Laskary Andaly

Laskary Andaly Metal Bitticaca lahir di Soroako pada tanggal 18 Desember 1986 dari pasangan Victor Bitticaca dan Rosni Bandoso. Putri kedua dari tiga bersaudara ini dikenal sebagai Putri Kopi Indonesia 2011 yang mewakili Indonesia ke ajang World Queen of Coffee 2012.

Wanita yang akrab dipanggi Mela ini menyandang gelar Sarjana Ilmu Mikrobiologi pada tahun 2009 dari studinya di Institut Teknologi Bandung. Ia lalu melanjutkan pendidikannya ke Teknik Perminyakan ITB.

Mela memiliki alergi terhadap kecoa.

KARIR
Selama lima hari Mela menjalani masa karantina untuk ajang pemiliham Putri Kopi Indonesia 2011, dimulai pada 14 April. Dari 31 peserta disaring 14 besar lalu diperas lagi menjadi babak sepuluh besar. Wanita berkulit kuning langsat ini merasa tertantang mengikuti pemilihan ini karena ingin terlibat mempopulerkan kopi Indonesia, terutama kopi Toraja dan kampung halamannya.

Mela memenangkan kontes Putri Kopi 2011 dan menyisihkan dua finalis lainnya, Khairun Nisa dari Nanggroe Aceh Darussalam dan Ketut Niken Aprilia dari Bali. Setelah menyandang gelar Putri Kopi Indonesia, tugas Mela ialah mewakili Indonesia, produsen kopi keempat terbesar di dunia, dalam ajang World Queen of Coffee ke-41 di Manizales, Kolombia, pada Januari 2012.

Dalam ajang ini, Indonesia baru pertama kalinya ikut berpartisipasi, dan kerja keras Mela pun membuahkan hasil. Dalam ajang ini, Mela berhasil mengharumkan nama Indonesia dengan menduduki posisi runner-up kedua.

Pengalaman kerja
Asisten Laboratorium Proyek Mikrobiologi
Asisten Laboratorium Fisiologi Mikrobial
Magang pada Laboratorium Makanan Pusat Penelitian Kimia Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, Serpong
Asisten Peneliti pada Oil and Gas for Indonesia (OGRINDO)

Penghargaan
Juara Lomba Karya Ilmiah Remaja (2001)
Lebih Lengkap