Terungkap! Ini 5 Alasan Bang Si Hyuk Menjadikan V BTS 'Hidden Member' saat Debut

Iwan Tantomi   | Jum'at, 14 Mei 2021 15:00 WIB
Terungkap! Ini 5 Alasan Bang Si Hyuk Menjadikan V BTS 'Hidden Member' saat Debut
credit via HYBE Labels

Kapanlagi.com - BTS kini dikenal sebagai salah satu grup paling sukses di industri musik global. Meski tak semua orang mungkin mengenal satu per satu nama member, tetapi banyak yang paham jika berjumlah tujuh orang.

Namun, tahukah kamu jika formasi tujuh orang ini ternyata tak direncanakan sejak awal. Bang Si Hyuk selaku produser utama BTS sekaligus pemilik agensi Big Hit Entertainment (sekarang HYBE Labels) saat itu, bahkan menjadikan V BTS sebagai hidden member jelang persiapan debut BTS pada 2013.

Informasi ini sudah bukan menjadi rahasia umum di kalangan penggemar, tetapi setelah hampir 8 tahun BTS berkarier, Bang Si Hyuk pun akhirnya mengungkapkan alasan sebenarnya, kenapa sampai menjadikan V BTS sebagai hidden member.

1. Tak Berencana Ikut Audisi Idol K-Pop di Awal-Awal

Berbeda dengan idol K-Pop lainnya, yang biasanya ikut audisi, jadi trainee kemudian debut secara resmi. Perjalanan karier V BTS sedikit berbeda, karena awalnya ia tak tertarik menjadi idol K-Pop, apalagi ikut audisi.

Hingga suatu ketika ia menemani temannya audisi di Big Hit Entertainment (sekarang Big Hit Music). Di sana V justru ditawari pihak Big Hit untuk ikut audisi juga. V kemudian menelepon orangtuanya, dan langsung ikut audisi saat itu juga.

2. Potensi yang Belum Matang

Saat ikut audisi di Big Hit, V BTS ungkap mendapatkan beberapa pertanyaan, termasuk permintaan menunjukkan bakat apa saja yang dimilikinya di hadapan para tim penyeleksi.

"Aku coba menari, mereka bertanya ada bakat lain? Aku menyanyi, mereka bertanya lagi ada bakat lain? Aku coba melakukan beatbox, mereka kembali tanya, ada yang lain? Aku coba ngerap, mereka tanya ada lainnya? Aku memainkan saksofon, mereka tetap tanya ada yang lain? Aku akhirnya menjawab tak ada keahlian lain lagi yang bisa kutunjukkan," ungkap V.

3. Perasaan Menjadi Hidden Member

Sekalipun V bergabung dengan Big Hit pada 2011, tetapi wajahnya tak pernah diungkapkan ke publik, hingga foto teaser pertama pada 2 Juni 2013, 11 hari sebelum BTS debut. Padahal, member lainnya sudah mengenalkan diri lewat foto dan vlog sejak awal 2012.

V pun mengungkapkan jika menjadi hidden member bukan hal mudah baginya. Ia pun menjelaskannya dalam 'Bangtan Blog' pertamanya.

"Ketika semua member syuting untuk vlog masing-masing, aku hanyalah satu-satunya orang yang tak bisa melakukannya, aku sangat sedih. Ketika yang lain syuting di studio, aku ikut melakukannya, tetapi aku tak bisa mengunggahnya.

Saat syuting sendiri aku bilang begini, 'hari ini, hari di bulan ini pada 2013, aku merekam ini sendiri, dan mungkin tak akan pernah dirilis kan? aku sedih'," ungkap V.

4. Tak Pernah Memahami Maksudnya

Setelah 8 tahun berlalu, ketika namanya kini menjadi salah member grup terkenal sejagat, V pun diajak bernostalgia oleh Majalah Rolling Stone. Dalam wawancara terbaru, V ditanya soal hidden member ini.

"Aku sebenarnya tak pernah mengerti apa maksud dan tujuannya," ungkapnya sambil tertawa. "Kenapa ya mereka melakukan hal itu kepadaku saat itu? Memang konsep seperti apa? Aku sungguh tak memahaminya."

5. Punya Kharisma Luar Biasa

Menanggapi hal ini, CEO HYBE, Bang Si Hyuk menjelaskan alasannya kenapa membentuk formasi BTS dengan konsep semacam itu, dan kenapa pula ia memilih V BTS sebagai hidden member.

"Kami butuh momentum yang sempurna untuk mengumumkan sebuah grup bernama BTS. V memiliki kharisma yang besar, baik dari penampilan maupun kepribadiannya, sehingga kami berpikir jika dampaknya bakal sangat besar jika V diumumkan paling akhir. Benar saja, strategi tersebut sangat efektif untuk membangun image grup yang akan debut, sekaligus kesan yang diterima para penggemar dari masing-masing member," jelas Bang Si Hyuk.

Baik V, Bang Si Hyuk, BTS maupun agensi, tak menganggap hal ini menjadi persoalan berarti, karena kini mereka sudah besar dan meraih sukses bersama bak keluarga. Baik BTS maupun V secara personal, hal ini pun meninggalkan kesan tersendiri dalam perjalanan kariernya. 

Sebab, sang hidden member BTS kini telah menjelma menjadi salah satu musisi, aktor, model, hingga superstar dunia. Gimana perjalanan karier seorang V BTS ini menurut kamu, KLovers?

 

Reporter:   Iwan Tantomi