Tak Cuma Vicky Zhao 'Putri Huan Zhu', Sederet Artis Ini Juga Kena Blacklist Pemerintah China

Editor KapanLagi.com   | Jum'at, 03 September 2021 23:05 WIB
Tak Cuma Vicky Zhao 'Putri Huan Zhu', Sederet Artis Ini Juga Kena Blacklist Pemerintah China
Vicky Zhao (Credit: Splashnews.com), Kris Wu (Credit: Non Fotografer KLY), Zhang Zhehan (Credit: IMDb), Jet Li (Credit: IMDb)

Kapanlagi.com - Pemerintah China telah mengeluarkan banyak aturan baru terkait dunia hiburan di negaranya, di mana peraturan itu harus diikuti oleh seluruh pihak televisi Nasional China. Pihak televisi Nasional harus berhati-hati untuk memilih aktor dan aktris atau bintang tamu yang akan diundang dalam sebuah program televisi. Mereka diharuskan memiliki moral dan attitude yang baik agar dapat dicontoh oleh masyarakat China.

Peraturan tersebut dikeluarkan oleh China Association of Performing Arts yang melarang aktris dan aktor yang berperilaku buruk dilarang keras untuk muncul di seluruh channel telivisi di China. Aturan tersebut berlaku bagi aktor dan aktris yang pernah terjerat kasus narkoba, penipuan, pelanggaran hukum, serta lain sebagainya. Dengan aturan-aturan tersebut, pemerintah China segera menindaklanjuti dengan melakukan blacklist terhadap beberapa aktor dan aktris yang telah terlibat dalam berbagai kasus di China.

Aksi blacklist kepada seluruh aktor dan aktris China yang tersandung kasus tidak hanya dilakukan di layar televisi saja. Namun, pemerintah China juga melakukan pemblokiran akun media sosial yang digunakan oleh para selebriti itu. Bukan hanya memblokir, tetapi juga melenyapkan seluruh konten video yang menampakkan wajah para selebriti yang masuk dalam daftar hitam ini.

Tak heran baru-baru ini banyak selebriti China yang tiba-tiba menghilang begitu saja dari media sosial. Seperti Vicky Zhao, aktris yang hilang tanpa jejak banyak mengundang perhatian masyarakat China. Konten video, akun media sosial, dan acara televisi serta film yang menayangkan wajahnya telah menghilang begitu saja.

Nah, selain Vicky Zhao, ternyata ada beberapa selebriti lain yang juga tersandung kasus serupa sehingga membuat ketenarannya di China jadi menurun dan mungkin saja akan dilupakan oleh publik. Siapa saja mereka? Simak daftarnya berikut..

1. Vicky Zhao

Popularitas Zhao di dunia maya telah dilenyapkan oleh pemerintah China, tak tanggung-tanggung seluruh film dan series yang pernah ia bintangi juga disensor bahkan dihapus. Bukan akun pribadi milik sang aktris saja, namun fan page Vicky Zhao di media sosial Weibo juga dihilangkan. Publik dibuat bertanya-tanya akan kasus apa yang telah dilakukan oleh aktris ini. Belum banyak yang mengetahui atas tindakan apa yang telah diperbuat oleh wanita yang sempat booming pada 1990-an ini.

Media pemerintah China, Global Times, menyebutkan bahwa Vicky Zhao mempunyai banyak skandal. Mulai dari masalah bisnis investasi, sampai kepemilikan saham di Alibaba Pictures Group yang merupakan milik Alibaba, perusahaan Jack Ma. Namun, banyak yang mengatakan juga jika masalah yang tengah dihadapi oleh Vicky Zhao lebih berat dari yang disebutkan oleh Global Times.

2. Kris Wu

Kasus berikutnya adalah dugaan pemerkosaan dan kekerasan seksual yang telah dilakukan oleh aktor Kris Wu. Kasus tersebut menjadi lebih buruk karena beberapa korban masih di bawah umur. Sehingga kantor kejaksaan setempat menyetujui untuk menangkap aktor Kris Wu sebagai pelaku pemerkosaan dan kejahatan seksual.

Sama seperti Vicky Zhao, Kris Wu juga kehilangan panggungnya di dunia hiburan setelah kasus tersebut terungkap di pubik. China Netcasting Services Association selaku perwakilan industri hiburan di China, yang bekerja sama dengan platform media sosial seperti Youku, iQiyi, dan lainnya segera menghapus seluruh konten yang berisi dengan Kris Wu. Ada sekitar lebih dari 2 juta video pendek serta 7000 klip dari series dan film telah dihilangkan. Bukan hanya penghapusan seluruh konten video berisi aktor ini, namun Tencent (perusahaan games terbesar di China) juga telah memutus kontrak kerja sama dengan Kris.

3. Zhang Zhehan

Selain itu, aktor dibawah agency naungan Vicky Zhao, aktor Zheng Zhehan telah menjadi topik perbincangan publik China yang telah memicu kontroversi atas foto selfie yang ia lakukan di tempat pemakaman tentara Jepang. Tempat pemakaman tersebut masih menjadi prahara oleh masyarakat China dan dijadikan sebagai tempat penghormatan terakhir kepada tentara Jepang.

Aktor Zheng Zhehan telah meminta maaf atas sikap yang telah ia lakukan, namun permintaan maaf mungkin akan terbilang sia-sia. Publik dibuat marah dan pemerintah China diminta untuk memboikot aktor tersebut, karena tindakan yang ia lakukan dinilai sangat tidak layak serta dapat memberi pengaruh buruk untuk anak muda di China. Tak lama setelah permintaan maaf aktor ini, seluruh konten video yang ada di media sosial telah dihapus oleh pemerintah China.

4. Jet Li

Berikutnya ada aktor Jet Li telah menjadi korban dalam daftar blacklist di China. Hal ini disebabkan atas adanya pembatasan baru untuk selebriti dengan kewarganegaraan asing. Seperti diketahui, Jet Li, aktor berkebangsaan Singapura yang telah sukses menjadi aktor di China. Aktor yang dikenal banyak karya ini sempat melarikan diri dari China sebelum namanya terhapus dari media sosial. Banyak publik yang membela Jet Li untuk kabur dari China atas banyaknya karya yang telah ia ciptakan di China.

Bukan hanya Jet Li warga negara asing yang akan diboikot oleh pemerintah China, namun juga ada sederet nama aktor dengan warga asing yang tinggal di China. Seperti Liu Yifei (kewarganegaraan Amerika), Nicholas Tse (kewarganegaraan Kanada), Zhang Tielin (kewarganegaraan Inggris), Mark Chao (kewarganegaraan Kanada), Will Pan (kewarganegaraan Amerika) dan Wang Leehom (kewarganegaraan Amerika).

Artikel ini ditulis oleh: Vici Erta

Editor:   Editor KapanLagi.com