Sutradara ‘Squid Game' Terinspirasi dari Pengalaman Pribadi?

Jeffrey Winanda | 04 November 2021, 18:10 WIB
Sutradara ‘Squid Game' Terinspirasi dari Pengalaman Pribadi?

Kapanlagi.com - Tak dipungkiri bahwa drama Squid Game merupakan salah satu drama Korea yang paling banyak ditonton pada tahun 2021. Serial yang ditayangkan di Netflix itu menyajikan drama psikologis dengan alur cerita yang mencekam.

Banyak dari kita yang bertanya, apa yang sebenarnya berusaha disampaikan oleh serial ini? Dalam sebuah film, terdapat istilah director's statement atau pernyataan sutradara mengenai visi dan pesan yang ingin disampaikan melalui karyanya.

Walau belum secara resmi merilis director's statement, Hwang Dong-hyuk - sutradara dan penulis Squid Game - beberapa kali menceritakan pengalaman pribadinya semasa kuliah yang banyak menginspirasinya dalam menulis cerita untuk serial tersebut.

Hwang Dong-hyuk adalah lulusan Seoul National University. Dilansir dari CNN, pria kelahiran tahun 1971 ini mendapatkan sanjungan dari tetangganya ketika berhasil masuk salah satu universitas ternama di Korea Selatan itu.

Baginya, hal ini justru menjadi sebuah pressure. Pengalaman itulah yang kemudian ia terjemahkan menjadi karakter Cho Sang-woo. “...seperti Sang-woo, aku berkuliah di Seoul National University dan seluruh tetanggaku memberikan pujian dengan ekspektasi tinggi terhadapku.” Ujarnya pada CNN.

Dilansir dari Bloomberg, ia pun melewati masa-masa itu dengan menikmati Ramen Ddang, Samyang mentah favoritnya semasa kuliah yang kemudian menjadi inspirasi untuk menulis salah satu adegan pada episode kedua Squid Game, ketika Gi-Hun bertemu dengan Il-Nam di sebuah mini market.

(C) Twitter/Gene Park(C) Twitter/Gene Park

Gene Park, seorang reporter dari Washington Post pun memberikan pujian untuk Hwang Dong-hyuk atas adegan itu. “Salah satu detail paling realistis di Squid Game adalah saat mereka memakan ramen mentah yang disiram saus pedas. Ya. Aku pun melakukan hal yang sama saat masih kuliah.” Ujarnya melalui sebuah tweet.

(C) Samyang Green Spicy Ramen(C) Samyang Green Spicy Ramen

Hwang Dong-hyuk adalah salah satu dari sekian banyak sosok inspiratif yang sukses mengubah pengalaman menjadi sebuah karya. Semoga apa pun yang sedang kita alami hari ini, selalu bisa menjadi inspirasi. Siapa tahu, dari melakukan hal sesederhana menulis cerita sambil menikmati Samyang, bisa jadi sesuatu yang luar biasa di masa mendatang!

(kpl/jef)

Reporter:   Jeffrey Winanda