Siapa Sangka, 6 MV K-Pop Ini Lokasi Syutingnya Ternyata di Universitas Beken Korea

Iwan Tantomi   | Kamis, 22 Juli 2021 17:30 WIB
Siapa Sangka, 6 MV K-Pop Ini Lokasi Syutingnya Ternyata di Universitas Beken Korea
credit via Koreaboo.

Kapanlagi.com - K-Pop terus berevolusi menelurkan musik-musik terbaik, yang tak hanya dari segi musikalitas tetapi juga visual yang ditampilkan dalam music video (MV). Demi menghasilkan MV berkualitas, tak jarang sang sutradara memilih tempat-tempat unik, bersejarah, atau populer sebagai lokasi syuting MV K-Pop tersebut.

Dari beberapa MV K-Pop populer, mungkin tak banyak yang menyangka jika syutingnya diambil di lokasi yang tak umum, seperti kampus. Bukan kampus biasa, tetapi deretan universitas beken dan top di Korea.

BTS dan BLACKPINK pun ternyata punya MV yang syutingnya diambil di universitas beken Korea. Lebih lanjut, berikut informasi selengkapnya.

1. BLACKPINK - As If It Was Your Last

Pertama ada lagu As If It Was Your Last dari BLACKPINK yang MV-nya sudah tak asing banget. Jika diperhatikan betul-betul, tampak BLACKPINK tampil di sebuah tempat dengan latar beberapa tiang besar.

Rupanya itu bukan sekadar set syuting, tetapi tempat tersebut sungguhan ada. Tepatnya adalah amfiteater di sebuah kampus beken Korea, yaitu Kyunghee University. Tempat tersebut begitu ikonik untuk menggelar beragam konser maupun festival kampus.

2. BTS - HYYH On Stage: Prologue

Beberapa lagu lama BTS juga kerap mengambil lokasi syuting untuk MV di tempat-tempat ikonik. Salah satunya adalah HYYH On Stage: Prologue yang menampilkan sebuah kolam renang tak terpakai.

Kolam renang terbengkalai tersebut bukan sekadar set syuting, tetapi benar-benar ada di salah satu kampus top Korea, Seoul National University. Sayangnya, wujudnya sudah tak lagi sama seperti di MV BTS, karena pihak kampus telah merenovasinya.

3. A.C.E - Savage

Selanjutnya ada MV Savage dari idol K-Pop A.C.E. Dalam MV tersebut tampak sebuah lorong penuh tangga yang tampak menyeramkan dengan sorot lampu remang-remang.

Lagi-lagi tempat tersebut bukan sekadar lokasi syuting sekali pakai, tetapi benar-benar ada. Bangunan bergaya dystopian-esque tersebut merupakan lantai bawah tanah dari gym di kampus beken Korea, Daejin University.

4. SEVENTEEN - Mansae (Part Switch Vers.)

SEVENTEEN juga pernah melakukan syuting yang menjadikan kampus sebagai lokasinya. Tepatnya dalam MV Mansae (Part Switch Vers.). Dalam MV tersebut terlihat SEVENTEEN berdiri di sebuah bangunan megah yang tak lain adalah Keimyung University, kampus Daemyeong.

Kampus terkenal tersebut berlokasi di Daegu, Korea. Gokilnya lagi, bangunan milik Keimyung University tersebut sudah kerap langganan dijadikan lokasi syuting. Bahkan dilaporkan sudah ada 100 lebih judul film maupun drama Korea yang syuting di kampus tersebut.

5. Lovelyz - Obliviate

Saat melihat MV Obliviate dari Lovelyz untuk pertama kali, beberapa orang mungkin menyangka lokasi di luar negeri. Sebab, tampak bangunan megah yang begitu identik dengan arsitektur Eropa.

Nyatanya, Lovelyz mengambil lokasi syuting untuk MV tersebut di Korea. Tepatnya di bangunan ikonik milik salah satu kampus beken di Korea, yaitu Tongwon University.

6. 2PM - Promise (I'll Be)

Last but not least, ada MV 2PM berjudul Promise (I'll Be) yang tampak menampilkan gereja megah khas arsitektur Italia. Namun, siapa sangka, ternyata lokasi bukan sungguhan di Negeri Pizza.

Sebaliknya, 2PM menggarap MV-nya di gedung ikonik milik kampus beken Korea, Kyunghee University. Gedung tersebut biasa disebut Grand Peace Palace dan kerap dimanfaatkan sebagai gedung teater.

Well, dari beberapa MV tersebut mana yang membuatmu paling tak menyangka jika lokasinya diambil di salah satu kampus beken Korea?

 

Reporter:   Iwan Tantomi