Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Terima Panggilan Wamil di Tengah Skandal Prostitusi, Seungri Eks-Big Bang Akan Hadapi Peradilan Militer?

Kistin Septiyani   | Selasa, 04 Februari 2020 23:31 WIB
Terima Panggilan Wamil di Tengah Skandal Prostitusi, Seungri Eks-Big Bang Akan Hadapi Peradilan Militer?
Seungri ©TPG Image

Kapanlagi.com - Administrasi Tenaga Kerja Militer (MMA) telah mengirimkan panggilan wajib militer untuk Seungri eks-Big Bang. Idol asuhan YG Entertainment ini memang sudah dijadwalkan menjalani wamil beberapa waktu lalu.

Mengutip Soompi, pada Selasa (4/2/2020), Seungri mengajukan penundaan wamil tahun lalu. Hal ini dilakukan agar mantan member Big Bang ini bisa menjalani investigasi atas kasus penyuapan dan prostitusi ilegal di club malam miliknya, Burning Sun.

1. Tugas Militer

Dalam pernyataan resminya, pihak MMA mengungkapkan bahwa mereka telah mengirimkan pada Seungri untuk memberitahukan tugas militer secara adil padanya. Penugasan wamil ini disesuaikan dengan hasil investigasi terhadap kasusnya.

"Kami telah mengirimkan sebuah surat pemberitahuan atas tugas dinas militer yang harus dilaksanakannya setelah investigasi terhadap kasusnya selesai disimpulkan," ujar MMA, dikutip dari Soompi.

2. Dipindahkan ke Pengadilan Militer

Gambar

Dalam pernyataan tersebut, MMA menyatakan bahwa pihaknya mempertimbangkan kemungkinan persidangan terhadap kasus tersebut akan berlangsung cukup alot dan memerlukan waktu yang lama. Oleh sebab itu, pihaknya akan menunggu investigasi terhadap kasus tersebut selesai untuk menentukan penugasan wamil terhadap Seungri. Mereka juga akan memindahkan kasus tersebut ke pengadilan militer begitu Seungri memulai wamil.

"Ketika Seungri mulai wamil, kuasa atas persidangannya akan dipindahkan ke Pengadilan Militer sesuai dengan hukum terkait," terang MMA lebih lanjut.

3. Kasus Prostitusi dan Penyuapan

Seungri sendiri diduga terlibat dalam berbagai skandal yang menyangkut Burning Sun, kelab malam yang ia kelola sebagai direktur eksekutif. Ia diduga terlibat dalam perdagangan narkoba dan praktek prostitusi ilegal yang terjadi dalam kelab tersebut.

Skandal tersebut terkuak ke publik pada awal tahun 2019 lalu. Akibat dari skandal tersebut, Seungri memutuskan untuk keluar dari Big Bang dan mundur dari dunia hiburan Korea Selatan.

Hingga kini ia masih menjalani investigasi terhadap kasus tersebut. Belakangan diketahui ia juga terlibat dalam kasus penggelapan pajak dan penyuapan menggunakan jasa prostitusi. Ia juga diduga menjadi mucikari dari kasus prostitusi yang terjadi di kelab tersebut.

Editor:   Kistin Septiyani