Tak Hanya Pandai Memikat Penonton, Sederet Idol K-Pop Ini Aktif Dalam Kegiatan Peduli Lingkungan

Jum'at, 15 Oktober 2021 11:13 WIB
Tak Hanya Pandai Memikat Penonton, Sederet Idol K-Pop Ini Aktif Dalam Kegiatan Peduli Lingkungan
Red Velvet dan BLACKPINK (Credit: Twitter/RVsmtown;BLACKPINK

Kapanlagi.com - Lingkungan alam adalah salah satu hal yang penting bagi kehidupan manusia. Tanpa adanya hal tersebut, mungkin manusia tidak dapat bertahan hidup. Menjaga lingkungan alam menjadi sesuatu yang krusial untuk dilakukan manusia. Karena, secara tidak langsung, bila kita menjaga lingkungan alam, hal itu juga bentuk upaya kita untuk dapat bertahan hidup.

Maka dari itu, banyak sekali orang-orang yang menyuarakan seruan untuk peduli dengan lingkungan alam, salah satunya adalah para Idol K-Pop. Beberapa idol K-Pop tampak berkontribusi dalam aksi pelestarian bumi dilihat dari kegiatan maupun gaya hidup yang mereka terapkan sehari-hari.

Hal ini juga menjadi hal yang penting, mengingat mereka merupakan salah satu contoh bagi para penggemarnya. Sedikit aksi saja sudah sangat berarti bagi perubahan sikap beberapa orang. Kira-kira, siapa saja idol K-Pop yang tercatat peduli dengan lingkungan alam dan bumi? Idol-idol K-Pop tersebut di antaranya adalah:

1. Red Velvet

Idol K-Pop yang tercatat peduli dengan lingkungan yang pertama adalah salah satu girl group kenamaan Korea Selatan, Red Velvet. Bentuk aksi peduli lingkungan mereka adalah pernah diangkat menjadi Duta Hari Udara Bersih Internasional oleh PBB.

Diketahui Red Velvet diangkat menjadi Duta Hari Udara Bersih Internasional ini pada tanggal 7 September 2020 silam. Selama mereka menjabat, banyak sekali kampanye yang dilakukan untuk menyampaikan informasi mengenai betapa pentingnya udara bersih bagi manusia. Mereka juga memberikan beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi pencemaran udara.

2. Park Ji Hoon

Selain Red VelvetPark Jihoon juga tercatat pernah melakukan aksi peduli lingkungan. Aktor dan juga sekaligus mantan member Wanna One ini pernah ditunjuk oleh Kementerian Lingkungan Hidup Korea untuk menjadi promotor dalam kebijakan pemerintah menanggulangi perubahan iklim.

Ia juga berpartisipasi aktif dalam pembuatan iklan layanan publik serta upaya untuk mendorong gaya hidup ramah lingkungan. Ia dipilih oleh Pemerintah Korea pada tahun 2019 silam. Dalam kampanye ini, Park Jihoon terlihat sangat aktif dalam mempromosikan di beberapa media yang ia miliki.

3. BLACKPINK

BLACKPINK juga salah satu idol K-Pop yang memang memiliki concern khusus dengan lingkungan alam. Mereka tercatat melakukan beberapa kali aksi peduli lingkungan. Misalnya pada tahun ini, tepatnya pada tanggal 25 Februari 2021, mereka ditunjuk oleh PBB untuk menjadi duta untuk Konferensi Perubahan Iklim. 

BLACKPINK juga tercatat cukup sering melakukan penggalangan dana untuk para korban bencana alam. Mereka pernah mengumpulkan uang sebesar empat puluh juta won pada satwa liar korban bencana kebakaran hutan. Pada tahun 2020 lalu, mereka mengeluarkan suatu video yang diunggah di kanal resminya. Di dalam video tersebut mereka mengajak para penggemar untuk lebih peka terhadap perubahan iklim yang sedang terjadi.

4. MAMAMOO

Idol K-Pop selanjutnya yang juga tercatat peduli terhadap lingkungan adalah MAMAMOOMAMAMOO cukup kritis dalam menanggapi isu lingkungan alam ini.Mereka tidak secara terang-terangan bersuara untuk mengajak para penggemar dalam aksi peduli lingkungan.

MAMAMOO memilih untuk memasukkan pesan peduli lindungan di dalam salah satu karya yang mereka miliki. Mereka pernah membuat salah satu music video yang di dalamnya menyinggung mengenai isu lingkungan. Hal tersebut MAMAMOO tuangkan di dalam salah satu hit mereka yang berjudul HIP. Salah satu cara ini sebenarnya dianggap cukup efektif dalam mengampanyekan suatu isu, karena sangat mudah untuk disebar luaskan.

5. VIXX

Idol K-Pop berikutnya yang juga cukup responsif dalam melakukan kampanye peduli lingkungan adalah VIXX. Salah satu boy group kenamaan Korea Selatan yang beranggotakan enam member ini memiliki cara yang unik dalam mengampanyekan mengenai isu-isu peduli lingkungan alam.

VIXX diketahui bekerja sama dengan salah satu game anak-anak terkenal pada saat itu, yaitu Angry Birds. Kerja sama ini terjalin pada tahun 2015. VIXX turut dalam melakukan kampanye ringan yaitu #AngryAboutClimateChange. Boy group ini mengampanyekan mengenai perubahan iklim yang terjadi dan proyek dari salah satu instansi yang berupaya untuk menanam pohon di kawasan rawan degradasi.

Itu tadi adalah beberapa idol K-Popyang diketahui cukup peka dengan isu lingkungan alam. Mereka memiliki cara-caranya tersendiri dalam mengampanyekan isu tersebut. Mulai dari menjadi duta, menyediakan platform kampanye, dan bekerja sama dengan perusahaan game anak-anak. Jadi, adakah salah satu idola kamu yang peduli tentang isu lingkungan ini, KLovers?

Ditulis oleh : Muhammad Ancah