Tak Perpanjang Lisensi, Ini Fakta Menarik Kakao M yang Bikin Ratusan Lagu Korea Menghilang di Spotify

Jeffrey Winanda   | Senin, 01 Maret 2021 19:51 WIB
Tak Perpanjang Lisensi, Ini Fakta Menarik Kakao M yang Bikin Ratusan Lagu Korea Menghilang di Spotify
(c) Shutterstock

Kapanlagi.com - Apakah kamu salah satu dari banyaknya penikmat musik yang kaget setelah ngecek Spotify hari ini? Awal bulan Maret ini para penikmat musik dibikin heboh dengan hilangnya ratusan lagu Korea dari layanan musik Spotify. Ratusan single hits dari musisi Korea seperti Epik High, MAMAMOO, GFriend, IU, Zico, SEVENTEEN, BTOB, MONSTA X, CL dan masih banyak lagi secara tiba-tiba menghilang dari layanan musik yang didirikan di Swedia ini.

Penyebab menghilangnya ratusan lagu Korea dari Spotify adalah telah habisnya lisensi dari distributor hak master untuk lagu tersebut, yakni Kakao M. Masih belum familiar sama Kakao M? Berikut fakta menariknya!

1. Perusahaan Co-Publisher Terbesar di Korea Selatan

Kakao M adalah perusahaan yang bertindak sebagai label rekaman, music production, hingga publisher. Sebagai distributor musik terbesar di Korea Selatan, Kakao M menyumbang 37,5% lagu yang tampil di Top 400 Yearly Song Chart 2020 dari Gaon Music Chart.

2. Sudah Lahir Sejak 1978

Cikal bakal dari Kakao M udah ada selama lebih dari 4 dekade yang lalu. Berawal dari 1978, Min Yeon-Bin mendirikan Seoul Records yang fokus ke diproduksi kaset pembelajaran bahasa. Di tahun 2008, Seoul Records berganti nama menjadi Live On Entertainment Network (LOEN Entertainment), sebelum akhirnya pada akhir desember lalu berganti nama menjadi Kakao M.

3. Satu Payung Perusahaan dengan Melody Online (MelOn)

Induk perusahaan Kakao M juga menjalankan perusahaan layanan musik streaming Melody Online (MelOn) yang beken di Korea Selatan. Meluncur tahun 2004, Melody Online (MelOn) kini menjelma sebagai salah satu platform musik streaming terbesar di Korea Selatan. 

4. Kakao M Buka Suara Tentang Kasus Ini

Diberitakan oleh NME, Kakao M menjelaskan jika nggak tercapainya negoisasi sama Spotify akibat dari kebijakan dari pihak Spotify sendiri yang berkaitan dengan kesepakatan musik domestik dan global. Terdapat beberapa hal yang sifatnuya kurang cocok bagi Kakao M dan membuat mereka mengakhiri perjanjian mengenai lisensi artis di bawah Kakao M kepada Spotify.

5. Nggak Semua Lagu Korea Hilang dari Spotify

Meski ada ratusan lagu yang hilang dari Spotify, tapi nggak semua lagu yang berasal dari musisi K-POP nggak bisa diputar. Musisi dari agensi SM Entertainment, YG Entertainment, Big Hit Entertainment, dan JYP Entertainment tetap tersedia di layanan musik streaming Spotify. Tentunya kabar ini bisa melegakan para penikmat musik di dunia yang tetap bisa mendengarkan lagu K-POP dari akun Spotify mereka.

 

Reporter:   Jeffrey Winanda