Sinopsis 'DESCENDANTS OF THE SUN', Kisah Cinta di Balik Perjuangan Para Tentara dan Tenaga Kesehatan

Anik Setiyaningrum   | Selasa, 07 September 2021 15:22 WIB
Sinopsis 'DESCENDANTS OF THE SUN', Kisah Cinta di Balik Perjuangan Para Tentara dan Tenaga Kesehatan
DESCENDANTS OF THE SUN (Credit: instagram/descendants_ofthe_sunofficial)

Kapanlagi.com - Meski sudah tayang sejak tahun 2016, sinopsis DESCENDANTS OF THE SUN (Taeyang-ui Huye) masih banyak dicari hingga kini. Popularitas drama ini terhitung bertahan sangat lama. Berisi kisah tentang misi kemanusiaan yang dibalut percintaan, konflik di DESCENDANTS OF THE SUN pun masih relevan jika diikuti hingga kini.

DESCENDANTS OF THE SUN merupakan drama televisi asal Korea Selatan yang dibintangi oleh Soong Joong-ki dan Song Hye-Kyo. Drama ini mendulang popularitas yang luar biasa. Tak hanya di Korea Selatan, drama ini pun mendapat respons positif dari negara-negara di Asia, termasuk Indonesia. Oleh karena itu, selain tayang di KBS, drama ini juga tayang di jaringan penyiaran Indonesia.

Sinopsis DESCENDANTS OF THE SUN menceritakan tentang kisah cinta serta perjuangan para tentara dan tenaga kesehatan di Urk. Sebenarnya, kisah mereka sudah dimulai sejak masih di Korea Selatan. Penugasan mereka ke sebuah daerah yang dipenuhi konflik menjadi jalan untuk semakin mengukuhkan hubungan. Sebagai drama yang sayang untuk dilewatkan, simak ulasan mengenai sinopsis DESCENDANTS OF THE SUN dan fakta menariknya dalam informasi berikut ini.

1. Pemeran 'DESCENDANTS OF THE SUN'

Sebelum masuk ke sinopsis DESCENDANTS OF THE SUN, kalian bisa menyimak pemeran dari para tokoh berikut ini.

- Pemeran Utama

1. Song Joong-ki/Kapten Yoo Si-jin/Big Boss

Pemimpin Tim Alpha, unit pasukan khusus tentara Korea Selatan lulusan terbaik Akademi Militer Korea. Ayah Si-jin merupakan seorang tentara, sedangkan ibunya sudah tiada. Si-jin digambarkan sebagai seseorang yang ramah, percaya diri, bertanggung jawab, dan punya banyak keahlian.

2. Song Hye-kyo/Dokter Kang Mo-yeon

Dokter bedah Rumah Sakit Haesung yang bercita-cita menjadi profesor. Mo-yeon seorang dokter idealis yang cerdas, mudah menyampaikan pendapat dan tidak malu untuk menyatakan perasaan pada Si-jin.

3. Jin Goo/Sersan Mayor Seo Dae-young/Wolf

Dae-yeong merupakan mantan pelatih Si-jin di akademi militer, tapi kemudian menjadi bawahan di Tim Alpha.

4. Kim Ji-won/Dokter Tentara Yoon Myeong-ju

Dokter tentara yang menyukai Dae-young, tapi sempat tak mendapat restu dari ayahnya. Dia bermusuhan dengan Mo-yeon karena sempat naksir seorang yang sama.

- Anggota Tim Alpha

Park Hoon sebagai Sersan Choi Woo-geun (Snoopy)

Choi Woong sebagai Sersan Gong Cheol-ho (Harry Potter)

Ahn Bo-hyun sebagai Sersan Im Gwang-nam (Piccolo)

- Tim Medis Rumah Sakit Haesung

Onew sebagai Dokter Lee Chi-hoon

Lee Seung-joon sebagai Song Sang-hyun

Seo Jeong-yeon sebagai Perawat Ha Ja-ae

Park Hwan-hee sebagai Perawat Choi Min-ji

2. Sinopsis 'DESCENDANTS OF THE SUN'

Sinopsis DESCENDANTS OF THE SUN dibuka dengan aksi dua orang sahabat, Kapten Yoo Si-Jin (Song Joong-ki) dan Sersan Mayor Seo Dae-young (Jin Goo) yang berusaha menangkap pencuri sepeda motor bernama Kim Gi-beom. Karena mengalami luka saat terjatuh dari motor, si pencuri diantar oleh dua tentara tersebut ke Rumah Sakit Haesung, tempat Kang Mo-yeon (Song Hye-kyo) bekerja sebagai Dokter.

Rumah sakit Haesung menjadi tempat pertemuan Si-jin dan Mo-yeon untuk kali pertama. Si-jin pun terpesona dengan pembawaan serta kecantikan Mo-yeon. Sayangnya, Mo-yeon tak bisa percaya begitu saja dengan dua tentara tersebut. Terlebih, Si-jin punya panggilan "Big Boss" yang identik dengan pimpinan gangster. Hal itu membuat Mo-yeon curiga jika dua orang (tentara) itu yang justru mengeroyok pasiennya tersebut.

