Soyou Eks Sistar Resmi Tinggalkan Starship Entertainment, Inilah Beberapa Fakta Menarik Mengenai Dirinya

Editor KapanLagi.com   | Kamis, 09 September 2021 12:05 WIB
Soyou Eks Sistar Resmi Tinggalkan Starship Entertainment, Inilah Beberapa Fakta Menarik Mengenai Dirinya
Soyou (Credit: Instagram/soooo_you)

Kapanlagi.com - Kabar menggemparkan datang dari industri musik Korea Selatan. Pasalnya Soyou eks Sistar dikabarkan hengkang dari agensi yang membesarkan namanya, yaitu Starship Entertainment. Kabar ini dikonfirmasi langsung oleh agensinya melalui pernyataan resmi yang mereka tulis dan paparkan pada publik. 

Dilansir dari portal berita Korea Selatan, Naver (08/09), Starship Entertainment menghargai hasil keputusan dan berterimakasih pada Soyou sudah mau bersama selama ini dari awal menjadi seorang trainee, menjadi anggota Sistar, hingga menjadi seorang penyanyi solo yang memiliki banyak penggemar. Mereka juga menyebutkan bahwa mereka berharap Soyou masih tetap memiliki banyak penggemar dan juga setia pada Soyou meski dirinya bukan lagi menjadi bagian dari Starship Entertainment.

Dengan ini maka Soyou resmi mengakhiri karirnya bersama Starship Entertainment selama 11 tahun bersama. Untuk kembali mengenang Soyou eks Sistar ini, yuk simak beberapa fakta mengenai Soyou selama menjadi bagian dari Starship Entertainment!

1. Debut di Dalam Sistar dengan Tiga Anggota Lainnya dan Resmi Bubar Pada 2017

Soyou dulunya adalah dikenal sebagai salah satu member dari girl group yang dinaungi oleh Starship Entertainment, yaitu Sistar. Mereka debut pertama kali pada tahun 2010 dengan empat member, yaitu Soyou, Hyorin, Bora, dan Dasom. Album pertama mereka dirilis pada tanggal 9 Agustus 2011 dengan judul SO COOL. 

Single keempat mereka, So Cool, memulai debutnya di nomor satu di Gaon Digital Chart serta tangga lagu Billboard Korea K-Pop Hot 100, Bahkan single tersebut sempat menempuh serangkaian 9 hit nomor satu berturut-turut sebelum akhirnya mereka resmi bubar di tahun 2017. Mereka memutuskan bubar pada tahun 2017 dengan alasan masing-masing member ingin berfokus dengan karir mereka masing-masing.

2. Setelah Bubar, Soyou Menjadi Penyanyi Solo yang Terbilang Cukup Sukses

Setelah akhirnya bubar, Soyou memilih untuk melanjutkan kontraknya dengan Starship Entertainment sebagai penyanyi solo. Walaupun di tahun sebelumnya, Soyou memang sudah pernah berkolaborasi dengan penyanyi-penyanyi k-pop lain. Namun, ia resmi memulai debut solonya pada tahun 2017.

Soyou merilis album solo perdananya pada bulan Desember 2017 dengan judul PART 1 : RE:BORNSoyou terbilang cukup sukses menjadi penyanyi solo yang dibuktikannya dengan beberapa prestasi yang ia raih dan tentunya membanggakan para penggemarnya. Salah satunya adalah pada Soribada Best K-Music Awards, Soyou berhasil memenangkan Bonsang Award.

3. Beberapa Kali Lagunya Digunakan Untuk Soundtrack Drama Korea, Salah Satunya Adalah Drama Korea Goblin

Soyou juga dikenal sebagai penyanyi dengan lagu yang sering digunakan oleh drama-drama Korea untuk dijadikan original soundtrack mereka. Tak tanggung-tanggung, beberapa drama dengan original soundtrack yang dinyanyikan oleh Soyou juga sukses dengan meraup pendapatan yang cukup tinggi.

Drama-drama Korea tersebut seperti, Goblin yang menggunakan lagu dari Soyou yang berjudul I Miss You. Lagu ini sering diputar untuk momen adegan Wang Yeo saat bersama Kim Sun di dalam drama tersebut. Selain itu, ada drama Empress Ki dengan lagu Just Once, drama Naughty Kiss dengan lagu Should I Confess, dan masih banyak lagi.

4. Mendapat Julukan Ratu Duet, Karena Sering Berduet Dengan Idol K-Pop Lain

Idol yang memiliki nama lengkap Kang Ji-hyun ini cukup sering melakukan kolaborasi dengan penyanyi lainnya. Tak tanggung-tanggung, tidak jarang juga lagu kolaborasinya dengan penyanyi dan idol k-pop lainnya bahkan bisa lebih sukses dengan memuncaki tangga lagu Korea. Tak heran jika banyak penggemar menjuluki Soyou dengan sebutan ratu duet.

Beberapa lagu duet yang pernah ia nyanyikan juga banyak yang booming dan mendapat banyak sekali penghargaan yang tentunya prestigeous. Salah satu lagu duet dari Soyou yang cukup sukses adalah lagu Some yang mana ia berkolaborasi dnegan penyanyi Junggigo. Lagu ini sempat hitz bahkan berhasil memenangkan masing masing dua kategori di tiga acara music award, yaitu Gaon Chart Music Awards 2014, Golden Disc Awards 2015, dan Korean Music Awards 2015. Selain itu, ia juga tercatat pernah berkolaborasi dengan enyanyi Mad Clown, Baekhyun EXO, Key SHINee, dan masih banyak lagi.

5. Memiliki Suara yang Khas dan Seksi Menjadi Ciri Khas dan Pembeda Soyou dengan Idol lain

Soyou merupakan salah satu penyanyi dengan imej seksi di Korea Selatan. Suara Soyou yang memiliki karakter tersebut disebut-sebut menarik perhatian penyanyi lain untuk mengajaknya bekerja sama. Tak ayal jika dirinya sering diajak bekerja sama dan berkolaborasi dengan banyak idol k-pop lain.

Suara Soyou sendiri memiliki ciri khas yaitu serak-serak basah dan terdengar seksi. Dalam suatu wawancara di suatu media di Korea Selatan, Soyou mengaku memiliki suara seperti ini bukan karena dia perokok aktif ataupun alkohol. Ia dianugerahi suara yang sangat khas ini sejak ia duduk di bangku sekolah dasar.

Itulah tadi beberapa fakta menarik mengenai perjalanan karir Soyou bersama Starship Entertainment. Mari kita doakan dengan keputusannya tidak memperpanjang kontrak dengan agensinya tersebut menjadi keputusan yang terbaik bagi diri dan karirnya ke depannya ya KLovers!

Ditulis oleh: Muhammad Ancah

 

Editor:   Editor KapanLagi.com