Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Nggak Kaleng-Kaleng, Ini Sederet Fakta UN1TY Boyband Asal Indonesia yang Single Terbarunya Dibuat Oleh Pencipta Lagu EXO - Justin Bieber

Dhia Amira   | Kamis, 23 Desember 2021 20:33 WIB
Nggak Kaleng-Kaleng, Ini Sederet Fakta UN1TY Boyband Asal Indonesia yang Single Terbarunya Dibuat Oleh Pencipta Lagu EXO - Justin Bieber
(credot: instagram.com/un1ty_official)

Kapanlagi.com - UN1TY merupakan salah satu idol grup yang berasal dari Indonesia. UN1TY berisi 8 member di antaranya adalah Farhan, Shandy, Ricky, Gilang, Fenly, Zweitson, Fajri, dan Fiki. Para member tersebut terpilih karena memiliki keseragaman suara dan karakter yang menarik serta dianggap mampu dapat menciptakan nuansa baru dalam industri musik Indonesia.

UN1TY resmi debut pada tahun 2019, bukan grup yang main-main ya KLovers. Ternyata para member UN1TY terpilih melalui ajang kompetisi bernyanyi yang diselenggarakan oleh Famous All Star, di mana ajang kompetisi tersebut dikemas dalam sebuah survival show bernama 1ID Music. Program acara ini diikuti oleh 500 peserta trainee di seluruh Indonesia, dan hanya terpilih beberapa saja yang saat ini menjadi grup UN1TY.

Nah, bagi KLovers yang penasaran banget dengan Boyband Asal Indonesia ini. Berikut ini profil dari grup UN1TY yang bisa bikin kalian bangga. Yuk langsung saja kalian cek KLovers.

1. Awal Karier

Gambar

UN1TY mengawali kariernya dengan merilis dua single lagu yang berjudul Coba Cintaku yang diluncurkan pada 9 Desember 2019 dan Satu yang dirilis pada 10 Desember 2019. Kedua single tersebut ditulis langsung oleh sang produser, Patrick Effendy, di mana keduanya mampu menembus tangga musik Indonesia.

Yang mengejutkannya lagi adalah single Coba Cintaku berhasil menempati peringkat ke-43 pada Billboard Indonesia Top 100 loh KLovers. Tak berhenti di sana, setelah satu bulan, ternyata perilisan single tersebut menempati peringkat ke-19 pada Langit Musik Top 50 edisi Januari 2020. Sedangkan single Satu tak membutuhkan waktu lama telah berhasil meraih peringkat ke-4 pada Indonesia 20 edisi 15 oleh I-Radio Jakarta.

UN1TY juga mampu menarik perhatian netizen Indonesia atas keaktifan mereka dalam bermain media sosial TikTok loh. Di mana mereka sering menunjukkan kemampuan bernyanyi sekaligus menari dalam sebuah video pendek. Sesekali kedelapan pria muda ini juga menunjukkan aksi lucu dan tengil yang mengundang gelak tawa pengguna TikTok.

Tak heran, bila banyak sekali netizen TikTok yang melirik boyband itu, hingga dapat menambah popularitas UN1TY di mata netizen Indonesia. Bukan hanya TikTok, mereka juga aktif dalam mengunggah video di Youtube yang mereka gunakan sebagai daily vlog aktivitas para member UN1TY.

2. Bukan Sembarang Boyband

Gambar

Ya, UN1TY bukan sembarang Boyband biasa loh KLovers. Mereka sukses dan dilirik oleh para penggemar Indonesia karena mereka mampu memberikan genre musik yang keren dan asyik. Walaupun terlihat sama dengan boyband asal Korea Selatan yang memiliki banyak member dalam sebuah grup, namun gaya musik UN1TY tidak terlihat menyamai seperti boyband asal negeri ginseng itu.

UN1TY tampil dengan musik pop ringan yang ramah didengar oleh warga Indonesia dengan lirik lagu yang dominan berbahasa Indonesia. Selain itu, diketahui bahwa UN1TY akan merilis sebuah lagu yang dibuat langsung oleh komposer Korea Selatan loh KLovers! Ya, Hyuk Shin adalah produser dan komposer Korea yang akan membuat lagu untuk grup UN1TY.

Bahkan ia merupakan komposer pertama yang berhasil menembus US Billboard Top 200 chart di posisi #13 berkat lagu One Less Lonely Girl yang dinyanyikan Justin Bieber. Shin juga adalah sosok di balik lagu K-Pop legendaris Growl dari EXO. Hyuk Shin juga telah menciptakan puluhan hits bagi NCT, SHINee, Monsta X, Red Velvet, Super Junior, Oh My Girl, The Boyz, dan masih banyak lagi.

Selain itu, ada pula pencipta lagu UN1TY lainnya adalah Jeff Lewis yang merupakan komposer di balik deretan nama tenar K-Pop seperti EXO, NCT Dream, The Boyz, SHINee, Super Junior, VIXX, SF9, dan masih banyak lagi. Wah, Gimana nih KLovers? Makin nggak sabar ya untuk perilisan lagu UN1TY tahun 2022 mendatang.

3. Fanbase

Gambar

Sama seperti idol K-Pop, ternyata UN1TY juga memiliki fanbase loh KLovers. Ya, nama fanbase resmi UN1TY yaitu bernama YOUN1T. Nama untuk fanbase tersebut tentu memiliki arti ya. Para member menjelaskan bahwa arti nama YOUN1T hampir sama dengan nama grup UN1TY yang bermakna sebagai satu kesatuan.