Sebagai usaha mencari pembuktian, Si-jin meminta verifikasi dari dokter tentara Yoon Myeong-ju (Kim Ji-won) yang pernah magang di Haesung. Meski punya hubungan yang kurang baik dengan Myeong-ju di masa lalu, Mo-yeon percaya dengan keterangan tersebut. Sejak Si-jin meminta Mo-yeon untuk mengobati lukanya, mereka akrab dan membuat janji untuk nonton ke bioskop.

Seiring berjalannya waktu, Mo-yeon baru sadar dan curiga bahwa Si-jin punya pekerjaan misterius karena sering membatalkan janji dan meninggalkannya. Apalagi Mo-yeon pun tak tahu banyak tentang lelaki yang dekat dengannya. Mo-yeon juga mulai curiga bahwa menjalani tugas sebagai tentara membuat Si-jin berpeluang membunuh orang. Hal itu bertolak belakang dengan tugasnya untuk menyelamatkan pasien. Atas dasar tersebut, Mo-yeon ingin mengakhiri komunikasi dengan Si-jin.

Kisah selanjutnya mungkin bisa dibilang sebagai perwujudan pepatah "kalau jodoh tak akan ke mana". Saat itu, sebenarnya Si-jin sedang menjalankan tugas di sebuah negeri fiksi bernama Urk untuk menjaga perdamaian. Nasib sebagai dokter idealis pun membawa Mo-yeon ke Urk, tentu setelah ada konflik yang ia hadapi di rumah sakit. Mo-yeon bersama timnya menjadi dokter relawan yang harus siap merawat korban bencana gempa bumi, perang, penyakit berbahaya, hingga penculikan.

Kehidupan di Urk yang berat turut andil dalam membangun rasa cinta mereka berdua. Meski jadi tokoh yang paling banyak disoroti, kisah Si-jin dan Mo-yeon tak menjadi satu-satunya hal menarik. Ada juga kisah cinta antara Dae-young dan Myeong-ju yang sebenarnya tak kalah rumit. Aksi penyelamatan yang dilakukan para tenaga kesehatan dan para tentara pun menjadi kisah perjuangan yang inspiratif hingga masa tugas mereka di Urk berakhir.

Setelah kembali ke Korea Selatan, Mo-yeon menjadi pribadi yang lebih kuat dan berencana keluar dari rumah sakit yang baginya penuh intrik itu dan membuka klinik sendiri. Apalagi sebelum berangkat ke Urk, ia pernah diajak berhubungan seksual oleh direktur rumah sakit. Sayangnya, bank menolak pengajuan pinjaman jika Mo-yeon menjadi pengangguran. Mau tak mau, Mo-yeon kembali bekerja di rumah sakit. Dari situ terlihat pula bagaimana pekerja idealis tak berdaya jika dihadapkan dengan sistem, apalagi yang berkaitan dengan urusan finansial.

Sementara itu, Si-jin kembali ditugaskan dalam aksi perdamaian Korea Selatan dan Korea Utara. Bersama Tim Alpha, dia dikirim ke Albania. Dalam misi itu, Si-jin dikabarkan hilang dalam sebuah ledakan. Hal itu tentu menjadi pukulan tersendiri untuk Mo-yeon hingga dia memutuskan untuk pergi ke Albania untuk misi kemanusiaan sekaligus melakukan peringatan meninggalnya Si-jin. Saat itu, hal mengejutkan bahkan sempat dikira halusinasi dialami Mo-yeon.

Saat itu, dia melihat Si-jin datang menceritakan bahwa dia masih hidup karena ditolong oleh "teman jauh" dari Korea Selatan. Jalan cerita yang penuh perjuangan sejak awal itu diakhiri dengan "happy ending".

3. Fakta Menarik 'DESCENDANTS OF THE SUN'

Selain pemeran dan Sinopsis DESCENDANTS OF THE SUN, kalian juga perlu tahu mengenai fakta menarik di balik drama ini. Langsung saja simak informasi berikut ini.

1. DESCENDANTS OF THE SUN sempat ditolak oleh SBS. Setelah itu KBS mengontraknya untuk tayang.

2. DESCENDANTS OF THE SUN memecahkan rekor biaya terbesar drama Korea, yakni 13 miliar won atau 142 miliar rupiah.

3. DESCENDANTS OF THE SUN meraih 14 persen rating di episode pertama, meningkat hingga 30 persen di episode ketiga, dan 38,8 persen di episode terakhir.

4. Hak siar DESCENDANTS OF THE SUN dijual ke 32 negara. Harga penyiaran di China mencapai 2,6 rupiah dan di Jepang 1,3 miliar rupiah.

5. DESCENDANTS OF THE SUN menang dalam Baeksang Arts Awards 2016 dalam kategori Grand Prize (TV), pemeran utamanya pun menang dalam kategori Most Popular Actor (TV) dan Most Popular Actress (TV).

Nah, itulah informasi menarik tentang sinopsis DESCENDANTS OF THE SUN beserta fakta menariknya.

Editor:   Anik Setiyaningrum