Kristen Wiig

Kristen Carroll Wiig atau yang lebih dikenal dengan Kristen Wiig adalah seorang aktris, komedian, dan penulis. Ia lahir di New York, pada 22 Agustus 1973. Ibunya adalah seorang aktris berdarah campuran Inggris dan Skotlandia bernama Laurie J sedangkan ayahnya adalah keturunan Norwegia dan Irlandia. Nama Wiig diambil dari salah satu tempat di Norwegia.

Ketika usianya menginjak 3 tahun, ia bersama keluarganya pindah ke Lancaster, Pensylvania. Di sini Wiig menyelesaikan pendidikan dasarnya di Nitrauer Elementary School. Ia kemudian pindah ke Rochester, New York dan melanjutkan sekolahnya ke Brighton High School. Setelah lulus, ia masuk ke Roanoke College kemudian pindah ke University of Arizona mengambil jurusan seni. Ketika ia mengambil kelas akting, gurunya menyarankan Wiig untuk mendalami dunia seni peran. Ia akhirnya meninggalkan sekolahnya dan mengejar karir berakting.

Tahun 2005 Wiig menikah dengan aktor Hayes Hargrove dan berpisah pada tahun 2009. Saat ini, ia sedang menjalin hubungan dengan drummer The Strokes, Fabrizio Moretti.


KARIR

Sebagian besar peran yang dimainkan Wiig adalah peran komedi. Termasuk ketika ia tampil di Empty Stage Comedy Theatre. Tahun 2003 ia muncul dalam THE JOE SCHMO SHOW dimana ia berperan sebagai Dr. Pat, seorang konselor pernikahan.


Namanya semakin terkenal ketika membintangi SATURDAY NIGHT LIVE (SNL) pada 12 November 2005. Ia kemudian menjadi pemeran tetap SNL mulai season 32 pada tahun 2006. Dalam SNL ia banyak memerankan beberapa tokoh ternama antara lain Bjork, Suze Irman, Lana Del Rey Taylor Swift, dan masih banyak lagi. Berkat penampilannya di SNL, ia dinominasikan untuk Primetime Emmy Award dalam kategori Outstanding Supporting Actress in Comedy Series.


Desember 2009 ia membawakan SNL dalam episode sketsa spesial Natal yang berjudul SNL Presents: A Very Gilly Christmas. Di sini Wiig berperan sebagai Gilly, seorang anak sekolahan yang nakal. Keahliannya memerankan berbagai tokoh dalam SNL membuat namanya termasuk dalam daftar 15 Great Performances dan 25 Funniest Women in Hollywood versi majalah Entertainment Weekly.


Tahun 2010, Wiig muncul dalam film MACGRUBER, film animasi DESPICABLE ME dan ALL GOOD THINGS. Tahun berikutnya, Wiig bermain dan ikut menulis naskah film BRIDESMAIDS. Melalui BRIDESMAIDS, ia dinominasikan sebagai Aktris Terbaik untuk kategori Musikal/Komedi juga Academy Award dan BAFTA Awards untuk nominasi Skenario Terbaik.


19 Mei 2012, Wiig mengakhiri penampilannya pada acara SNL season 37 episode 22. Dalam acara itu, Mick Jagger tampil sebagai pembawa acara. Acara ini turut dihadiri bintang-bintang yang pernah bermain di SNL sepertiĀ  Amy Poehler, Chris Kattan, Chris Parnell, Will Forte, Rachel Dratch, dan Steve Martin.


FILMOGRAFI
LIFE, DEATH, AND MINI-GOLF
THE ENIGMA WITH A STIGMA
UNACCOMPANIED MINORS
KNOCKED UP
MEET BILL
THE BROTHERS SOLOMON
WALK HARD: THE DEWEY COX STORY
SEMI-PRO
FORGETTING SARAH MARSHALL
PRETTY BIRD
GHOST TOWN
ADVENTURELAND
ICE AGE: DAWN OF THE DINOSAURS
ONE NIGHT ONLY
WHIP IT!
EXTRACT
HOW TO TRAIN YOUR DRAGON
DATE NIGHT
MACGRUBER
DESPICABLE ME
ALL GOOD THINGS
PAUL
BRIDESMAIDS
FRIENDS WITH KIDS
REVENGE FOR JOLLY!
IMOGENE
THE COMEDIAN
FREEZING PEOPLE IS EASY
THE SECRET LIFE OF WALTER MITTY
DESPICABLE ME 2
HOW TO TRAIN YOUR DRAGON 2


TV SHOW
THE JOE SCHMO SHOW
SATURDAY NIGHT LIVE
30 ROCK
SATURDAY NIGHT LIVE WEEKEND UPDATE THURSDAY
FLIGHT OF THE CONCHORDS
BORED TO DEATH
THE CLEVELAND SHOW
THE LOONEY TUNES SHOW
THE SIMPSONS
SPONGEBOB SQUAREPANTS
PORTLANDIA

Lebih Lengkap