Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Sederet Fakta - Pasang Surut Perjalanan Karir Grup K-Pop Highlight yang Dulunya Bernama Beast

Dhia Amira   | Selasa, 02 November 2021 11:44 WIB
Sederet Fakta - Pasang Surut Perjalanan Karir Grup K-Pop Highlight yang Dulunya Bernama Beast
Highlight (credit: instagram.com/highlight_auent)

Kapanlagi.com - Highlight merupakan salah satu idol K-Pop generasi kedua yang masih populer hingga saat ini. Bahkan Highlight masih memiliki banyak sekali penggemar, baik di Korea Selatan hingga Internasional. Bagi kalian para Light (sebutan untuk penggemar Highlight), kalian pasti ingin kembali mengingat perjalanan karir Highlight.

Bagaimana Highlight berganti nama hingga Highlight yang bertahan untuk tetap bangkit dan menghibur penggemar. Bahkan Highlight membuktikan eksistensi mereka yang masih bertahan bersama hingga saat ini. Untuk para Light tentu akan bangga dengan usaha para member Highlight yang tetap terus berjuang serta masih eksis hingga saat ini.

Bagi kalian yang ingin bernostalgia dengan para member Highlight, yuk langsung saja kita lihat perjalanan karir grup K-Pop Highlight yang menjalani pasang surut namun masih eksis hingga saat ini.

1. Awal Karir Grup K-Pop Highlight

Gambar

Para member Highlight debut pada tahun 2009, mereka merupakan salah satu idol K-Pop generasi kedua yang masih bertahan hingga saat ini. Dan ternyata Highlight dulu punya nama grup yang berbeda loh KLovers. Yup! Dulunya Highlight dikenal dengan nama Beast.

Mereka dulunya dibentuk dengan 6 member oleh CUBE Entertainment. Para member Beast tersebut terdiri dari Yoon Doo Joon, Yang Yo Seob, Lee Gi Kwang, Son Dong Woon, Jang Hyun Seung, dan Yong Jun Hyung. Namun, kedua member akhirnya memilih untuk keluar karena beberapa alasan.

Hingga pada tahun Desember 2016, Beast memutuskan untuk mengubah nama grup mereka menjadi Highlight dan bertahan hingga saat ini. Dan saat ini grup Highlight resmi comeback dengan 4 member yang masih bertahan yaitu, Yoon Doo Joon, Yang Yo Seob, Lee Gi Kwang, dan Son Dong Woon.

2. Puncak di Awal Karir

Gambar

Bagi para Light pasti tahu bagaimana grup K-Pop Highlight begitu populer pada awal karir mereka. Bahkan Highlight pernah berada di puncak karir, dari tahun 2010 hingga tahun 2012. Yup! Pada bulan Februari tahun 2010 Highlight yang dulu dikenal sebagai Beast pernah memuncaki tangga lagu populer di Korea.

Bahkan Highlight yang dulu dikenal dengan nama Beast pernah menerima penghargaan Best Newcomer Award pada acara 19th Seoul Music Awards. Mereka dengan cepat menjadi salah satu boyband populer di Korea dengan album kedua Shock of the New Era yang terjual 20.000 copy.

Tentu penjualan 20.000 copy saat itu cukup tinggi di Korea Selatan. Bahkan pada tahun 2012 Highlight atau yang dikenal sebagai Beast saat itu berhasil menaikkan popularitas secara Internasional, bahkan hingga Indonesia. Mereka juga berhasil menggelar konser secara Internasional pada tahun itu.

3. Memiliki Agensi Sendiri

Gambar

Bukan hanya mendapatkan popularitas dan penghargaan yang luar biasa saja loh KLovers. Hal luar biasa lainnya dari Highlight yaitu, mereka membuat agensi mereka sendiri. Yup! Pada Desember 2016, Beast memutuskan untuk keluar dari CUBE Entertainment dan membuat agensinya sendiri, dengan nama Around Us Entertainment.

Agensi tersebut dibuat khusus untuk mengatur setiap kegaitan dari grup K-Pop ini. Karena memutuskan untuk membuat agensi mereka sendiri, Beast akhirnya membuat nama baru yaitu Highlight yang digunakan untuk saat ini. Highlight juga memutuskan mengganti nama fandom yang dulunya Beauty menjadi Light.

4. Pasang Surut Grup Highlight

Gambar

Walaupun Highlight masih bertahan dan masih eksis hingga saat ini, namun tidak dipungkiri bahwa ada saja pasang surut perjalanan karir yang harus dilalui Highlight. Salah satunya yaitu keluarnya kedua anggota Highlight Jang Hyun Seung dan Yong Jun Hyung.

Pada tahun 2016 saat Highlight masih menjadi grup Beast, Jang Hyun seung memberikan kabar sedih untuk para penggemar. Yup! Saat itu Hyun Seung memutuskan untuk keluar grup untuk menjadi artis solo. Alasan yang saat itu dikabarkan yaitu karena perbedaan gaya musik.

Lalu pada bulan Maret tahun 2019 kemarin, salah satu anggota Highlight yaitu Yong Jun Hyung terjerat kasus penyebaran video seksual yang saat itu populer. Karena hal tersebut akhirnya Yong Jun Hyung memutuskan untuk keluar dari grup Highlight. Dan membuat grup Highlight saat ini hanya memiliki 4 member saja.

5. Comeback Setelah Vakum 2 Tahun

Gambar

Setelah pasang surut yang terjadi, namun Highlight masih bertahan dan masih populer hingga saat ini. Hal tersebut dibuktikan bagaimana para Light begitu sabar menunggu comeback dari Highlight. Dan setelah 2 tahun vakum akhirnya Highlight resmi comeback dengan 4 member yang tersisa yaitu, Yoon Doo Joon, Yang Yo Seob, Lee Gi Kwang, dan Son Dong Woon.

Dilansir dari Xportsnews, Highlight diketahui comeback pada bulan Mei tahun 2021. Sebelumnya, para member Highlight menjalani wajib militer sehingga tak bisa tampil di depan publik selama 2 tahun lamanya. Mereka terakhir kali merilis album spesial bertajuk OUTRO ada November 2018.

Menjelang comeback Highlight juga mempersiapkan sebuah kejutan untuk penggemar. Mereka tampil di reality show web baru yang ditayangkan pada 16 April 2021. Highlight debut dengan lagu berjudul NOT THE END, dengan MV yang berhasil menyita perhatian 2 juta viewers dalam waktu singkat.

Itulah perjalanan karir grup K-Pop Highlight yang melalui pasang surut perjalanan. Namun Highlight berhasil melaluinya dengan baik dan membuktikan eksistensi mereka hingga saat ini.

Editor:   Dhia Amira