Viral Korean Bento Cake yang Manis dan Cantik, Ternyata Punya Sejarah Unik

Wuri Anggarini | 24 September 2021, 10:16 WIB
Viral Korean Bento Cake yang Manis dan Cantik, Ternyata Punya Sejarah Unik

Kapanlagi.com - Korea Selatan memang dikenal banyak menghadirkan beragam tren baru. Nggak cuma dalam dunia hiburan seperti drakor atau K-Pop saja, bahkan dunia kuliner asal Korea Selatan juga banyak memikat para foodies dari berbagai daerah.

Tteokbokki, jjajangmyeon, hingga ramyun mungkin jadi beberapa kuliner asal Negeri Ginseng yang viral lewat drama. Tapi nggak hanya itu saja karena tren kuliner asal Korea juga berkembang, salah satunya adalah kehadiran Korean Bento Cake yang manis dan cantik. Tahu nggak kalau ternyata kue ini punya sejarah yang unik?

Mini Cake yang Sudah Jadi Tren Sejak 2019

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Bento cake atau yang juga dikenal dengan nama lunch box cake dan dosirak cake sebenarnya merupakan kue tart berukuran mini. Kue ini dilapisi dengan buttercream yang dikreasikan menjadi berbagai desain minimalis sehingga tampak cantik dan mencuri perhatian.

Tren mini cake di Korea sendiri sebenarnya sudah berkembang sjak tahun 2019. Namun, bento cake memang yang paling mencuri perhatian dan banyak digandrungi para foodies di berbagai penjuru dunia.

Berawal dari Kebiasaan Makan Masyarakat Korea

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Mengapa bento cake dan mini cake manis lainnya bisa jadi tren dan viral? Ternyata, hal ini awalnya berasal dari kebiasaan makan masyarakat Korea sendiri, lho. Orang Korea dikenal punya kebiasaan makan dalam 2 sesi. Setelah menikmati makan besar, mereka biasanya mencari hidangan manis di cake shop atau bakery.

Cake atau dessert manis biasanya jadi makanan yang diincar. Hal inilah yang kemudian melahirkan tren bento cake dan aneka makanan manis di Korea lainnya. Bento cake sendiri populer karena ukurannya yang kecil, sehingga dinilai pas jika dinikmati seorang diri.

Populer di Indonesia Juga

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Bento cake juga termasuk jenis cake yang populer di tanah air. Bahkan, banyak seller yang menjual kuliner yang satu ini secara online. Dilihat dari katalog yang mereka unggah, kreasi bento cake yang dibuat di Indonesia juga nggak kalah cantik dari negara asalnya. Dengan desain yang bisa disesuaikan dengan permintaan, bento cake banyak jadi pilihan sebagai ide hantaran manis yang sesuai dengan budget.

Sederet menu bento cake juga bisa kamu temukan dalam ‘etalase' online . Platform kuliner yang satu ini merupakan bagian dari KapanLagi Youniverse (KLY) sebagai Digital Media Network, KLY menaungi media online seperti Liputan6.com, Merdeka.com, Kapanlagi.com, Fimela.com, Dream.co.id, Brilio.id, Bola.com, Bola.net, dan Otosia.com.

ManisdanSedap.com mendukung para pelaku UMKM kuliner dalam menjangkau target pasar yang lebih luas lagi lewat katalog produk yang ditampilkan dalam website tersebut. Cara pemesanannya juga gampang dan bebas ribet karena dilengkapi dengan tombol pemesanan yang langsung terhubung ke nomor WhatsApp seller. Transaksi dilakukan terpisah di luar platform, jadi lebih praktis. Tinggal tunggu pesanan tiba di rumah sesuai dengan estimasi waktu yang diinformasikan.

Buat yang ingin mencari rekomendasi bento cake favorit di ManisdanSedap.com, ini dia beberapa pilihan yang bisa kamu coba.

1. Bento Cake by KoreanCakes_Sub di Surabaya

Credit: KoreanCakes_SubCredit: KoreanCakes_Sub

2. Bento Cake by di Makassar

Credit: Yuka CakeryCredit: Yuka Cakery

3. Bento Cake by Soleilsbox di Batam

Credit: SoleislboxCredit: Soleislbox

4. Bento Cake by di Depok

Credit: Ai KitchenCredit: Ai Kitchen

5. Bento Cake by Momica Dessert di Malang

(kpl/wri)

Editor:   Wuri Anggarini

Topik Terkait