Tuduhan Hina Indonesia Sunny Dahye Disebut Hoax, Penyidikan Berlanjut

Kamis, 07 Oktober 2021 19:47 WIB
Tuduhan Hina Indonesia Sunny Dahye Disebut Hoax, Penyidikan Berlanjut
Sunny Dahye (credit: instagram.com @sunnydahye)

Kapanlagi.com - Sunny Dahye akhirnya melaporkan akun media sosial kepada pihak polisi karena telah menyebarkan hoaks dan menuduh Indonesia. Berawal dari akun id yang beranam "sunnyisaliar2", Sunny Dahye telah membuat postingan yang menyebutkan viewes Indonesia bodoh.

Setelah beberapa postingan tersebut menjadi viral di berbagai platform di sosial media (youtube, Tiktok, Twitter, Instagram dll) banyak netizen2 Indonesia yang percaya akan berita ini dan mulai mencaci maki Sunny dan memberi ancaman mati.

Dengan adanya kejadian tersebut, Sunny Dahye melaporkan lewat kuasa hukumnya ke Polres Metro Jakarta Utara pada 20 Agustus 2021 lalu. Karena merasa nama baiknya telah tercoreng, kuasa huku menyebutkan bahwa laporan klien, penyidikan masih terus berlanjut.

"LP/B/515/VIII/2021/ SPKT/POLRES METRO JAKUT/POLDA METRO JAYA, tanggal 20 Agustus 2021 tentang Dugaan Tindak Pidana Pencemaran Nama Baik dan/atau Pengancaman melalui media elektronik yang dilakukan oleh Pemilik akun Sunnyisaliar2, yang telah merugikan Sunny Dahye tetap berlanjut dan masih dalam proses penyelidikan, adapun Pasal yang dikenakan adalah Pasal 45 ayat (3) jo Pasal 27 ayat (3) dan/atau Pasal 45 ayat (4) Jo Pasal 27 ayat (4) dan/atau Pasal 310 KUHPidana dan/atau Pasal 311 KUHPidana, dengan ancaman hukuman 6 tahun pidana penjara dengan denda Rp. 1.000.000.000,- (satu milyar rupiah)", kata kuasa hukum Sunny Dahye, Ditho Sitoempoel.

1. Dianggap Berikan Kabar Fitnah

Nama akun @sunnyisaliar2 ini telah hilang. Oleh karena itu, Ditho memberikan penjelasan bahwa tuduhan tersebut merupakan salah satu hal yang dianggap kabar fitnah.

"Bahwa setelah menimbulkan kegaduhan, pemilik akun anonim sunnyisaliar2 menghapus akunnya, ini membuktikan bahwa pemilik akun anonim sunnyisaliar2 diduga memang sengaja ingin mencemarkan nama baik sunnydahye dengan berita-berita yang tidak berdasar dan menghilang agar tidak diproses hukum," tegas Ditho.

"namun yang tidak diketahuinya adalah meskipun akun sunyisaliar2 sudah dihapus, Kepolisian Negara Republik Indonesia sudah sejak lama memiliki kerjasama dengan Pihak Instagram dan Facebook sehingga meski akunnya sudah dihapus masih bisa dicari oleh Pihak Instagram dan Facebook dengan Permohonan dari Kepolisian Negara Republik Indonesia", imbuhnya.

2. Tak Bisa Sembunyi dari Kasus Hukum

Lanjutnya, Ditho juga mengungkapkan bahwa siapa saja yang membuat kegaduhan dengan melanggar hukum akan terkena sanksi hukum. Seperti dengan pemilik akun sunnyisaliar2 ini tak bisa bersembunyi dari penyidikan lanjutan.

"Bahwa siapapun yang melanggar hukum akan mendapatkan sanksi hukum, dan Pemilik Akun Anonim Sunnyisaliar2 tidak akan bisa bersembunyi dari Hukum, kami percaya bahwa Kepolisian Negara Republik Indonesia segera akan menemukan orang dibalik akun Anonim Sunnyisaliar," katanya.