Viral Petisi untuk Hilangkan Adegan Shizuka Mandi di Serial Animasi 'Doraemon'

Kamis, 07 Januari 2021 22:11 WIB
Viral Petisi untuk Hilangkan Adegan Shizuka Mandi di Serial Animasi 'Doraemon'
Salah satu adegan serial animasi 'Doraemon' / Credi: Istimewa

Kapanlagi.com - Siapa yang tak tahu serial animasi asal Jepang, Doraemon? Baik anak-anak generasi 90an maupun anak milenial pasti sudah tak asing dengan judul populer yang legendaris tersebut. Baik dulu maupun sekarang, sederet stasiun televisi masih kerap menayangkannya secara berkala.

Bukan tanpa alasan animasi karya Fujiko Fujio ini bisa begitu booming. Salah satunya tentu karena kisah persahabatan antara Nobita dan seorang robot kucing dari masa depan yang punya berbagai jenis alat unik dalam kantong ajaibnya.

Nah belum lama ini serial Doraemon sedang jadi buah bibir di media sosial. Alasannya karena ada seorang wanita bernama Midorino Mushima yang membuat sebuah petisi di change.org untuk menghilangkan beberapa adegan yang menurutnya tak layak untuk ditayangkan.

"Kita adalah mantan anak-anak yang sangat menyukai Doraemon dan sekarang sudah jadi orang tua yang ingin menunjukkan Doraemon pada anak-anak kita. Kita telah mempelajari banyak hal dari Doraemon, mulai dari persahabatan dan keberanian. Dan kami ingin mengajarkan hal-hal tersebut pada anak-anak kita," tulis Midorino di pembukaan petisinya.

1. Adegan Intip Shizuka Mandi

Ceritanya, Midorino merasa adegan Nobita sedang ngintip Shizuka mandi itu tak sepatutnya ditayangkan. Alasannya karena hal itu sudah termasuk dalam pelecehan seksual dan bisa saja ditiru oleh anak-anak yang menonton.

"Akan tetapi, ada beberapa adegan yang bermasalah di Doraemon, yakni adegan Nobita ketika sedang mengintip Shizuka mandi. Perbuatan tersebut masuk kategori pelecehan seksual, bukan cuma tabiat buruk belaka. Ini adalah contoh perilaku yang bisa memberikan rasa trauma pada wanita yang jadi korban dan bisa menyebabkan rasa takut berkepanjangan bagi mereka untuk mandi atau sekedar berinteraksi dengan lawan jenis," jelas Midorino.

2. 5 Hal yang Harus Diubah

Midorino memulai petisinya pada tanggal 3 Desember 2020 lalu dengan target mendapatkan 5000 tanda tangan persetujuan hingga 31 Maret 2021 mendatang. Hingga berita ini diturunkan, total sudah ada 14 ribu lebih orang yang menyetujui petisi tersebut dan targetnya pun kini bertambah jadi 15 ribu.

"Karenanya, kami meminta 5 hal berikut:
1. Ketika menciptakan karya baru, tolong jangan melibatkan adegan mengintip di kamar mandi
2. Ketika membuat film-film baru, tolong jangan melibatkan adegan perempuan telanjang, termasuk Shizuka
3. Ketika menyiarkan ulang episode jadul di TV, cobalah hindari adegan mengintip di kamar mandi sebisa mungkin
4. Ketika adegan itu memang tak bisa dihindari, tolong tambahkan catatatn jika apa yang sedang terjadi itu hal ilegal
5. Lakukan hal serupa untuk kejahatan seksual lain, seperti mengintip celana dalam dan sejenisnya," tutupnya.

Tentu saja petisi yang dibuat oleh Midorino ini mengundang pro dan kontra besar-besaran. Kalau KLovers sendiri yay or nay? Tulis komentarmu ya!