Dalam video mereka, UN1TY pernah mengatakan "UN1TY tanpa YOUN1T tidak akan pernah ada UN1TY". YOUN1T diketahui sebagai fans yang cukup militan. Mereka selalu siap memberikan dukungannya untuk sang idola di berbagai event atau kesempatan apapun. Wah, keren banget deh.

4. Biodata Farhan

Gambar

Ya, pertama yaitu datang dari sang leader Farhan. Nama lengkapnya adalah Farhan Jawas. Dan merupakan seorang leader dan juga rapper di UN1TY. Farhan lahir pada tanggal 20 Maret 1996, dan saat ini berusia 25 tahun.

Walaupun Farhan merupakan orang asli Indonesia, namun ia lahir di Sydney, Australia loh. Farhan sangat menyukai warna merah dan hitam. Dia juga jago olahraga Muay Thai dan merupakan penggar berat Drake.

5. Biodata Shandy

Gambar

Selanjutnya ada pula Shandy yang merupakan member kedua dari UN1TY. Sandy memiliki nama asli Sandy Maulana. Ia lahir pada tanggal 2 Agustus 1996. Ternyata cowok tampan satu ini asli Padang loh.

Ya, ia lahir di Bukittinggi, Sumatera Barat. Shandy merupakan seorang dancer utama di UN1TY. Shandy menyukai warna biru dan hitam. Dia berkeinginan untuk travelling ke Amerika.

6. Biodata Gilang

Gambar

Selanjutnya ada Gilang, cowok swag yang merupakan rapper dari UN1TY. Ya, cowok pemilik nama asli Muhammad Gilang Dika Perdana Bakhri ini lahir pada 15 November 1998, dan saat ini ia berusia 23 tahun.

Gilang lahir di Makassar, Sulawesi Selatan. Ia merupakan seorang rapper, penyanyi, dan dancer di UN1TY. Idolanya adalah Michael Jackson dan sangat menyukai anime Naruto. Gilang UN1TY menyukai warna hijau. Dia berkeinginan untuk travelling ke Los Angeles.

7. Biodata Ricky

Gambar

Ricky Zakno atau yang dikenal dengan panggilan Ricky merupakan vokalis utama yang ada di UN1TY. Ricky lahir pada tanggal 30 Desember 1998. Sama seperti sang leader Farhan, ternyata Ricky juga lahir di Sydney, Australia loh.

Ricky UN1TY lahir di Sydney, Australia dan kemudian pindah ke Depok, Jawa Barat. Warna kesukaan Ricky adalah merah, putih, dan hitam. Ternyata idolanya Ricky adalah Afgansyah Reza loh KLovers! Selain itu, Ricky juga berkeinginan untuk pergi ke Mekkah, Arab Saudi.

8. Biodata Fenly

Gambar

Selanjutnya ada Fenly, cowok manis dan selalu menarik perhatian ini merupakan vokalis dan dancer loh di UN1TY. Fenly memiliki nama asli Fenly Christovel Wong Jaya. Ia lahir pada tanggal 6 Desember 1999 di Gorontalo, Sulawesi.

Fenly UN1TY menyukai beberapa warna loh KLovers. Ia menyukai warna merah, putih, emas, biru, dan hitam. Dia juga berkeinginan untuk pergi ke Singapura. Fenly sangat menyukai olahraga basket dan voli . Dan idolanya adalah Shawn Mendes dan One Direction.

9. Biodata Fajri

Gambar

Ahmad Maulana Fajri atau dikenal dengan Fajri member UN1TY. Ia merupakan salah satu member muda di UN1TY. Fajri lahir pada tanggal 20 Juli 2002 di Cimahi, Jawa Barat. Ia merupakan vokalis dalam grup UN1TY.

Fajri UN1TY menyukai warna merah dan biru. Dia berkeinginan untuk pergi ke Korea Selatan dan Arab. Fajri mengidolakan Fiersa Besari. Dan hobinya adalah berolahraga bola basket, futsal, dan bola voli. Wah, cowok sporty banget ya KLovers.

10. Biodata Zweitson

Gambar

Selanjutnya ada Zweitson yang merupakan salah satu member UN1TY yang juga berusia muda. Zweitson memiliki nama asli Zweitson Thegar Setya Wijaya. Ia lahir pada tanggal 14 Desember 2002 di Salatiga, Jawa Tengah.

Zweitson merupakan seorang vokalis dan dancer di grup UN1TY. Zweitson UN1TY menyukai warna hitam. Dia juga berkeinginan untuk pergi ke Korea Selatan. Dan mengidolakan Billie Eilish, Michael Jackson, serta Kunto Aji.

11. Biodata Fiki

Gambar

Dan biodata member UN1TY yang terakhir yaitu ada Fiki yang merupakan member paling muda di UN1TY. Fiki memiliki nama asli Muhammad Fikih Aulia. Ia lahir pada tanggal 13 Agustus 2003 di Palembang, Sumatera Selatan.

Fiki merupakan vokalis sekaligus anggota termuda di UN1TY. Fiki UN1TY menyukai warna oranye. Dia berkeinginan untuk pergi ke Jerman. Fiki juga menyukai olahraga basket. Dan sangat mengidolakan penyanyi Tulus.

Itulah Profil dari Grup UN1TY yang saat ini begitu menyita perhatian di Indonesia. Memiliki bakat luar biasa serta mempersiapkan grup secara matang, tidak heran bila UN1TY begitu diterima dengan baik di Indonesia sebagai boyband.

Editor:   Dhia Amira