Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

SUHO Merasa Dirinya 'Warna Biru' dan Masih Nggak Percaya EXO Mau Anniversary Ke-10, Rasanya Masih Empat Tahun

Dian Eka Ryanti   | Jum'at, 08 April 2022 11:10 WIB
SUHO Merasa Dirinya 'Warna Biru' dan Masih Nggak Percaya EXO Mau Anniversary Ke-10, Rasanya Masih Empat Tahun
SUHO EXO ©SM Entertainment

Kapanlagi.com - Setelah menjalani wajib militer selama hampir dua tahun, tak perlu waktu lama bagi SUHO buat menyapa EXO-L di seluruh dunia. Setelah sebelumnya menggelar fanmeet online, SUHO juga langsung bekerja membuat album baru.

Album SUHO pun sudah dirilis dan menemui penggemar sejak hari Senin (4/4/2022 lalu). Album berisi 6 lagu ini berjudul GREY SUIT dan semuanya ditulis sendiri oleh Suho dengan mengambil inspirasi dari banyak hal.

Now that you are AWAKE, it's time for you to wake right now!

Awake

1. Perbedaan Album Pertama dan Kedua

Gambar

GREY SUIT adalah album kedua SUHO setelah sebelumnya merilis SELF-PORTRAIT. Pastinya ada dong perbedaan atau perkembangan dari album pertama dengan yang baru dirilis ini. SUHO pun merasakan hal itu.

"Perbedaan antara album solo pertama dan keduaku adalah aku merasa sudah dewasa dan sadar apa yang menjadi pilihanku. Ada beberapa di lagu di playlist-ku yang aku suka dan mereka terdiri dari berbagai genre seperti hip hop, R&B, dan rock. Aku lalu sadar kalau lagu-lagu itu punya melodi dan nada instrumental mirip yang aku suka. Karena aku menghabiskan banyak waktu buat mendengarkan musik selama masa satu tahun sembilan bulan ini, aku bisa menemukan apa yang benar-benar aku suka dan sekarang bisa mengekspresikannya. Mungkin itulah perbedaan terbesarnya dan bagaimana aku juga telah tumbuh," kata Suho dalam konferensi pers buat album keduanya pada hari Senin (4/4/2022).

2. SUHO Sebagai Warna

Gambar

Dalam judul lagu Grey Suit mengandung warna yaitu grey yang berarti abu-abu. Di MV-nya juga ada warna abu-abu dan warna lainnya. Lalu apa nih warna atau kata kunci yang menggambarkan seorang SUHO?

"Kalau aku menggambarkan diriku sebagai sebuah warna, aku akan bilang biru. Biru adalah warna yang punya kedalaman, tapi juga segar seperti ombak. Biru juga bisa jadi warna sempurna buat mendeskripsikan warna musik SUHO. Kalau kata kunci atau frasa (buat mendeskripsikan Suho), itu adalah 'kenali dirimu'," pilih SUHO.

3. Harapan SUHO Buat Album GREY SUIT

Gambar

Tiap orang punya goal atau tujuan dalam hidupnya. Ketika ditanya apa yang ingin SUHO capai buat album GREY SUIT, ia sempat merasa kesulitan. Tapi akhirnya dia bisa menjelaskan apa keinginannya terkait album barunya tersebut.

"Ini adalah pertanyaan tersulit. Tapi aku ingin mendengar orang bilang, 'SUHO melakukan apa yang cuma bisa dilakukan oleh SUHO' dan 'Ini adalah SUHO'. Aku percaya kebahagiaan terbesar dari album ini adalah menciptakan genre tersendiri bagiku yang bisa dikenali sebagai 'musik SUHO' oleh siapa saja, walau cuma lewat bagian intro dari lagu," harapnya.

4. Member EXO Soal Album SUHO

Gambar

Member EXO sudah banyak yang bersolo karier. Mereka juga selalu saling memberikan dukungan buat siapa saja yang merilis album. Lalu apa dukungan yang diberikan member EXO buat SUHO?

"Aku nggak banyak cerita soal album baruku ini (karena ingin menjadi kejutan). Tapi aku sempat memainkan beberapa bagian kecil dari yang lagu ini dan lagu itu, dan mereka semua bereaksi kalau lagunya keseluruhan bagus dan 'sangat lagunya SUHO'," jelasnya.

5. Soal 10 Tahun EXO

Gambar

EXO sebentar lagi merayakan ulang tahun kesepuluh mereka selama berkarier di dunia K-Pop. SUHO pun merasa kalau ini adalah hal yang luar biasa.

"Dulu waktu debut, aku selalu melihat para senior yang merayakan ulang tahun kesepuluh mereka. Dan walaupun sekarang giliran kami, hatiku masih terasa seperti di era Call Me Baby atau empat tahun setelah debut. Aku masih merasa nggak percaya kami merayakan ulang tahun kesepuluh. Aku ingin mengucapkan rasa terima kasihku kepada EXO- karena mereka adalah alasan kenapa kami bisa sejauh ini," tutup Suho.

Wah..selamat 10 tahun ya EXO!

Editor:   Dian Eka Ryanti