muda lagi yakni 29 tahun, Changsub BTOB harus menjalankan kewajibannya untuk mengikuti wamil. Changsub berangkat wamil sejak tanggal 14 Januari 2019, dan diperkirakan selesai wamil Agustus mendatang. Changsub diketahui sangat dekat dengan Key saat keduanya sama-sama berada dalam satu momen ketika wamil.
6 dari 11 halaman

6. Minhyuk BTOB

Minhyuk BTOB (credit: Instagram.com/btob_minhyuk/)
Anggota BTOB lainnya yakni Minhyuk menyusul Changsub wamil pada tanggal 7 Februari 2019. Ia bakal selesai wamil sebulan setelah Changsub yakni bulan September. Tentunya fans sudah tidak sabar menunggu Minhyuk untuk kembali menyapa mereka.
7 dari 11 halaman

7. Yang Yo-seob HIGHLIGHT

Yang Yo-seob HIGHLIGHT (credit: Instagram.com/yang.yoseob/)
Yang Yo-seob yang merupakan member dari boygroup HIGHLIGHT telah berangkat wamil sejak Januari 2019. Diketahui Yang Yo-seob menjalankan tugasnya sebagai seorang petugas kepolisian. Yoseob akan selesai menjalankan masa tugasnya pada Agustus mendatang.

Tentunya kembalinya Yang Yo-seob setelah wamil sangat ditunggu penggemar. seperti yang diketahui dari berita yang beredar, para penggemar Yang Yo-seob sering mengikuti dan mengunjunginya saat bekerja. Hal ini merupakan bentuk dari rasa rindu dan dukungan, meskipun memang agensi naungan Yang Yo-seob telah mengeluarkan pernyataan resmi agar fans dapat menahan diri untuk menunggu idola mereka menyelesaikan masa tugas.

8 dari 11 halaman

8. Lee Gi-Kwang HIGHLIGHT

Lee Gi-Kwang HIGHLIGHT (credit: Instagram.com/gttk0000/)
Lee Gi-Kwang tak kalah menyusul Yoseob untuk berangkat wamil di tahun 2019. Lee Gi-Kwang pun ditempatkan ke unit polisi. Ia akan menyelesaikan masa tugasnya pada November 2020 menyusul Yang Yo-Seob.
9 dari 11 halaman

9. Son Dong-woon HIGHLIGHT

Son Dong-woon HIGHLIGHT (credit: Instagram.com/dw_highlight/)
Member lainnya dari boygroup HIGHTLIGHT yang berangkat melaksanakan tugasnya untuk negara adalah Son Dong-woon. Seperti yang diketahui Son Dong-woon telah pergi wamil sejak tahun 2019. Dan diperkirakan selesai tugas bulan Desember 2020.
10 dari 11 halaman

10. Sungyeol INFINTIE

Sungyeol INFINTIE (credit: Instagram.com/leeseongyeol_1991/)
Sungyeol yang merupakan member INFINITE juga telah berangkat wamil pada tahun lalu. Di mana ia ditugaskan sebagai tentara aktif di divisi Infanteri ke-37 Provinsi Chungsheung Utara. Sungyeol juga akan selesai masa tugas pada bulan Oktober tahun ini.
11 dari 11 halaman

11. Dongwoo INFINITE

Dongwoo INFINITE (credit: Instagram.com/im.nana2710/)
Member INFINITE lain yang juga berangkat wamil yakni Dongwoo pada April 2019. Rekan Sungyeol ini akan menyelesaikan masa tugasnya pada November 2020. Keberangkatan Dongwoo ini berbarengan dengan Minho saat menjalankan aktivitas wamil pada April 2019.

Nah itulah 11 idol K-Pop ini akan selesai wamil di pertengahan hingga Akhir 2020, tentunya ini menjadi kabar gembira untuk para fans di seluruh dunia. Kira-kira ada Idola kalian nggak KLovers?

(kpl/nlw)

Editor:  

Nurul Wahida