Tak Hanya Jago Bernyanyi dan Menari, Sederet Idol K-Pop ini Juga Berbakat Menjadi DJ Radio

Rabu, 22 September 2021 10:17 WIB
Tak Hanya Jago Bernyanyi dan Menari, Sederet Idol K-Pop ini Juga Berbakat Menjadi DJ Radio
Shinwon PENTAGON dan Kim Jae Hwan (Credit: Instagram/ cube_ptg; Jaehwan0527

Kapanlagi.com - Memang sudah tidak mengherankan jika seorang idol K-Pop memiliki lebih dari satu bakat yang mereka kuasai. Sudah menjadi tuntutan industri hiburan Korea Selatan bagi mereka untuk dapat menguasai dunia tarik suara, menari dengan koreografi, dan bakat-bakat lain dalam satu waktu. Kemampuan-kemampuan tersebut tentunya menjadi salah satu daya tarik para penggemar untuk terus setia mendukung mereka.

Jika berbicara mengenai idol K-Pop, memiliki kemampuan bernyanyi dan menari tentu sudah sangat wajar dan sering ditemui. Tetapi bagaimana jika idol K-Pop tersebut memiliki kemahiran untuk menjadi seorang DJ radio? Tentunya hal ini menjadi sesuatu yang cukup berbeda dengan idol K-Pop yang lain. 

Menjadi seorang DJ radio, artinya selain harus pandai dengan kemampuan bernyanyi dan yang lainnya, para idol K-Pop juga dituntut untuk mahir public speaking serta berkomunikasi dengan para pendengarnya. Mereka juga dituntut untuk dapat memiliki wawasan yang luas untuk dapat menyampaikan beragam informasi pada pendengarnya. Idol-idol K-Pop yang juga menjadi DJ radio di samping kesibukannya menjadi seorang penampil di atas panggung di antaranya adalah:

1. Heechul Super Junior

Idol K-Pop pertama yang ternyata juga jago menjadi seorang DJ radio di Korea Selatan adalah Heechul Super Junior. Pada tahun 2012 lalu, meskipun Heechul Super Junior  bertugas di ketentaraan, dia tetap mampu membawa bakat siarannya ke radio. 

Dilansir dari portal berita Soompi, Acara yang akan dibawakan Heechul Super Junior ditayangkan setiap hari Jumat siang waktu setempat selama 50 menit melalui halaman web resmi kantor distrik Sung Dong. Acara tersebut membacakan surat yang dikirim oleh penduduk Sung Dong dan berbicara tentang berita lokal secara umum. 

2. Jaehyun NCT

Jika tadi ada Heechul Super Junior yang lebih senior, kini kita beralih ke salah satu pria tampan yang merupakan salah satu member boy group yang cukup populer di Korea Selatan, yakni Jaehyun NCT. Ternyata Jaehyun NCT tidak sendirian saat menjadi DJ radio, ia tandem bersama rekannya satu boy group, yaitu Johnny NCT.

Jaehyun dan Johnny NCT diketahui mulai menjadi DJ radio ‘NCT's Night Night' sejak 20 Maret 2017 silam. Namun, hal tersebut berhenti di awal tahun 2019. Mereka memutuskan untuk berhenti menjadi seorang DJ radio karena jadwal tur konser mereka yang cukup padat dan tidak memungkinkan mereka untuk menjadi seorang DJ radio kembali.

3. Shinwon PENTAGON dan Kim Jae Hwan

Idol K-Pop selanjutnya adalah dua idola Korea Selatan yang sebulan lalu terpilih untuk menjadi DJ radio di waktu dan di instansi yang sama, yaitu Shinwon PENTAGON dan Kim Jae Hwan. Mereka berdua sama-sama menjadi DJ radio di EBS Radio dengan program yang berbeda. 

Shinwon PENTAGON menjadi DJ radio pada program Nighttime Radio yang mengudara setiap malam jam sepuluh malam hingga jam dua belas pagi waktu setempat. Berbeda dnegan Shinwon PENTAGONKim Jae Hwan menyiarkan program Listen yang akan mengudara jam tujuh hingga jam sembilan malam waktu setempat. 

4. Tablo Epik High

Tablo Epik High merupakan salah satu idol K-Pop yang cukup aktif di dunia radio di samping karirnya menjadi seorang musisi kenamaan Korea Selatan. Tablo Epik High sempat 'keluar-masuk' di dunia radio karena beberapa alasan yang membuatnya harus vakum dan berhenti menjadi DJ radio.

Tablo Epik High sempat hiatus menjadi DJ radio pada tahun 2009 hingga 2014. Ia akhirnya memutuskan untuk kembali menjajaki sebagai seorang DJ radio pada bulan April 2014 mendatang pada program yang sama saat dirinya menjadi DJ radio empat tahun yang lalu yaitu Tablo Dreaming Radio. Namun, hal ini bertahan hingga satu setengah tahun saja. Tablo Epik High memutuskan untuk mundur dari DJ radio dengan alasan padatnya tur konser yang ia dapatkan. 

5. Sunny Girls Generation

Idol K-Pop selanjutnya yang juga diketahui juga merupakan seorang DJ radio adalah Sunny Girls Generation. Ia pernah menjadi DJ radio di stasiun radio MBC FM4U dengan program FM Date pada tahun 2014. Hal ini ternyata bukanlah kali pertama Sunny Girls Generation menjadi seorang DJ radio. Sebelumnya ia pernah menjadi DJ radio di Chunji Radio bersama dengan Sungmin Super Junior.

Namun hal tersebut bertahan hanya sampai pada tahun 2015 saja. Pasalnya ia harus tinggalkan dunia radio dengan alasan yang mirip dengan idol K-Pop yang lain, yaitu jadwalnya yang semakin padat bersama Girls GenerationSunny Girls Generation melakukan siaran terakhirnya pada tanggal 15 November 2015 silam.

Itu tadi adalah beberapa idol K-Pop yang juga menjadi seorang DJ radio di samping karir mereka menjadi seorang musisi. Beberapa dari mereka harus menghentikan kesibukannya menjadi seorang DJ radio karena berbenturan dengan jadwal penampilannya. Jadi, adakah idola kamu di list tadi, KLovers?

Ditulis oleh: Muhammad Ancah